Cara Menggunakan Sistem Rescue Avira untuk Membersihkan PC Anda yang Terinfeksi

Ketika PC Anda benar-benar terinfeksi virus, terkadang yang terbaik adalah mem-boot ulang ke disk penyelamat dan menjalankan pemindaian virus lengkap dari sana. Berikut cara menggunakan Avira Rescue System untuk membersihkan PC yang terinfeksi.

Download Image dan Buat Drive USB yang Dapat Di-boot

  • Download ISO Avira Rescue System.
  • Download dan instal Rufus, atau gunakan versi portabel.
  • Masukkan drive USB ke komputer.
  • Buka Rufus , pilih Avira Rescue ISO, lalu pilih drive USB yang Anda masukkan.
  • Klik “Start” dan kemudian tunggu prosesnya selesai.

Avira Rescue System dapat diinstal pada drive USB atau DVD. Jika Anda akan menggunakan drive USB — yang jelas merupakan opsi yang lebih baik — Anda memerlukan drive USB dengan setidaknya 4 GB ruang penyimpanan.

Unduh Sistem Penyelamatan Avira dari situs web Avira. Anda harus mengklik chevron (panah berekor) di sebelah bagian berjudul “Unduh Sistem Penyelamatan Avira” untuk membuka tautan unduhan. Berkas ini berukuran sekitar 1,2 gigabyte, sehingga dapat memakan waktu beberapa menit.

Anda juga perlu mengunduh dan menginstal utilitas bernama Rufus. Rufus mengambil file ISO, seperti utilitas penyelamatan sistem dari Avira, dan menggunakannya untuk membuat drive USB yang dapat di-boot. Anda dapat menggunakan penginstal Rufus biasa atau versi portabel — fiturnya identik, jadi tidak masalah mana yang Anda gunakan.

Instal Rufus atau luncurkan versi portabel. File harus berada di folder unduhan default Anda, kecuali Anda telah mengubah lokasinya. Kemudian pilih drive USB Anda dari menu drop-down, dan pilih ISO Sistem Penyelamatan Avira dengan mengklik “Pilih.”

Peringatan: Menggunakan Rufus untuk membuat drive USB yang dapat di-boot akan menghapus semua file yang saat ini ada di drive USB. Pastikan untuk memeriksanya untuk file penting terlebih dahulu.

Periksa ulang bahwa Anda telah memilih drive USB yang tepat, lalu klik “Mulai.” Bersiaplah untuk menunggu — membuat disk yang dapat di-boot dapat memakan waktu cukup lama, terutama jika Anda menggunakan flash drive atau port USB 2.0.

Mengunduh dan Membakar Gambar ke Disk

Setelah mengunduh citra ISO dari Avira, Anda harus membakar file gambar ISO ke disk optik. Kami lebih suka menggunakan metode yang dibangun ke dalam versi Windows modern, tetapi ImgBurn berfungsi jika Anda memerlukan atau menginginkan alat terpisah. OS.Luncurkan Avira Rescue System, jika tidak otomatis.Jalankan pembaruan untuk mendapatkan definisi terbaru.Jalankan pemindaian sistem lengkap.

Setelah Anda mem-boot ulang dan memasukkan drive USB atau CD, Anda mungkin perlu mengubah urutan boot Anda atau boot satu kali dari USB atau CD. Setelah boot, Anda harus memilih bahasa Anda — gunakan tombol panah untuk berpindah ke atas dan ke bawah daftar, lalu tekan Enter untuk memilih bahasa. Anda mungkin harus menekan Enter lagi untuk “Mulai Sistem Penyelamatan Avira.”

Sistem Penyelamatan Avira akan diluncurkan secara otomatis setelah desktop dimuat. Klik ikon payung merah di sudut kiri atas layar jika tidak. Inilah yang seharusnya Anda lihat.

Catatan: Jika Anda melihat ini dan berpikir “Huh, ini sepertinya familiar…”, itu karena sistem operasi Avira Rescue System adalah versi Ubuntu Linux yang ringan dan sangat disesuaikan.

Yang ingin Anda lakukan adalah beralih ke tab Perbarui, lalu tekan “Perbarui.” Klik “Ya” pada setiap petunjuk yang mungkin muncul saat Anda memeriksa pembaruan.

Sekarang alihkan ke tab “Pindai” dan pilih jenis pemindaian yang ingin Anda jalankan. Jika Anda tidak tahu, Anda mungkin harus mengklik “Pemindaian Penuh,” hanya untuk amannya. Waktu yang diperlukan untuk menjalankan pemindaian akan bertambah seiring dengan ukuran hard drive Anda.

Jika virus terdeteksi, Anda akan diberi tahu. Pastikan untuk mengikuti rekomendasi apa pun tentang menghapus malware. Ini sesederhana itu. Nikmati PC.

Itulah berita seputar Cara Menggunakan Sistem Penyelamatan Avira untuk Membersihkan PC Anda yang Terinfeksi, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.