Cara Menggunakan Perangkat Roku Tanpa Remote

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Perangkat
Roku umumnya bekerja dengan baik menggunakan Wi-Fi untuk terhubung ke internet. Namun, jika Anda mengalami masalah saat menyambungkan perangkat ke Wi-Fi dan kehilangan remote, Anda mungkin yakin bahwa Anda berada dalam situasi yang sulit. Namun kenyataannya, jika Anda memiliki ponsel cerdas, ini adalah hari keberuntungan Anda.

Baca terus untuk mempelajari cara mengubah ponsel cerdas Anda menjadi remote virtual untuk mengatasi masalah koneksi Wi-Fi atau hanya untuk penggunaan umum, serta tips berguna lainnya .

Cara Menggunakan Roku Tanpa Remote

Aplikasi Roku, tersedia untuk iOS dari App Store dan Android dari Google Play, memungkinkan Anda menggunakan ponsel cerdas sebagai remote. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola perangkat Roku Anda melalui koneksi Wi-Fi antara kedua perangkat dan melakukan hal lain yang dapat dilakukan oleh remote Roku. Berikut cara mengubah ponsel cerdas Anda menjadi remote Roku untuk mengatur koneksi Wi-Fi.
Unduh aplikasi Roku versi iOS atau Android di ponsel cerdas Anda.Dari tengah bawah layar pada menu utama, tekan “Remote.” Jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat Roku di rumah, pastikan remote terhubung ke perangkat yang ingin Anda kelola. Titik hijau dan nama akan ditampilkan di bagian atas jika ada koneksi. Tekan ikon “Beranda”, lalu menggunakan tombol panah arah, buka “Pengaturan,” “Jaringan,” dan “Atur koneksi.” Sekarang lanjutkan petunjuk di layar untuk menyelesaikan koneksi Wi-Fi.
Jika Anda tidak perlu mengatur koneksi Wi-Fi, Anda dapat menggunakan tombol panah arah untuk mengakses menu, dll., untuk penggunaan umum.

Cara Menemukan Alamat IP Roku Anda Tanpa Remote

Jika perangkat Roku Anda tidak terhubung ke Wi-Fi, perangkat tidak akan memiliki akses ke alamat IP Anda. Namun, jika langkah-langkah tersebut tidak membuat Anda terhubung ke Wi-Fi, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menemukan alamat IP.
Buka aplikasi Roku, lalu buka “Remote.” Tekan tombol “Home”.Gunakan tombol panah arah untuk pergi ke “Pengaturan,” “Jaringan,” lalu “Tentang.”
Nama jaringan yang terhubung dengan Roku Anda harus ditampilkan di bawah alamat IP.

Menyiapkan Remote Roku

Jika Anda memutuskan untuk membeli remote pengganti atau Anda menemukan yang lama, jangan khawatir karena kami masih melindungi Anda. Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara memasangkan remote Roku IR atau Point Anywhere, memasangkan ulang, melepas pasangan, dan menambahkan remote kedua atau baru.

Menghubungkan Remote Cahaya Inframerah Roku

Beberapa remote Roku dirancang untuk menggunakan cahaya inframerah untuk mengirimkan sinyal ke perangkat dan memerlukan jalur yang tidak terhalang agar berhasil terhubung ke Roku. Jenis ini tidak perlu dipasangkan.

Jika perangkat Roku Anda menggunakan remote IR, perangkat ini dapat ditenagai dengan baterai AA atau AAA; kemudian, itu akan siap digunakan.

