Cara Menggunakan Fungsi SUBTOTAL di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Untuk menggunakan fungsi SUBTOTAL, buat rumus menggunakan sintaks: SUBTOTAL(function_number, reference 1, reference 2,…). Anda juga dapat menggunakan fitur Subtotal dengan memilih baris Anda, lalu mengklik tab “Data”. Di menu tarik-turun Garis Besar, pilih “Subtotal.”

Mendapatkan subtotal untuk grup item terkait dapat dilakukan dengan mudah di Microsoft Excel. Sebenarnya, Anda memiliki dua cara untuk melakukan ini. Anda dapat menggunakan fungsi SUBTOTAL atau fitur Subtotal, mana saja yang paling berhasil. Kami akan menunjukkan caranya.

Apa itu Subtotal di Excel?

Seperti yang disebutkan, SUBTOTAL di Excel memungkinkan Anda mengelompokkan item yang sama atau terkait dalam daftar dan menggunakan fungsi untuk menghitung nilainya. Misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk menjumlahkan penjualan menurut bulan atau nilai rata-rata menurut siswa. Anda juga bisa menambahkan persediaan berdasarkan produk atau menghitung jumlah tagihan yang harus dibayar minggu depan.

Menggunakan fungsi SUBTOTAL dengan membuat rumus atau menggunakan fitur Subtotal, Anda bisa mendapatkan perhitungan yang Anda butuhkan hanya dalam beberapa langkah.

Gunakan Fungsi SUBTOTAL Excel

Anda dapat membuat rumus menggunakan fungsi SUBTOTAL Excel dengan fleksibilitas untuk menyertakan atau mengecualikan baris yang telah Anda sembunyikan.

Sintaks untuk rumus tersebut adalah SUBTOTAL(function_number, reference 1, reference 2,… ) di mana dua argumen pertama diperlukan. Anda dapat menggunakan referensi sel tambahan atau rentang bernama untuk argumen yang tersisa sesuai kebutuhan.

Argumen function_number memungkinkan Anda untuk menyisipkan salah satu dari 11 fungsi menggunakan nomor yang sesuai. 11 yang pertama menyertakan baris tersembunyi, sedangkan 11 yang kedua mengecualikannya. Jadi, cukup masukkan nomor untuk fungsi yang Anda butuhkan dan bagaimana Anda ingin menangani baris tersembunyi.

FunctionSertakan Baris TersembunyiKecualikan Baris TersembunyiAVERAGE1101COUNT2102COUNTA3103MAX4104MIN5105PRODUCT6106STDEV7107STDEVP8108SUM9109VAR10110VARP11111

Sebagai contoh rentang sel B2 melalui fungsi penjumlahan B4 ini, kita akan rumus:

=SUBTOTAL(9,B2:B4)

Untuk contoh berikut ini, kita menyembunyikan baris 4 dan 5. Dengan menggunakan rumus pertama ini, kita dapat memperoleh jumlah kita menggunakan angka 9 untuk argumen pertama yang menyertakan data tersembunyi.

= SUBTOTAL(9,B2:B6)

Sekarang, kami akan mengecualikan baris tersembunyi tersebut dari total kami, menggunakan angka 109 untuk argumen pertama kami.

=SUBTOTAL(109,B2:B6)

Setelah Anda memiliki subtotal, Anda dapat menggunakan SUBTOTAL berfungsi sekali lagi untuk total keseluruhan di bagian bawah. Atau, Anda dapat menggunakan fungsi SUM untuk menambahkan subtotals.

