Cara Menggunakan Manajer Panggung di iPad

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Untuk menyalakan Pengelola Panggung di iPad, buka Pusat Kontrol dan ketuk ikon Pengelola Panggung. Untuk beralih ke aplikasi terbaru, ketuk aplikasi di sisi kiri. Untuk mengelompokkan aplikasi, seret aplikasi ke jendela aktif.

Stage Manager adalah fitur multitugas Apple yang diperkenalkan dengan iPadOS 16. Ini memungkinkan Anda menggunakan beberapa aplikasi sekaligus dan mengelompokkan aplikasi untuk tugas tertentu. Untuk membantu Anda memulai multitasking, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang penggunaan Stage Manager di iPad.

Persyaratan Stage Manager

Untuk menggunakan Stage Manager, Anda memerlukan iPad yang didukung yang menjalankan iPadOS 16 atau lebih baru. Berikut adalah model perangkat yang mendukung Stage Manager pada saat penulisan:nbpiPad Air, generasi ke-5 atau lebih barueriPad Pro 11 inci, generasi ke-1 atau lebih barueriPad Pro 12,9 inci, generasi ke-3 atau lebih baru

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Stage Manager

Anda memiliki dua cara untuk nyalakan dan matikan Stage Manager di iPad: satu menggunakan Control Center dan yang lainnya adalah opsi di Settings.

Metode 1: Menggunakan Pusat Kontrol

Untuk mengaktifkan Stage Manger , buka Control Center dan ketuk ikon Stage Manager. Itu disorot dalam warna putih saat diaktifkan.

Untuk mematikannya, cukup kembali ke Pusat Kontrol dan ketuk lagi ikon Pengelola Panggung.

Metode 2: Menggunakan Pengaturan

Cara lain untuk mengaktifkan Pengelola Panggung adalah dengan menemukannya di Pengaturan. Buka Pengaturan, pilih “Layar Beranda & Multitasking,” dan ketuk “Pengelola Panggung” di sebelah kanan.

Aktifkan sakelar di bagian atas untuk “Gunakan Pengelola Panggung di iPad.”

Untuk mematikannya, kembali ke Pengaturan > Layar Beranda & Multitugas > Pengelola Panggung dan nonaktifkan toggle.

Sesuaikan Tampilan Pengelola Panggung

Anda dapat memilih untuk menampilkan aplikasi terbaru, Dock, atau keduanya saat menggunakan Pengelola Panggung. Seperti mengaktifkan fitur, Anda dapat melakukan ini di dua tempat berbeda.

Metode 1: Menggunakan Pusat Kontrol

Untuk menyesuaikan Tampilan Stage Manger, buka Control Center lalu ketuk dan tahan Stage Manager ikon. Saat jendela pop-up kecil muncul, centang atau hapus centang pada kotak untuk Aplikasi Terbaru (kiri) atau Dock (bawah.)

Metode 2: Menggunakan Pengaturan

Anda juga dapat mengakses opsi tampilan untuk Pengelola Tahap di Pengaturan. Buka Pengaturan dan buka Layar Beranda & Multitasking > Manajer Panggung. Centang atau hapus centang pada kotak untuk Aplikasi dan Dock Terbaru.

Cara Menggunakan Pengelola Panggung di iPad

Setelah mengaktifkan Pengelola Panggung, Anda akan melihat jendela aplikasi aktif di tengah. Jika Anda mengaktifkan Aplikasi Terbaru, aplikasi tersebut akan muncul di sebelah kiri dan Dock Anda berada di bagian bawah seperti biasa.

Beralih Antar Aplikasi

Anda dapat beralih antara aplikasi saat ini dan aplikasi terbaru dengan beberapa cara berbeda di Pengelola Panggung.

Untuk beralih dengan cepat dari aplikasi aktif Anda ke aplikasi terbaru, cukup ketuk aplikasi di sebelah kiri.

Anda juga dapat menggesek ke atas dari bawah dan menjeda untuk menampilkan dan memilih aplikasi terbaru.

Satu lagi cara untuk beralih adalah dengan menggesek ke kiri atau ke kanan dengan empat jari atau sepanjang bagian bawah dengan satu jari.

Jika Anda ingin membuka aplikasi lain yang tidak ada dalam daftar Aplikasi Terkini, geser sedikit ke atas dari bawah atau tekan tombol Beranda untuk mengakses layar Beranda. Kemudian, pilih aplikasi. Aplikasi tersebut kemudian menjadi jendela aktif baru.

Kelompokkan Aplikasi Anda

Dengan mengelompokkan aplikasi, Anda dapat menggunakan, meminimalkan, dan memaksimalkan seluruh grup sekaligus. Ini berguna saat mengerjakan tugas di mana Anda memerlukan beberapa aplikasi sekaligus. Seperti pengalihan aplikasi, Anda memiliki lebih dari satu cara untuk mengelompokkan aplikasi.

Ketuk tiga titik di bagian atas jendela aktif dan pilih “Tambahkan Jendela Lain.” Kemudian, pilih aplikasi terbaru yang ingin Anda tambahkan ke grup tersebut.

Atau, sentuh dan tahan aplikasi di daftar Aplikasi Terbaru atau di Dock. Kemudian, seret dan lepas ke jendela aktif saat ini.

Setelah Anda memiliki grup, Anda dapat menggunakan aplikasi secara bersamaan. Dan, Anda dapat beralih ke aplikasi lain menggunakan salah satu gerakan yang dijelaskan di atas. Anda akan melihat seluruh grup diminimalkan ke daftar Aplikasi Terbaru.

Saat Anda memilih grup dari kiri, semua aplikasi dalam grup menjadi aktif bersebelahan.

Untuk menghapus aplikasi dari grup, ketuk tiga titik di bagian atas jendela dan pilih “Minimalkan”. Aplikasi kemudian berpindah ke daftar Aplikasi Terbaru dan tidak lagi menjadi bagian dari grup. Atau, seret aplikasi ke daftar Aplikasi Terbaru.

Jika Anda memilih untuk menutup aplikasi daripada memindahkannya ke daftar Aplikasi Terbaru, ketuk tiga titik dan pilih “Tutup.”

Mengontrol Aplikasi Aktif Windows

Anda dapat memperbesar jendela aplikasi aktif atau lebih kecil atau pindahkan jika Anda bekerja dengan grup aplikasi. Anda juga dapat meminimalkannya ke daftar Aplikasi Terkini atau menutupnya. jika jendela memiliki latar belakang gelap. Bergantung pada seberapa besar jendela yang Anda buat, terutama di grup aplikasi, Anda mungkin melihat Aplikasi Terbaru Anda bersembunyi untuk sementara.

Untuk memindahkan jendela, seret dari bagian atas jendela ke segala arah.

Untuk menempatkan jendela dalam tampilan layar penuh, ketuk tiga titik di atasnya dan pilih “Layar Penuh”.

Untuk menempatkan aplikasi di daftar Aplikasi Terbaru, ketuk tiga titik dan pilih “Minimalkan”. Atau untuk menutup aplikasi yang aktif, ketuk tiga titik dan pilih “Tutup”. Namun begitu Anda memahaminya, seperti beralih antar aplikasi dan memanfaatkan grup, ini bisa menjadi cara praktis untuk melakukan banyak tugas di iPad.

Disadur dari HowToGeek.com.