Cara Menggunakan Suara Notifikasi Kustom di Perangkat Android

Notifications adalah bagian penting dari smartphone apa pun. Mereka memberi tahu Anda kapan harus memperhatikan ponsel Anda. Namun, dengan sentuhan penyesuaian, Anda dapat membawa game notifikasi ke level berikutnya.

Jika Anda ingin tahu cara menyetel suara notifikasi khusus di perangkat Android, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara melakukannya.

Cara Menggunakan Suara Notifikasi Kustom untuk Aplikasi Individual di Android

Meskipun aplikasi yang berbeda hadir dengan suara notifikasi dan bip uniknya sendiri, Anda mungkin ingin menyesuaikan suaranya. Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang dapat Anda ikuti untuk mencapai hal ini:
Buka “Pengaturan” di ponsel Android Anda. Klik “Aplikasi & Notifikasi.” Klik “Lihat semua Aplikasi” untuk memilih aplikasi yang ingin Anda sesuaikan suara notifikasinya .Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang mendukung pemberitahuan push di perangkat Anda. Silakan dan pilih yang ingin Anda sesuaikan. Modal baru akan terbuka. Klik “Pemberitahuan” untuk melanjutkan. Anda sekarang akan melihat daftar semua pemberitahuan. Silakan dan klik pada notifikasi spesifik yang ingin Anda sesuaikan. Sebuah widget akan terbuka dengan beberapa opsi tentang jenis notifikasi yang Anda pilih di atas. Klik “Suara” dan pilih nada yang paling sesuai untuk Anda. Simpan perubahan yang baru Anda buat.
Itu mudah, bukan? Sekarang, setiap kali pemberitahuan masuk, Anda akan mendengar suara yang baru saja Anda pilih alih-alih suara default. Anda juga dapat mengulangi proses untuk aplikasi sebanyak mungkin.

Cara Menggunakan Suara Notifikasi Kustom untuk Obrolan

Berikut cara menyetel suara notifikasi kustom untuk semua pesan teks di perangkat Android Anda:
Buka aplikasi perpesanan default.Buka “Menu” dan klik pada “Pengaturan.” Pilih “Pemberitahuan” dan kemudian klik “suara.” Dari opsi, pilih nada pilihan Anda.
Jika Anda tidak ingin pemberitahuan suara untuk pesan teks Anda, Anda dapat memilih “tidak ada”. Selain itu, Anda dapat memilih getaran sederhana jika dengungan bukan milik Anda dengan memilih “getaran”. Ini bisa sangat membantu jika Anda memiliki obrolan prioritas tinggi dari daftar kontak Anda, seperti kantor atau dari orang yang Anda cintai. Fitur ini juga dapat membantu Anda mengidentifikasi siapa yang mengirim SMS hanya dengan mendengarkan suara notifikasi.

Berikut cara menyetel suara notifikasi khusus di Samsung:
Luncurkan aplikasi pesan di perangkat Anda.Pilih obrolan yang dimaksud.Pilih Notifikasi dan suara.Widget seharusnya terbuka menunjukkan kepada Anda beberapa operasi yang dapat Anda lakukan pada pesan Anda. Pilih opsi “Pemberitahuan khusus” yang sekarang aktif. Klik tombol sakelar di samping “Pemberitahuan khusus” Modal akan terbuka dengan opsi “Suara” Klik pada opsi suara untuk memilih lagu atau nada yang ingin Anda terapkan ke obrolan yang dipilih.
Cara Menggunakan Suara Notifikasi Kustom untuk Gmail

Gmail adalah aplikasi yang menghubungkan kita dengan profesional lain di mana pun lokasinya. Akibatnya, sangat penting untuk memiliki suara notifikasi khusus untuk itu, sehingga Anda tidak gagal untuk membuka salah satu email penting itu tepat waktu.

