Cara Menggunakan iPad sebagai Webcam untuk PC Windows atau Mac

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Menggunakan iPad Anda sebagai webcam untuk panggilan video adalah ide bagus. Jika webcam Anda berhenti berfungsi, iPad Anda dapat berfungsi sebagai cadangan yang sangat baik; atau jika Anda mencari kualitas gambar yang lebih baik. Tidak hanya kamera iPad atau iPhone yang lebih baik daripada kamera web, tetapi Anda juga memiliki opsi untuk berpindah-pindah, alih-alih terbatas pada meja PC atau laptop Anda.

Untungnya, pengaturan ini cukup mudah. Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk mengubah iPad Anda menjadi webcam. Kemudian setelah Anda menggunakan jaringan Wi-Fi untuk terhubung ke iOS Anda sebagai webcam, pergilah! Baca terus untuk mengetahui cara menggunakan iPad Anda sebagai webcam.

Cara Menggunakan iPad sebagai Webcam untuk PC

Dengan menginstal EpocCam di iPad Anda, iPadOS 13 atau versi lebih baru, dan driver yang diperlukan, Anda dapat “Mengubah iPhone Anda menjadi webcam .” EpocCam mendukung video dan audio dan hadir dalam versi gratis dan berbayar. Versi gratisnya menawarkan resolusi video 640×480 dengan tanda air pada video. Ikuti langkah-langkah ini untuk mulai menggunakan iPad Anda sebagai webcam dengan EpocCam:
Kunjungi App Store untuk mengunduh dan menginstal aplikasi “EpocCam” di iPad Anda. Selanjutnya, kunjungi Elgato.com untuk menginstal driver yang diperlukan untuk PC Anda. Sekarang pastikan iPad Anda dan PC terhubung ke jaringan Wi-Fi atau LAN yang sama. Buka “EpocCam” di iPad Anda, lalu luncurkan aplikasi konferensi video yang akan Anda gunakan di PC. Pastikan untuk memilih “EpocCam” di pengaturan kamera Anda. Anda akan melihat pemberitahuan di komputer Anda yang mengonfirmasi bahwa “EpocCam” terhubung menggunakan Wi-Fi.
Cara Menggunakan iPad sebagai Webcam untuk Windows PC

Anda dapat mengubah iPad Anda menjadi webcam untuk digunakan di Windows 10 dengan menginstal aplikasi “EpocCam” . “EpocCam” mendukung video dan audio dan tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Namun, versi gratisnya akan menyertakan tanda air pada video dan memiliki resolusi video 640×480. Ikuti langkah-langkah ini untuk mengaturnya:
Pastikan iPadOS 13 atau lebih baru diinstal di iPad Anda.Kunjungi App Store untuk menginstal “EpocCam.” Navigasi ke Elgato.com untuk menginstal driver yang diperlukan untuk Windows 10.Pastikan iPad dan PC Anda terhubung ke LAN atau jaringan Wi-Fi yang sama. Di iPad Anda, luncurkan “EpocCam,” lalu di PC Anda, buka aplikasi konferensi video. Pastikan “EpocCam” dipilih di pengaturan kamera Anda. Anda akan melihat pemberitahuan di PC Anda yang menyatakan bahwa “EpocCam” terhubung.
Cara Menggunakan iPad sebagai Webcam untuk Mac

Dengan menginstal “EpocCam” di iPad Anda dengan iPadOS 13 atau yang lebih baru, Anda dapat mengubahnya menjadi webcam untuk Mac. “EpocCam” mendukung video dan audio dan hadir sebagai versi gratis dan berbayar. Versi gratisnya akan menyertakan tanda air pada video dan resolusi 640×480. Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai:
Menggunakan iPad Anda, kunjungi App Store untuk menginstal “EpocCam.”Kunjungi Elgato.com untuk menginstal driver yang diperlukan untuk Mac Anda.Pastikan iPad dan Mac Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang sama. Luncurkan “EpocCam” di iPad Anda, lalu buka aplikasi konferensi video yang akan Anda gunakan di Mac Anda. Pastikan “EpocCam” dipilih di pengaturan kamera Anda. Anda akan menerima pemberitahuan di komputer Anda yang mengonfirmasi bahwa “EpocCam” terhubung menggunakan Wi-Fi.
Cara Menggunakan iPad sebagai Webcam untuk Mac Tanpa Aplikasi

Berikut cara menggunakan iPad Anda sebagai webcam untuk Mac tanpa menginstal “EpocCam” atau aplikasi serupa:
Pertama, di Mac Anda, buka obsproject.com untuk versi gratis OBS Studio. Setelah OBS diunduh dan diinstal, kotak dialog akan muncul, yang dapat Anda abaikan. Selanjutnya, Anda harus memberi tahu OBS bahwa Anda akan menggunakan perangkat Anda sebagai webcam. Untuk melakukannya di perangkat Anda, buka vdo.ninja. Setelah terbuka, klik opsi “Tambahkan Kamera Anda ke OBS”. Berikan izin jika diminta. Di bawah layar yang muncul tekan “Mulai.” Kemudian menuju sudut kanan atas layar, Anda akan melihat URL. Anda akan memerlukan ini nanti untuk masuk ke OBS, jadi salin ke clipboard Anda atau tulis. Kembali ke program OBS di Mac Anda, pilih “Sumber” di bagian bawah layar, lalu klik “+” kecil. tanda. Dari daftar opsi, pilih opsi “Browser”, lalu masukkan sesuatu seperti “iPad webcam” di bidang teks “Buat baru”, lalu “OK.” Masukkan atau tempel URL dari langkah 6 ke dalam “URL ” bidang teks pada layar berikutnya. Di bidang teks “Lebar”, masukkan 1920 dan 1080 sebagai “Tinggi.” Selanjutnya, aktifkan kotak centang yang mengatakan “Kontrol audio melalui OBS.” Gunakan bilah gulir di sebelah kanan untuk menggulir ke bagian bawah bagian itu, lalu aktifkan “Refresh browser ketika adegan menjadi aktif kotak centang dan klik “OK.”
iPad ke Rescue

iPad untuk menyelamatkan, jika webcam Anda tidak berfungsi atau kualitas gambar yang Anda gunakan tidak bagus. Untungnya, Anda dapat mengubah iPad Anda menjadi webcam seluler dengan menginstal aplikasi seperti EpocCam di dalamnya. “EpocCam” mendukung video dan audio dan memiliki versi gratis dan berbayar. Meskipun versi gratisnya akan menyertakan tanda air pada video, kualitas gambar secara keseluruhan kemungkinan akan lebih baik daripada webcam Anda. Program gratis lain yang perlu dipertimbangkan adalah OBS Studio untuk digunakan di semua perangkat dan sistem operasi utama. Plus, itu akan bebas tanda air!

Versi iPad apa yang Anda gunakan, dan seperti apa kualitas gambarnya? Menurut Anda bagaimana menggunakan iPad Anda sebagai webcam akan menguntungkan Anda? Bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.