Cara Menggunakan Tabel dalam Notion

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Notion adalah ruang kerja minimal yang inovatif di mana individu dan tim dapat terorganisir. Perangkat lunak co-working serbaguna ini memiliki berbagai kegunaan, mulai dari perencanaan pribadi hingga kolaborasi dan koordinasi profesional, dilakukan dengan kotak teks sederhana. Tetapi ketika kotak teks tidak lagi memotongnya, Anda mungkin ingin menampilkan data Anda dengan cara yang lebih teratur. Ini berarti tabel memainkan peran kunci dalam mengelola data di Notion secara efisien.

Tapi bagaimana Anda membuat tabel di Notion dan menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda? Dan apa perbedaan antara tabel dan database? Baca terus untuk menemukan jawaban dan pelajari cara memaksimalkan fitur ini.

Cara Menggunakan Tabel Sederhana

Anda dapat menggunakan tabel sederhana di aplikasi Notion untuk memberi struktur pada informasi yang ditampilkan. Buat baris dan kolom sebanyak yang Anda inginkan dan atur ulang sesuai keinginan Anda. Tabel sederhana menawarkan fitur terbatas, tetapi itulah yang membuatnya berguna. Mereka umumnya untuk tujuan yang tidak terlalu menuntut ketika terlalu banyak pilihan hanya akan memperumit pekerjaan. Jika Anda akhirnya membutuhkan lebih banyak fitur, opsi untuk mengubah tabel Anda menjadi database selalu ada.

Cara Menambahkan Tabel Sederhana di Notion

Anda dapat membuat tabel sederhana di Notion dengan dua cara mudah.
Buka aplikasi desktop atau browser Notion Anda.Pilih halaman tempat Anda ingin menambahkan tabel. Untuk membuat halaman baru, klik “Tambahkan halaman” di bilah sisi dan tekan “Enter” untuk memulai dengan kosong. Arahkan kursor ke kotak teks default di sebelah kursor yang berkedip. Klik tanda “+” dan gulir ke bawah di pop -up menu untuk menemukan “Tabel.”
Anda juga dapat membuat tabel hanya dengan mengetik “/” di kotak teks Anda dan menggunakan tombol panah untuk memilih “Tabel” dari menu.

Ini akan menempatkan tabel dasar dua-kali-tiga pada kanvas Anda.

Cara Mengedit Tabel Anda dalam Gagasan

Tabel sederhana tidak menawarkan terlalu banyak opsi tetapi Anda masih dapat menyesuaikannya hingga tingkat tertentu.

Tambahkan baris baru ke tabel Anda dengan menekan tombol “+” di bagian bawah. Anda juga dapat menambahkan beberapa baris sekaligus dengan menahan dan menyeret tombol ini. Demikian pula, tambahkan lebih banyak kolom dengan menekan atau menyeret tombol “+” di sisi kanan tabel. Untuk menghapus baris atau kolom, arahkan kursor ke tepinya hingga Anda melihat menu enam titik dan pilih “Hapus.” Anda juga dapat mengubah ukuran kolom dengan menyeretnya. Atur ulang baris dan kolom Anda dengan menekan dan menahan tombol enam titik masing-masing.

Menu enam titik yang sama juga menawarkan berbagai opsi lain. Buat tajuk dengan mengklik menu di baris atau kolom pertama dan beralih opsi. Warnai baris dan kolom Anda dengan menekan “Warna” di menu masing-masing.

Selain menu enam titik, Anda juga akan melihat menu kecil lainnya muncul saat mengerjakan meja Anda. Gunakan panah yang menghadap berlawanan untuk menyesuaikan tabel Anda dengan lebar halaman Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk mengatur ulang lebar kolom Anda juga. “Opsi” di tengah menu akan memungkinkan Anda untuk mengaktifkan tajuk. Sementara itu, Anda akan menemukan lebih banyak fitur, termasuk “Turn into database”, dengan mengklik tiga titik.

Anda juga dapat memformat teks di setiap sel satu per satu dengan memilihnya. Selain gaya teks dasar, Anda juga akan melihat opsi praktis seperti “Tautan” dan “Komentar.” Untuk mengubah font di tabel Anda, Anda perlu mengganti gaya seluruh halaman Anda. Untuk melakukannya, klik menu tiga titik di pojok kanan atas halaman Notion Anda.

Cara Menggunakan Databases

Databases adalah versi yang ditingkatkan dari tabel sederhana yang sebenarnya mendahului yang terakhir. Mereka memungkinkan Anda untuk menyortir data Anda atau menyaring informasi yang Anda butuhkan. Anda dapat mengubah tabel Anda menjadi database untuk mengakses berbagai fitur lanjutan dan dengan mudah mengubahnya kembali setelahnya.