Berikut cara menyetel suara notifikasi khusus untuk Gmail:
Di ponsel Android Anda, buka Aplikasi Gmail. Ketuk menu hamburger di sudut kiri layar. Gulir ke bawah dan klik “Pengaturan.” Pilih alamat email yang ingin Anda sesuaikan suara notifikasinya. Klik “Suara notifikasi.” Klik “Lanjutan,” lalu pergi ke “Suara.” Pilih nada yang sesuai dengan selera Anda dari opsi yang tersedia.
Cara Menggunakan Suara Notifikasi Kustom untuk Nada Dering Panggilan

Memilih suara notifikasi yang sesuai untuk ponsel Anda adalah penting. Suara yang Anda pilih harus cukup keras dan sesuai saat Anda menerima panggilan mendadak di keramaian.

Berikut cara menyesuaikan suara notifikasi untuk panggilan telepon Anda:
Di ponsel Anda, buka “Pengaturan.” Pilih “suara.”Klik “nada dering” dan Anda sekarang akan disajikan dengan nada default dari pabrikan.Klik pada setiap nada untuk mendapatkan inti dari bunyinya.Pilih nada yang paling Anda sukai dan atur sebagai nada dering.
Catatan: Ponsel Android sangat bervariasi karena opsi penyesuaian kelas atas. Oleh karena itu, nama-nama yang disebutkan di atas mungkin berbeda dari satu perangkat ke perangkat lainnya, tetapi artinya hampir sama.

Sebagai opsi lain, Anda dapat mengatur nada dering dari Aplikasi Musik Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
Luncurkan aplikasi musik Android default di ponsel AndaPilih lagu apa pun yang ingin Anda atur sebagai nada deringSebuah widget akan muncul dengan semua tindakan untuk lagu yang saat ini dipilih. Ketuk tiga titik di kanan.Dari opsi, pilih “setel sebagai nada dering.”
Pemutar musik memungkinkan Anda menyetel lagu favorit Anda sebagai nada dering untuk lagu berikut juga:
Panggilan teleponPesan teksJam alarmKontak Pengingat kalenders
FAQ tambahan
Di mana saya dapat menemukan suara khusus untuk notifikasi saya?

Menemukan kustom suara untuk notifikasi Anda cukup mudah. Anda dapat memutuskan untuk merekam audio Anda sendiri menggunakan perekam suara bawaan yang dapat Anda temukan di perangkat Anda. Anda kemudian dapat mengedit audio ini dengan bantuan editor audio gratis yang tersedia di Google Play.

Beberapa editor audio sederhana dan hanya memungkinkan pemangkasan dan pemotongan sederhana. Editor lain, di sisi lain, sangat kuat dan memungkinkan Anda menambahkan efek suara ke audio Anda. Semua itu bisa membuat notifikasi Anda terdengar lebih menarik. Atau, Anda dapat menggunakan Audacity. Audacity adalah editor audio berbasis desktop open-source yang akan memberikan semua kemampuan yang Anda butuhkan dalam editor audio.

Sebagai opsi lain, Anda dapat menggunakan musik yang sudah Anda miliki di perangkat sebagai suara notifikasi.
Bagaimana Anda mengubah suara notifikasi umum untuk semua notifikasi?

1. Luncurkan “Pengaturan.”

2. Gulir ke bawah ke “Aplikasi & Pemberitahuan”

3. Klik “Pemberitahuan”

4. Pilih “Lanjutan”

5. Buka “Suara notifikasi default.”

6. Dari opsi yang diberikan, pilih nada yang paling Anda sukai.

Ambil Kembali Kendalikan Suara Notifikasi Anda

Notifikasi itu penting, tetapi terkadang bisa membuat Anda kewalahan. Memiliki kontrol atas suara notifikasi membantu Anda menyaring apa yang penting dari apa yang tidak. Hasilnya, Anda dapat memilih suara mana yang harus Anda perhatikan, dan yang mana yang harus tetap ada di daftar fluff.

Sudahkah Anda mencoba menggunakan notifikasi khusus di perangkat Android Anda? Bagaimana pengalamannya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.