Untuk contoh lain, kami akan menggunakan fungsi rata-rata untuk menyertakan baris tersembunyi 3 dan 4 dengan rumus ini:

=SUBTOTAL(1, C2:C6)

Dan selanjutnya, kita akan mengecualikan baris tersembunyi dengan rumus ini:

=SUBTOTAL(101,C2:C6)

Catatan tentang Fungsi SUBTOTAL

Berikut beberapa hal yang perlu diingat saat menggunakan fungsi SUBTOTAL di Excel:

The fungsi berfungsi untuk kolom atau rentang vertikal, bukan baris atau rentang horizontal. Jika Anda memiliki subtotal bersarang di area argumen referensi, Excel mengabaikannya di hasil subtotal. Saat Anda menggunakan filter, data yang difilter dikecualikan dari hasil subtotal. Menggunakan Fitur Subtotal

Cara lain untuk menggunakan fungsi SUBTOTAL di Excel adalah dengan menggunakan fitur Subtotal. Dengan cara ini, Anda dapat secara otomatis menambahkan perhitungan dan mengelompokkan item secara bersamaan. Excel menggunakan fungsi SUBTOTAL untuk melakukannya untuk Anda. Mari kita lihat beberapa contoh.

Menggunakan fitur Subtotal untuk penjualan kami berdasarkan bulan, kami dapat mengelompokkan data per bulan dan menjumlahkan setiap grup dengan total keseluruhan di bagian bawah.

Pilih semua dari baris yang ingin Anda kelompokkan dan subtotal. Buka tab Data dan pilih “Subtotal” di menu tarik-turun Garis Besar.

Ketika kotak Subtotal terbuka, pilih bagaimana Anda ingin menambahkan subtotal.

Pada Setiap Perubahan: Pilih kolom yang ingin Anda gunakan untuk pengelompokan. Di sini, kami memilih Bulan sehingga grup baru dibuat saat Bulan berubah di lembar. Gunakan Fungsi: Pilih fungsi yang ingin Anda gunakan, seperti jumlah, rata-rata, minimum, maksimum, atau opsi lain. Untuk contoh kami, kami memilih Sum.Add Subtotal to: Centang kotak di mana Anda ingin subtotal dihitung. Sebagai contoh, kami memilih Sales.

Opsional, centang kotak di bagian bawah untuk item tambahan sesuka Anda. Klik “OK.”

Anda kemudian akan melihat pembaruan data Anda untuk mengelompokkan dan mensubtotalkan baris dan membuat total keseluruhan di bagian bawah. Gunakan tombol plus, minus, dan angka untuk menciutkan atau memperluas grup agar lebih mudah dilihat.

Sebagai contoh lain, kami akan menggunakan nilai siswa. Kami akan menggunakan fitur Subtotal dan Grup untuk menampilkan nilai rata-rata untuk setiap siswa. Inilah prosesnya.

Pilih baris, buka Data, dan pilih “Subtotal” di menu tarik-turun Garis Besar.

Di kotak Subtotal, kita akan memilih Siswa di daftar turun bawah perubahan dan Rata-rata di daftar fungsi. Kami kemudian akan mencentang kotak untuk Grade. Klik “OK.”

Kami sekarang mengelompokkan baris berdasarkan siswa dengan nilai rata-rata untuk masing-masing dan rata-rata keseluruhan di bagian bawah. Sekali lagi, Anda dapat menggunakan tombol di sebelah kiri untuk menciutkan dan memperluas grup.

Jika Anda memutuskan untuk memisahkan baris setelah menggunakan fitur Subtotal, baris akan kembali normal. Namun, yang berisi fungsi SUBTOTAL yang digunakan oleh Excel tetap dapat Anda gunakan atau hapus saja jika Anda mau.

Fitur Subtotal dapat menjadi rumit jika Anda berencana menggunakan banyak grup. Namun, contoh dasar ini akan membantu Anda memulai jika Anda tertarik dengan fungsi ini.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah Anda tidak dapat menambahkan subtotal tabel Excel dengan fitur ini. Jika Anda memiliki data dalam tabel, Anda dapat menyisipkan rumus Excel untuk SUBTOTAL seperti yang dijelaskan sebelumnya atau mengonversi tabel ke rentang sel untuk menggunakan fitur tersebut. Jika Anda memilih yang terakhir, Anda akan kehilangan fungsionalitas tabel.

Sekarang setelah Anda mengetahui cara menyisipkan subtotal di Excel, lihat cara menghapus baris duplikat.

Disadur dari HowToGeek.com.