Cara Menggunakan Leverage dengan FTX

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pasar cryptocurrency telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan semakin banyak orang yang berpartisipasi dalam perdagangan. Token dengan leverage adalah salah satu inovasi industri terbaru yang dapat menjadi pintu gerbang untuk meroketkan keuntungan Anda. Namun, karena sifat dunia cryptocurrency yang bergejolak, mereka juga dapat menyebabkan kerugian yang menghancurkan.

Berinvestasi dalam token dengan leverage tanpa pemahaman yang jelas tentang teknologi itu berisiko. Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan cara kerja token leverage, keuntungannya, dan kekurangannya. Selain itu, kami akan mencantumkan tiga metode pembelian dan penjualan token leverage.

Apa Tepatnya Token Leverage?

Untuk menggunakan token leverage dengan efisiensi maksimum, Anda harus terlebih dahulu memahami dengan jelas cara kerjanya. Token dengan leverage adalah aset digital yang berfungsi sebagai pengganda untuk cryptocurrency. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan penghasilan beberapa kali lebih banyak daripada yang Anda dapatkan dari berinvestasi dalam cryptocurrency biasa. Namun, pengganda juga bekerja sebaliknya – ketika Anda kehilangan uang, Anda kehilangan jumlah yang dikalikan.

Mari kita asumsikan Anda membeli 3X Long Ethereum Token, yang dikenal sebagai ETHBULL, yang melipatgandakan keuntungan dan kerugian Ethereum Anda. Jika nilai Ethereum meningkat sebesar 2%, nilai ETHBULL meningkat sebesar 6%, tetapi jika Ethereum menurun sebesar 3%, ETHBULL akan turun sebesar 9%.

FTX saat ini menawarkan empat jenis token leverage untuk setiap cryptocurrency yang didukung: BULL (3X), BEAR (- 3X), SETENGAH (1/2X), dan HEDGE (-1X). Dalam kasus token BEAR, HALF, dan HEDGE, keuntungan Anda akan berbanding terbalik dengan pertumbuhan cryptocurrency. Jadi, jika cryptocurrency meningkat sebesar 1%, BEAR akan berkurang sebesar 3%, dan sebaliknya. Ini dikenal sebagai token dengan leverage pendek, sedangkan BULL adalah token dengan leverage lama.

Tapi bagaimana cara kerja token dengan leverage, Anda mungkin bertanya-tanya? Misalkan Anda ingin mendapatkan $10.000 di ETHBULL. Untuk melakukannya, Anda menginvestasikan $10.000 di akun ETHBULL Anda, dan FTX secara otomatis membeli ETH perpetual futures senilai $30.000, tiga kali lipat jumlah ETHBULL Anda. FTX akan secara otomatis terus menginvestasikan kembali masa depan abadi Anda untuk mempertahankan leverage yang diperlukan. Dan jika cryptocurrency Anda turun, layanan akan menjual beberapa futures abadi. Itu disebut rebalancing.

Token yang dimanfaatkan pada rebalance FTX setiap hari pada pukul 2:00 UTC atau ketika ada perubahan drastis pada harga posisi. Misalnya, jika harga token BULL naik 4X, mekanisme rebalancing akan dipicu secara otomatis.

Manfaat Token Leverage

Token yang di-leverage terutama digunakan untuk manajemen risiko. Sementara token BULL melipatgandakan keuntungan Anda dengan terus-menerus menginvestasikan kembali masa depan abadi, token BEAR, HALF, dan HEDGE mengurangi risiko kehilangan uang. Misalnya, jika Anda hanya membeli ETHBULL dan ETH turun sebesar 33%, Anda akan kehilangan uang dan tidak memiliki apa-apa lagi. Tetapi jika Anda juga memiliki ETHBEAR, sebagian dari ETH Anda akan dijual secara otomatis saat pasar turun untuk mempertahankan keuntungan Anda.

Atau, Anda dapat menggunakan token leverage untuk manajemen margin investasi jangka pendek. Tidak perlu agunan atau perhitungan margin seperti perdagangan margin biasa. Anda dapat berinvestasi dalam token BULL dan menerima tiga kali lipat keuntungan ketika cryptocurrency naik. Dan terkadang, ketika cryptocurrency turun, Anda dapat berinvestasi di BEAR dan mungkin masih dalam kondisi hijau. Yang terpenting, karena token dengan leverage adalah token ERC20, Anda dapat langsung menariknya dari akun Anda.

Karena penyeimbangan ulang otomatis, risiko kehilangan uang relatif rendah jika Anda menggunakan token dengan leverage dengan cerdas. Jika Anda memiliki token dengan leverage panjang dan pendek, akun Anda tidak mungkin turun di bawah $0 kecuali mata uang kripto mengalami penurunan harga yang signifikan.

