Cara Menggunakan Latar Belakang Berbeda untuk Monitor Berbeda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tampilan wallpaper
Monitor dapat menambahkan sedikit pizzazz atau personalisasi ke layar komputer Anda. Saat bekerja di banyak monitor, secara default, Windows dan macOS akan menampilkan latar belakang desktop yang sama di semua layar. Untungnya, Anda memiliki pilihan untuk memilih latar belakang yang berbeda untuk setiap tampilan.

Jika Anda ingin layar Anda menampilkan latar belakang yang unik, teruskan membaca untuk mengetahui cara mudah melakukannya di Windows dan macOS.

Latar Belakang Berbeda untuk Monitor Berbeda di Windows 11

Windows 11 hadir dengan beberapa foto dan tema latar belakang sudah diinstal sebelumnya. Anda dapat memilih tema dari tab Personalisasi di dalam Pengaturan atau membuatnya sendiri. Untuk menggunakan gambar Anda untuk dua monitor atau lebih, ikuti langkah-langkah ini.
Akses “Pengaturan” menggunakan hotkey “Windows + I”. Atau, klik “Mulai” atau cari ikon di “Pengelola Tugas”, lalu ketik “pengaturan” di bilah pencarian. Klik “Personalisasi”, lalu “Latar Belakang”. Pilih “Gambar” dari “Personalisasikan latar belakang Anda” list.Klik “Jelajahi Foto,” lalu pilih gambar yang ingin Anda atur sebagai latar belakang desktop Anda. Anda dapat memilih foto dari folder mana pun tempat foto Anda disimpan. Klik kanan pada gambar, lalu pilih “Atur untuk monitor 1”. Untuk mengatur latar belakang pada monitor kedua Anda, ulangi langkah dua hingga lima, pilih “Atur untuk monitor 2” pada langkah lima.
Latar Belakang Berbeda untuk Monitor Berbeda di Windows 10

Menyiapkan latar belakang monitor unik untuk beberapa monitor relatif mudah di Windows 8. Menu di Windows 10 yang memungkinkan Anda melakukan hal yang sama terkubur. Untungnya, itu telah dipindahkan ke posisi logis sekali lagi.

Ikuti langkah-langkah ini untuk cara mudah mengatur latar belakang yang berbeda di Windows 10. Buka “Pengaturan” menggunakan hotkey “Windows + I”. Atau, klik “Mulai” atau cari ikon di “Pengelola Tugas”, lalu ketik “pengaturan” di bilah pencarian. Klik “Personalisasi”, lalu “Latar Belakang”. Pilih “Gambar” dari “Personalisasikan latar belakang Anda” list.Klik “Jelajahi Foto”, lalu pilih gambar yang ingin Anda atur sebagai latar belakang desktop. Anda dapat memilih foto dari folder mana saja. Klik kanan pada gambar, lalu pilih “Atur untuk monitor 1”. Ulangi langkah dua hingga lima untuk mengatur latar belakang pada monitor kedua Anda. Pilih “Atur untuk monitor 2” pada langkah lima.
Latar Belakang Berbeda untuk Monitor Berbeda di Mac

Menyiapkan latar belakang berbeda pada monitor Mac Anda dapat membantu menghidupkan hari kerja Anda dan cukup mudah, cukup ikuti langkah-langkah ini.
Klik ikon Apple untuk mengakses menu utama. Klik “System Preferences”. Kemudian “Desktop & Screen Saver”. Di jendela “Desktop & Screen Saver”, pilih gambar yang ingin Anda atur sebagai latar belakang. Cara lainnya, seret gambar dari desktop atau folder ke bagian atas jendela pratinjau untuk menjadikannya sebagai wallpaper desktop baru. Untuk menyetel gambar desktop untuk monitor kedua, klik jendela kedua, lalu pilih gambar. Ulangi ini langkah-langkah untuk beberapa monitor eksternal. Setelah puas, klik tombol kembali dan tutup jendela untuk menyimpan perubahan.

FAQs
Wallpaper mana yang lebih baik untuk mata Anda?

Sebaiknya hindari warna terang atau neon, karena dapat melelahkan untuk dilihat. Pilih nuansa warna netral atau gelap yang tetap menghadirkan kontras tinggi tanpa menjadi hitam pekat. Warna terbaik untuk wallpaper dan latar belakang adalah biru tua, merah anggur, hijau pemburu, ungu tua, atau perak.
Dapatkah Anda menggunakan dua kursor pada dua monitor?

Jika Anda menggunakan Windows, penggunaan beberapa tetikus akan terdeteksi secara otomatis. Setelah Anda mencolokkan mouse kedua ke port USB, Windows secara otomatis menambahkan driver. Kemudian Anda dapat mengontrol kursor menggunakan salah satu mouse. Penambahan ini sangat ideal jika Anda ingin mencerminkan PC utama Anda ke layar TV. Apakah latar belakang putih atau gelap lebih baik untuk mata Anda?

Latar belakang berwarna lebih gelap (Mode Gelap) akan mengurangi silau dan cahaya biru pada layar, menjadikannya mata Anda dibandingkan dengan warna yang lebih terang (Mode Cahaya).

Menyesuaikan Latar Belakang Desktop Anda

Jika Anda ingin memeriahkan hari kerja Anda, menampilkan latar belakang yang berbeda pada beberapa monitor Anda adalah salah satu dari banyak opsi sederhana. Windows dan macOS menawarkan opsi wallpaper gratis untuk Anda pilih. Alternatifnya, Anda dapat mengatur salah satu gambar pribadi Anda sebagai latar belakang. Dan untuk lebih banyak hiburan layar khusus, kedua sistem operasi memungkinkan Anda mengatur tayangan slide sebagai latar belakang desktop atau untuk ditampilkan setelah Anda menganggur selama jangka waktu tertentu.

Apakah Anda dapat mengatur wallpaper yang Anda inginkan di setiap monitor? Beritahu kami tentang hasilnya di bagian komentar di bawah.