Cara Menggunakan Opsi Startup Lanjutan untuk Memperbaiki PC Windows 8 atau 10 Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Alat pengaktifan lanjutan Windows 8 dan 10 berfungsi secara berbeda dari alat pada versi Windows sebelumnya. Jika sistem Windows 8 atau 10 Anda tidak dapat melakukan booting dengan benar, alat akan muncul secara otomatis sehingga Anda dapat memperbaiki masalah.

Kami telah membahas beberapa cara untuk mengakses opsi pengaktifan lanjutan jika PC Anda berfungsi dengan baik, termasuk melalui aplikasi pengaturan PC . Anda juga dapat membuat drive pemulihan untuk memastikan Anda selalu dapat mengakses opsi ini.

Pilih Opsi

Setelah Anda mengakses opsi pengaktifan lanjutan, Anda harus mengeklik (atau mengetuk) opsi Pemecahan Masalah untuk mengakses pemecahan masalah dan pilihan perbaikan. Opsi Lanjutkan dan Matikan PC Anda akan melanjutkan boot ke Windows (dengan asumsi tidak ada masalah) atau matikan komputer Anda.

Pemecahan masalah pada Windows 8 dan 8.1

Layar Pemecahan Masalah menyediakan akses mudah ke opsi Segarkan dan Atur Ulang PC Anda. Ini sangat berguna jika Anda ingin menyegarkan atau mengatur ulang PC Anda, tetapi tidak dapat masuk ke Windows.

Segarkan PC Anda: Menyegarkan PC Anda mengembalikan perangkat lunak sistemnya ke status pabriknya tanpa menghapus file Anda atau menginstal aplikasi Modern. Namun, semua aplikasi desktop yang terinstal akan dihapus. Setel ulang PC Anda: Menyetel ulang PC Anda (jangan bingung dengan me-reboot PC Anda) menyetel ulang ke status pabrik. Semua file dan pengaturan pribadi di komputer Anda akan dihapus.

Jika Anda hanya ingin memperbaiki komputer dan tidak yakin opsi mana yang harus dipilih, coba Refresh PC Anda sehingga Anda tidak kehilangan semua file Anda.

Advertisement

Untuk pemecahan masalah lebih lanjut dan alat perbaikan, klik (atau ketuk) “Opsi Lanjutan.”

Troubleshoot pada Windows 10

Layar Troubleshoot sedikit berbeda pada Windows 10. Fitur “Refresh your PC” telah digabungkan ke dalam fitur “Reset your PC”.

Reset layar PC ini memiliki dua opsi:

Keep MyFiles: Keep my files setara dengan Refresh my PC di Windows 8 dan 8.1. Segala sesuatu yang terkait dengan Windows akan diinstal ulang sepenuhnya, semua program yang Anda instal dihapus, tetapi file yang terletak di folder pengguna Anda disimpan. Hapus Semua: Hapus semuanya melakukan hal itu — itu menghapus semuanya. Windows sepenuhnya diinstal ulang, semua program Anda dihapus, dan semua file Anda dihapus. Ini memenuhi fungsi yang sama “Reset PC ini” pada Windows 8 dan 8.1

Jika Anda tidak yakin mana yang akan digunakan, klik “Simpan File Saya” terlebih dahulu. Windows akan diinstal ulang, tetapi sebagian besar file Anda akan disimpan. Anda selalu dapat kembali lagi nanti dan mengklik “Hapus Semuanya” jika Anda mau.

Catatan: File yang terletak di AppData atau di luar folder pengguna Anda tidak akan disimpan. Pastikan untuk mencadangkan file-file ini secara manual.

Klik “Opsi Lanjutan” untuk mengakses alat perbaikan yang lebih canggih. Mereka akan berguna jika Anda mengalami masalah tetapi tidak ingin menginstal ulang Windows.

Opsi Lanjutan

Layar Opsi lanjutan menyimpan opsi pemecahan masalah dan perbaikan lanjutan.

Pemulihan Sistem: Pulihkan komputer Anda ke titik pemulihan sebelumnya. Ini sama dengan menggunakan Pemulihan Sistem di dalam Windows. Namun, jika Windows 8 tidak bisa boot, mungkin boot dengan benar setelah Anda memulihkan PC Anda ke status kerja. Pemulihan Citra Sistem: Pulihkan komputer Anda menggunakan file citra sistem. Gambar sistem menimpa status dan file komputer Anda. Anda harus menggunakan alat pencadangan Windows 7 di Windows 8 untuk membuat citra sistem. Perbaikan Otomatis: Cobalah untuk memperbaiki masalah secara otomatis yang dapat mencegah Windows melakukan booting dengan benar. Jika komputer Anda tidak dapat boot ke Windows, opsi ini patut dicoba. Prompt Perintah: Buka Prompt Perintah Lingkungan Pemulihan. Ini akan memungkinkan Anda untuk menjalankan berbagai perintah untuk memecahkan masalah dan memperbaiki komputer Anda. Opsi ini hanya boleh digunakan oleh pengguna tingkat lanjut yang tahu apa yang mereka lakukan. Pengaturan Startup: Opsi Pengaturan Startup memungkinkan Anda untuk mengubah sejumlah opsi startup. Misalnya, Anda dapat mengaktifkan Safe Mode dari sini. Anda juga dapat menonaktifkan restart otomatis setelah kegagalan — opsi ini akan memungkinkan Anda untuk melihat pesan kesalahan jika PC Anda terus-menerus melakukan blue-screening dan reboot. Uninstall Updates: Menghapus pembaruan yang paling baru diinstal. Jika komputer Anda mulai tidak berfungsi segera setelah pembaruan, ini adalah hal pertama yang harus Anda coba.

Opsi lanjutan di sini memungkinkan Anda untuk memperbaiki masalah — opsi Perbaikan Otomatis sangat berguna, dan opsi Pemulihan Sistem atau Mode Aman dapat membantu Anda boot komputer Anda. Jika tidak satu pun dari opsi ini berfungsi, Anda harus melakukan penyegaran (atau penyetelan ulang penuh.)

Itulah berita seputar Cara Menggunakan Opsi Startup Lanjutan untuk Memperbaiki PC Windows 8 atau 10 Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.