Kelemahan Token Leveraged

Kelemahan terbesar token leverage adalah kerentanannya terhadap penurunan volatilitas. Secara sederhana, koefisien pengali hanya bermanfaat saat Anda menerima keuntungan. Tetapi jika Anda kehilangan uang, Anda akan kehilangan jumlah yang berlipat ganda. Bahkan kerugian kecil dalam mata uang kripto bisa menjadi kerugian besar dari token leverage. Terkadang, bahkan penyeimbangan ulang tidak membantu mencegah kerugian, menjadikan token dengan leverage sebagai investasi berisiko tinggi. Sekarang, Anda memiliki $120 di ETH. Namun, harganya kemudian turun 40%, meninggalkan Anda dengan $72 dalam ETH. Jika Anda berinvestasi di ETHBULL, peningkatan 20% akan menghasilkan peningkatan 60%, dan Anda akan memiliki $160 di akun Anda. Tetapi penurunan 40% akan menghasilkan penurunan 120%, membebani Anda $192 dan membuat Anda kekurangan $32.

Untuk alasan ini, token leverage tidak boleh dianggap sebagai investasi jangka panjang. Semakin cepat perdagangan, semakin rendah fluktuasi harga dan risiko penurunan volatilitas. Setiap cryptocurrency pada dasarnya tidak stabil, jadi berpegang pada token yang diungkit dapat menyebabkan kerugian besar. Anda harus yakin dengan arah pasar cryptocurrency saat ini ketika Anda membeli token dengan leverage. Jadi, token dengan leverage biasanya bukan pilihan yang baik untuk trader pemula.

Selanjutnya, layanan trading token dengan leverage seperti FTX dan Binance membebankan biaya manajemen harian untuk menyeimbangkan kembali keuntungan dan kerugian Anda. FTX membebankan biaya manajemen 0,03%, yang mungkin tidak terlihat banyak pada awalnya. Tetapi karena itu adalah biaya harian, Anda dapat mengharapkan untuk membayar FTX lebih dari 10% dari total keuntungan Anda selama setahun. Karena token HALF memiliki leverage yang lebih rendah, biaya pengelolaannya lebih rendah – 0,01% setiap hari.

Cara Membeli dan Menjual Token Leverage

Anda dapat membeli dan menjual token dengan leverage FTX menggunakan beberapa metode. Mari kita lihat lebih dekat satu per satu.

Pasar Spot

Metode perdagangan token dengan leverage yang paling mudah adalah pasar spot. FTX menampilkan pasar spot untuk setiap jenis token leverage – semua halaman pasar dapat ditemukan di situs web resmi layanan. Misalnya, pasar spot ETHBUL/USD didedikasikan untuk membeli dan menjual token Ethereum BULL dalam dolar AS.

Di halaman pasar spot FTX, Anda dapat memfilter token berdasarkan leverage, harga, perubahan harga harian, dan nama. Misalnya, jika Anda memilih “3X” di bagian atas halaman, Anda hanya akan melihat penawaran token BULL, dan jika Anda memilih “-3X”, Anda akan melihat token BEAR.

Perhatikan bahwa FTX bukan satu-satunya layanan perdagangan token leverage, dan setiap layanan memiliki nama token yang berbeda. Misalnya, token pendek FTX 1X disebut HEDGE, sedangkan token pendek Gopax 1X disebut BTCHG. Jika pengganda token yang diungkit adalah sama, Anda dapat memperdagangkan token pada platform yang berbeda terlepas dari namanya. Metode ini paling cocok jika Anda sudah memiliki beberapa token dengan leverage.

Conversion

Cara lain untuk memperdagangkan token dengan leverage adalah dengan menggunakan fungsi “Konversi” di halaman dompet FTX Anda. Pilih token, klik “Konversi” di sebelah kanan namanya, dan Anda akan melihat semua opsi konversi yang tersedia. Metode ini sangat bagus jika Anda sudah memiliki beberapa cryptocurrency tetapi belum memiliki token leverage.

Creation/Redemption

Metode paling berisiko, yang tidak direkomendasikan untuk pemula, adalah pembuatan atau penukaran token leverage. Anda harus benar-benar membaca semua dokumentasi token leverage dan memiliki pengalaman karena pembuatan dan penukaran memiliki dampak pasar. Anda tidak dapat mengetahui harga token pengungkit sampai Anda membuat atau menukarkannya.

Evaluasi Risiko

Dengan semua manfaat dan risiko yang ada, Anda sekarang dapat mempertimbangkan apakah berinvestasi dalam token dengan pengungkit itu sepadan. Tujuan utamanya adalah untuk memilih jenis token yang tepat, metode perdagangan, dan memahami keadaan pasar kripto saat ini. Jika Anda belum pernah membeli token leverage sebelumnya, kami sarankan untuk mendapatkan pengalaman dengan investasi kecil sebelum berpartisipasi dalam perdagangan besar.

Apa pendapat Anda tentang keadaan pasar cryptocurrency saat ini? Mata uang mana yang Anda yakini memiliki masa depan dan mana yang tidak? Bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.