Cara Menggunakan Notion untuk Mencatat

Dengan antarmuka minimalis dan segudang opsi penyesuaian, Notion adalah aplikasi hebat untuk membuat catatan digital. Sistemnya yang sangat terstruktur dan fleksibel membantu Anda mengatur segala sesuatunya dan menyesuaikan setiap halaman dengan kebutuhan Anda. Anda dapat membuat daftar, menyematkan media, mengurutkan dan mengatur ulang catatan Anda, dan banyak lagi.

Baca panduan ini untuk mendapatkan inti dari kemampuan Notion dalam hal pembuatan catatan. Anda juga akan belajar bagaimana mengatur catatan Anda dengan cara yang berbeda.

Cara Menggunakan Notion untuk Mencatat

Anda dapat melakukan lebih banyak hal di Notion daripada hanya mengetik teks biasa. Berikut adalah ikhtisar dari beberapa fitur yang akan membawa notebook virtual Anda ke level berikutnya.

Menyiapkan Halaman

Mulai membuat catatan dengan menyiapkan halaman baru. Klik “+ Tambahkan halaman” di bilah sisi Anda dan mulai dari awal. Masukkan judul untuk catatan Anda dan ketik. Cukup mudah, bukan?

Untuk memberikan lebih banyak kepribadian pada halaman Anda, Anda dapat menghiasnya dengan ikon—yang juga akan muncul di sebelah namanya di sidebar—dan sebuah header. Arahkan kursor ke judul Anda, dan Anda akan melihat opsi muncul.

Jika Anda menemukan bilah sisi mengganggu, klik panah di sudut kanan atas atau tekan “Ctrl + ” di PC atau “Command + ” di Mac untuk tutup itu. Ruang kerja Anda sekarang siap untuk catatan Anda.

Jelajahi Blok

Konten Anda di Notion akan selalu berada dalam “blok”, yang memudahkan penataan ulang. Cukup klik dan tahan menu enam titik di sebelah blok yang dimaksud dan seret ke tempat barunya. Anda juga dapat mengatur blok Anda ke dalam kolom dengan menyeret satu di samping yang lain.

Saat Anda mulai mengetik, Anda akan membuat blok teks secara default. Blok teks hanyalah satu jenis blok yang dapat terdiri dari halaman Notion. Klik “+” di sebelah blok baru untuk menelusuri semua opsi yang ditawarkan Notion saat ini.

Format Teks Anda

Anda dapat membuat teks tetap polos atau memformatnya untuk membuat catatan Anda lebih menarik secara visual. Berikut adalah beberapa opsi pemformatan dasar yang dapat Anda gunakan:
Tambahkan judul ke teks Anda dengan mengklik opsi H1, H2, atau H3 saat membuat blok baru atau mengetik “/” dan jenis judul yang ingin Anda sisipkan. Edit warna teks, latar belakang, dan gaya di menu pemformatan popup setiap kali Anda memilih teks. Pilih warna latar belakang untuk seluruh blok dengan menekan menu enam titik dan menavigasi ke “Warna.” Buat bagian yang disorot dengan blok “Callout” atau “Quote” options.Tambahkan pembagi ke teks Anda dengan memilihnya dari daftar blokir atau ketik “/ pembagi” atau tiga tanda hubung secara berurutan. Buat daftar bernomor, berpoin, atau beralih dengan menambahkannya dari daftar blokir atau mengetik perintah “/” yang sesuai. Ubah font yang Anda ketikkan dengan mengklik menu tiga titik di sudut kanan atas halaman Anda. Anda juga dapat mengubah teks kecil dan lebar penuh di sini.
Anda selalu dapat mengubah blok teks yang ada menjadi jenis lain dengan mengklik menu enam titik dan memindahkan kursor Anda ke “Turn into.”

Struktur Data Anda

Mencatat catatan di Gagasan Anda bisa sesederhana seperti membuka halaman baru dan mulai mengetik. Namun, metode ini akan menyebabkan ruang kerja yang lebih berantakan dengan setiap halaman baru yang dibuat, tanpa sistem untuk menemukan apa yang Anda butuhkan. Notion menawarkan struktur tingkat tinggi untuk membantu Anda mengatur catatan Anda. Anda akan melakukannya dengan membuat sub-halaman.
Klik “+ Tambahkan halaman” di bilah sisi Anda untuk membuat halaman baru yang akan berfungsi sebagai “halaman navigasi catatan”. ingin mengatur catatan Anda.Ambil halaman mana pun yang ingin Anda pindahkan ke sini dari sidebar Anda dan letakkan di bawah kategori yang sesuai.
Halaman tersebut sekarang akan ditempatkan di bawah halaman navigasi baru ini. Penataan catatan Anda dengan cara ini menghilangkan beberapa kekacauan dari sidebar Anda sambil tetap menjaga halaman tetap dapat diakses. Alihkan panah ke halaman navigasi di bilah sisi, dan Anda akan melihat setiap halaman di dalamnya.

Anda juga dapat menambahkan halaman baru langsung di dalam halaman ini.
Klik tanda “+” di sebelah blok baru dan pilih “Halaman” atau ketik “/ halaman.” Ketikkan catatan Anda di halaman yang baru dibuka.
Jika Anda tidak ingin memindahkan catatan di bawah halaman navigasi tetapi tetap ingin catatan itu muncul di daftar, Anda cukup menautkannya.
Klik “+” dengan blok baru dan temukan “Tautkan ke halaman.” Pilih halaman yang ingin Anda tautkan dari daftar.
Tentu saja, Anda juga dapat membuat sub-halaman dalam sub-halaman dengan cara yang sama, dan seterusnya.

Tip: Untuk menyimpan daftar Anda dari catatan yang diatur, Anda dapat menggunakan daftar toggle untuk menyembunyikan rangkaian entri yang panjang.
Tambahkan daftar toggle dengan mengklik “+” dan memilih opsi atau mengetik /toggle.Beri nama daftar Anda.Seret setiap sub-halaman yang ingin Anda sembunyikan ke toggle .
Mengatur Catatan Anda di Database

Databases dapat meningkatkan pengaturan catatan Anda lebih jauh lagi. Tag akan mempermudah pencarian, sementara properti seperti tanggal memungkinkan Anda mengurutkan catatan sesuka Anda.

Buat database untuk mulai memasukkan catatan:
Tambahkan halaman baru dan klik “Tabel” di bawah “Database”, lalu “+ Baru database.”Klik ke sel pertama di bawah “Nama” dan beri judul pada catatan Anda, lalu tekan Enter.Klik tombol “Buka” yang muncul saat Anda mengarahkan kursor ke sel.Tulis catatan Anda di halaman baru.
Anda dapat menambahkan berbagai properti untuk catatan Anda pada halaman yang sama, dan semuanya akan muncul di database saat Anda keluar dari jendela.

Membuat Catatan Menakjubkan Dengan Notion

Pencatatan digital telah bergerak jauh melampaui perangkat lunak pengolah kata dasar dan folder kikuk di desktop Anda. Hari ini, kami dapat mengatur semua catatan kami secara efisien di satu platform dan dengan mudah mengaksesnya dari perangkat apa pun. Kembangkan sistem Anda sendiri untuk membuat dan menyimpan catatan. Manfaatkan kumpulan fitur keren Notion yang terus berkembang untuk mengatur materi Anda dan menjadikannya interaktif.

Tahukah Anda tentang semua trik ini untuk meningkatkan pencatatan Anda di Notion? Apakah Anda memiliki tips lain yang ingin Anda bagikan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.