Pasangkan Point Anywhere atau Enhanced Roku Remote

Baik Titik Standar Di Mana Saja dan Titik Enhanced Anywhere menggunakan Bluetooth, frekuensi radio, atau Wi-Fi untuk membuat koneksi dan akan tetap berfungsi jika ada halangan. Namun, mereka membutuhkan pasangan sebelum digunakan. Remote yang Disempurnakan akan memiliki setidaknya satu dari fitur berikut.
Tombol hidup dan mati TVKontrol suaraPeringatan pencari jarak jauh Jack
headphoneBerikut adalah langkah-langkah untuk mengonfigurasi remote Point Anywhere atau Enhanced Point Anywhere untuk kotak Roku, TV, atau stick untuk pertama kalinya.
Masukkan baterai baru.Pastikan perangkat (kotak atau stik) atau Roku TV menyala.Letakkan atau tahan remote di dekat perangkat. Kotak, stik, atau Roku TV akan secara otomatis menemukan remote dan memasangkannya.
Cara Mengatur Ulang atau Memasangkan Ulang Remote Roku Anda

Proses untuk memasangkan ulang atau mengatur ulang remote Roku Anda cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya.NbspPutuskan sambungan Roku Anda, lalu hidupkan kembali setelah sekitar lima detik.Setelah layar beranda muncul, masukkan baterai ke dalam remote, biarkan kompartemen baterai terbuka.Di kompartemen baterai, cari tombol “pasangan” . Anda memiliki remote lampu inframerah standar jika tidak ada tombol penyandingan. Setelah tombol penyandingan ditemukan, tekan lama selama kurang lebih lima detik, atau hingga lampu penyandingan mulai berkedip. Coba lagi jika awalnya tidak berkedip. Tunggu sekitar 30 detik saat Roku berpasangan dengan remote. Setelah selesai, konfirmasi akan ditampilkan di TV Anda.
Cara Menambahkan Remote Kedua atau Baru

Remote kedua berguna untuk bermain game karena memungkinkan gameplay dua orang. Berikut cara menambahkan remote baru atau kedua untuk mengontrol pemutar Roku atau TV Anda.

Cara Melepaskan Remote Roku Anda
Buka menu “Beranda”, lalu “Pengaturan” di sebelah kiri. Pilih “Remote & perangkat”, lalu “Pasangkan Remote. ”Layar berikut akan menampilkan remote yang dipasangkan. Klik panah kanan, lalu ikuti petunjuk di layar.
Jika Anda mengalami masalah dengan remote Roku, terkadang melepasnya dapat menyelesaikan masalah. Memutuskan pemasangan remote sama mudahnya dengan memasangkannya; ikuti langkah-langkah ini.
Tekan lama tombol “Home”, “Back”, dan “Pairing” secara bersamaan selama kurang lebih tiga hingga lima detik.Ini akan menyebabkan indikator berkedip tiga kali saat dilepas. Untuk memastikan remote telah berhasil dilepas, tekan beberapa tombol untuk melihat apakah ada respons.
FAQs
Dapatkah Anda menggunakan remote universal dengan Roku?

Ya, remote universal Anda harus kompatibel dengan Roku TV Anda.
Apakah ada remote Roku universal?

Remote universal Roku kompatibel dengan over 500.000 perangkat dari lebih dari 6.000 merek dan dapat mendukung hingga 15 perangkat. Ini juga memiliki aplikasi resmi untuk mempermudah penyiapan.
Mengapa remote Roku saya tidak dapat dipasangkan?

Jika Anda mengalami masalah saat memasangkan remote Roku, coba tukar atau atur ulang baterai. Jika masih tidak berfungsi, periksa masalah koneksi Wi-Fi atau HDMI.
Di mana tombol reset pada Roku?

Tombol reset Roku biasanya ditemukan di bagian belakang atau bawah perangkat.

Kontrol Roku Dari Smartphone Anda

Jika Anda salah meletakkan Roku remote atau rusak, dan Anda memerlukan solusi cepat, aplikasi Roku akan memungkinkan Anda mengubah ponsel cerdas Anda menjadi remote. Aplikasi ini tersedia di iOS dan Android dan menawarkan fungsi yang sama dengan remote. Dari menyetel koneksi Wi-Fi hingga menavigasi saluran, semuanya mungkin – selama Anda tidak salah menaruhkan ponsel cerdas Anda!

Bagaimana menurut Anda menggunakan ponsel cerdas sebagai remote Roku? Beri tahu kami tentang hal itu di bagian komentar di bawah.