Cara Menggunakan Pencocokan Negatif Dengan grep Di Linux (Mencetak Garis Yang Tidak Cocok)

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

grep adalah utilitas penelusuran baris perintah untuk Linux yang akan mencetak baris dalam file yang cocok dengan pola atau ekspresi reguler. Ini juga berguna untuk membalikkan kecocokan, yang akan memfilter semua baris dalam file yang berisi string tertentu.

Pencocokan Negatif Dengan grep

Untuk menggunakan pencocokan negatif di grep, Anda harus menjalankan perintah dengan tanda -v atau –invert-match. Ini hanya akan mencetak baris yang tidak cocok dengan pola yang diberikan.

grep -v “bar” file

Perlu diingat bahwa karena grep tidak cocok dengan apa pun, tidak ada cara untuk menggunakan tanda -o untuk mencetak “hanya yang cocok, ” karena tidak ada yang secara teknis cocok. grep dapat mencocokkan beberapa kali per baris, tetapi dalam kasus ini, tidak masalah jika ada beberapa kecocokan. Setiap kecocokan tunggal akan menyebabkan grep menghilangkan baris.

Ini juga berfungsi dengan ekspresi reguler (regex) dan akan mencetak baris apa pun yang berisi file yang cocok dengan regex.

grep -v “foo ba[rz]” file

Meskipun Anda dapat menulis ekspresi reguler yang lakukan pencocokan negatif, umumnya lebih mudah untuk membalikkan kecocokan dengan cara ini.

Atau, jika Anda lebih suka menggunakan awk, Anda dapat menggunakan pengubah tanda seru untuk membalikkan regex.

awk `!/bar/` file

Nama File Pencocokan Negatif

Bendera -l huruf kecil akan menyebabkan grep cetak nama file yang berisi kecocokan alih-alih konten yang sebenarnya cocok. Ini dapat berguna saat memindai daftar file, tetapi juga berguna untuk membalikkan ini kadang-kadang.

Invers dari -l adalah varian huruf besar, -L, yang melakukan kebalikannya:

grep -L “bar” ./*. txt

Pastikan Anda tidak menggunakan tanda -v dengan -L untuk membalikkan kecocokan sebelum mencetak file tanpa kecocokan, atau Anda akan mengalami situasi “berlawanan ganda” di mana kecocokan terbalik dua kali dan tidak memiliki efek yang diinginkan .

Itulah berita seputar Cara Menggunakan Pencocokan Negatif Dengan grep Di Linux (Mencetak Garis Yang Tidak Cocok), semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.