Cara Menggunakan Tabel Data di Bagan Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pilih tab “Desain Bagan” pada pita, klik tombol “Tambahkan Elemen Bagan”, arahkan ke “Tabel Data”, dan pilih jenis tabel yang ingin Anda tambahkan. Pilih item menu “Opsi Tabel Data Lainnya” untuk menyesuaikan lebih lanjut tabel data Anda.

Saat Anda membuat grafik di Excel, Anda mungkin ingin memasukkan data sumber ke dalamnya. Dengan menambahkan tabel data, yang hanya memerlukan beberapa langkah, Anda dapat memberikan detail tambahan atau penjelasan lebih lanjut tentang visual Anda. Tabel data

A adalah kisi data yang Anda gunakan untuk membuat bagan yang berada di bawah grafik itu sendiri. Setelah menambahkan tabel data, Anda dapat memformat dan menyesuaikannya sesuai keinginan.

Menambahkan Tabel Data ke Bagan di Excel

Anda dapat menambahkan tabel data ke jenis bagan yang paling umum di Excel, termasuk bar, kolom, dan garis. Buat bagan Anda seperti biasa. Saat Anda siap menambahkan tabel data, pilih bagan.

Buka tab Desain Bagan yang menampilkan dan klik menu tarik-turun Tambahkan Elemen Bagan di bagian Tata Letak Bagan pada ribbon.

Pindahkan kursor Anda ke Tabel Data lalu pilih jenis tabel yang ingin Anda tambahkan dari menu pop-out. Anda dapat memilih tabel dengan atau tanpa kunci legenda.

Di Excel di Windows, Anda memiliki cara tambahan untuk menyisipkan tabel data. Klik tombol Elemen Bagan (+) di sudut kanan atas atau kiri bagan. Centang kotak untuk Tabel Data dan pilih panah untuk memilih jenis tabel yang ingin Anda gunakan.

Setelah menambahkan tabel, Anda mungkin perlu mengubah ukuran bagan dengan menyeret sudut atau tepi. Ini membantu Anda memberi bagan dan tabel data lebih banyak ruang yang membuat keduanya lebih mudah dibaca. Jika nanti Anda memutuskan untuk menghapus tabel, kembali ke Desain Bagan > Tambahkan Elemen Bagan dan pilih “Tidak Ada” di menu pop-out Tabel Data.

Sesuaikan Tabel Data di Excel

Secara default, tabel data muncul dalam kisi dengan batas dan latar belakang putih. Namun Anda dapat menyesuaikan tampilan tabel jika Anda mau.

Pilih bagan, klik menu tarik-turun Tambahkan Elemen Bagan, dan pindah ke Tabel Data. Pilih “More Data Table Options” di menu pop-out.

Saat sidebar Format Data Table terbuka, konfirmasikan bahwa Anda berada di tab Table Options. Kemudian, luaskan bagian Opsi Tabel Data untuk melihat batasnya.

Anda dapat mencentang atau menghapus centang pada kotak untuk menggunakan batas horizontal, vertikal, atau kerangka. Jika Anda berubah pikiran tentang kunci legenda, centang atau hapus centang pada kotak Tampilkan Kunci Legenda.

Untuk mengubah pengaturan isian dan batas, pilih tab Isi & Garis. Anda dapat memilih jenis isian dan memilih warna dari palet.

Anda dapat melakukan hal yang sama untuk tepi langsung di bawah tabel data, plus Anda dapat mengubah lebar tepi, jenis garis, transparansi, dan pengaturan lainnya.

Jika Anda mau ingin merapikan tabel data dengan efek bayangan, cahaya, tepi halus, atau 3-D, buka tab Efek. Di sini, Anda dapat bereksperimen dengan tampilan yang berbeda untuk tabel data Anda.

Anda juga dapat mengubah font yang ditampilkan di dalam tabel. Di bagian atas bar samping, pilih Opsi Teks. Gunakan tab Isi & Kerangka Teks dan Efek Teks untuk menyesuaikan gaya isian teks, warna font, transparansi, dan efek.

Mengubah Data Tabel

Ketika Anda mengubah data sumber yang muncul di bagan, bagan Anda akan diperbarui secara otomatis. Hal yang sama berlaku untuk tabel data di dalam bagan.

Bila Anda ingin menampilkan detail yang tepat untuk bagan Excel Anda, pertimbangkan untuk menggunakan tabel data. Untuk bantuan tambahan terkait grafik di Excel, lihat cara menerapkan filter bagan atau cara menemukan jenis bagan yang paling sesuai dengan data Anda.

Disadur dari HowToGeek.com.