Cara Menambahkan Database di Notion

Jika Anda memulai halaman dari awal, Notion akan menawarkan opsi Database di kanvas kosong Anda.
Buka Gagasan dan klik “Tambah halaman baru” di bilah sisi. Temukan opsi “Tabel” tepat di bawah “Database” pada halaman yang baru dibuat. Anda dapat memilih sumber data untuk membuat database dari halaman yang ada atau klik “Database baru” di bagian bawah bilah sisi.
Cara lain untuk membuat database adalah dengan hanya mengonversi tabel.
Arahkan kursor ke sudut kiri atas tabel Anda dan klik menu enam titik di sisi kiri. Pilih “Turn into database” dari popup.
Cara Mengedit Database di Notion

Saat mengonversi tabel Anda menjadi database, beberapa pemformatan teks Anda mungkin hilang. Selain itu, semua data Anda akan dianggap sebagai teks, dengan kolom pertama dikategorikan sebagai “Judul”. Anda mungkin perlu mengatur ulang kolom dan menyesuaikan tipe properti untuk memastikan semuanya sudah benar. Untuk mengedit tipe properti, lakukan hal berikut:
Klik nama properti di atas kolom yang dimaksud.Pilih “Edit properti.” Temukan “Jenis” di bilah sisi dan cari yang sesuai di daftar.
Beberapa tipe properti, seperti nomor, juga akan memiliki sub-tipe. Anda akan melihat opsi sub-tipe muncul setelah Anda memilih tipe utama.

Databases menawarkan segudang opsi lainnya. Anda dapat menambahkan beberapa tampilan ke database Anda, membuat perhitungan dengan data yang tersedia, dan bahkan membuka setiap entri sebagai halaman terpisah untuk melihatnya secara detail. Anda juga dapat mengubah database Anda menjadi halaman atau memasukkannya ke dalam halaman lain.

FAQ Tambahan
Dapatkah saya mengimpor tabel ke Notion?

Ya. Anda cukup menyalin dan menempelkan tabel ke halaman Notion Anda dari Microsoft Excel, Google Sheets, dll. Notion akan secara otomatis mengubah tabel menjadi database sambil mempertahankan nama properti aslinya. Tetapi ini terkadang bisa salah sehingga tabel Anda mungkin perlu penyesuaian. Data angka Anda akan dimasukkan sebagai teks juga sehingga Anda perlu mengubah tipe properti setiap baris sesuai kebutuhan:

1. Klik nama properti di atas kolom dan temukan “Edit properti.”

2. Pilih “Ketik” di menu dan temukan jenis properti yang Anda butuhkan di daftar.

Anda juga dapat mengubah tabel yang diimpor menjadi tabel sederhana setelah menempelkannya sebagai database.

Selain hanya menyalin-menempel, Notion juga memungkinkan impor beberapa file jenis. Meskipun XLSX dan file serupa tidak dapat diimpor, Anda selalu dapat mengekspor data sebagai CSV yang merupakan jenis yang didukung. Anda juga dapat langsung mengimpor tabel dari beberapa aplikasi, termasuk Evernote dan Dropbox Paper.
Mengapa saya tidak dapat mengubah tabel sederhana saya menjadi database?

Anda akan melihat perintah “Turn into database” saat Anda mengklik opsi tabel terlepas dari ukuran tabel Anda atau konten. Jika Anda tidak dapat melihat opsi ini, pastikan halaman Anda hanya terdiri dari satu kolom. Meskipun Anda dapat menempatkan beberapa tabel di samping satu sama lain dengan membuat beberapa kolom, ini akan mencegahnya diubah menjadi databases.
Database saya lambat/tidak responsif. Bagaimana cara memperbaikinya?

Aplikasi Anda mungkin mulai bermasalah saat Anda bekerja dengan volume data yang besar. Untuk meningkatkan kinerjanya, bersihkan cache di aplikasi desktop Notion atau browser Anda tergantung pada versi yang Anda gunakan.

Pelajari Tali Notion

Dengan halaman kosong di depan Anda dan banyak fitur untuk dicoba, Notion dapat terlihat menakutkan pada awalnya. Namun, begitu Anda menguasainya, Anda akan lebih terorganisir dari sebelumnya. Menjelajahi semua opsi yang ditawarkan tabel dan basis data sederhana adalah langkah yang bagus untuk mendapatkan hasil maksimal dari ruang kerja Notion Anda.

Bagaimana Anda lebih suka menggunakan tabel Notion Anda? Apakah Anda memiliki tips berguna lainnya untuk dibagikan tentang fitur ini? Beri tahu kami di komentar.