Cara Menggunakan VPN Dengan Samsung Smart TV

Samsung Smart TV menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Selain kualitas gambar yang sangat baik, TV ini menawarkan banyak fitur menarik. Jika Anda ingin melindungi Smart TV Anda dari malware atau mengakses konten yang tidak tersedia di wilayah Anda, ada solusi sederhana: menginstal layanan VPN.

Jika Anda tertarik mempelajari cara menggunakan VPN dengan Samsung Smart TV, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan menjelaskan mengapa VPN berguna dan menawarkan panduan langkah demi langkah terperinci tentang berbagai cara menggunakannya dengan TV Anda.

Cara Menggunakan VPN di Samsung Smart TV

Sebelum kita menyelami langkah-langkah untuk menyiapkan VPN di Samsung Smart TV Anda, penting untuk ditekankan bahwa mereka bervariasi tergantung pada sistem operasi yang Anda miliki.

Sebelum tahun 2015, Samsung Smart TV menjalankan Android sebagai OS-nya. Jika Anda memiliki salah satu model lama ini, Anda akan menggunakan Play Store untuk menyiapkan VPN Anda. Jika Anda membeli Samsung Smart TV setelah tahun 2015, perangkat Anda kemungkinan menjalankan Tizen, sistem operasi yang dikembangkan oleh Samsung. Dalam hal ini, Anda memiliki beberapa opsi yang tersedia.

Untuk memberikan langkah yang lebih spesifik, kami akan menggunakan ExpressVPN dalam contoh kami karena ini adalah salah satu VPN paling populer dan andal di pasar.

Cara Menggunakan VPN Dengan Samsung Smart TV Menjalankan Android

Jika Anda memiliki model Samsung Smart TV yang lebih lama, langkah-langkah untuk menginstal VPN cukup sederhana. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Daftar ke ExpressVPNLuncurkan Play Store di Samsung Smart TV Anda.Cari ExpressVPN dan instal. Masukkan kredensial Anda atau berlangganan jika Anda belum pernah menggunakan ExpressVPN sebelumnya.Pilih lokasi yang ingin Anda gunakan.Gunakan Layanan DNS
Layanan VPN melindungi privasi Anda, menjaga keamanan jaringan Anda, dan memungkinkan Anda untuk mengalirkan konten yang tidak tersedia di wilayah Anda. Jika Anda hanya ingin meningkatkan pengalaman streaming, Anda tidak memerlukan VPN; sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan layanan DNS. ExpressVPN memiliki layanan DNS yang disebut Media Streamer, dan kami akan menunjukkan cara menyiapkannya. Kami telah membagi langkah-langkahnya menjadi dua bagian: Mendaftarkan alamat IP Anda dan mengaturnya di TV Anda.

Mari kita membahas cara mendaftarkan alamat IP Anda:
Luncurkan browser Anda dan buka situs web ExpressVPN.Berlangganan ke layanan.Sekali Anda’ sudah berhasil berlangganan, buka halaman pengaturan DNS ExpressVPN. Jika diminta, masuk ke akun Anda. Tunggu hingga Anda mendapatkan kode ke email Anda dan masukkan di situs web untuk mengakses halaman pengaturan. Setelah Anda diarahkan ke halaman pengaturan, pilih “Daftarkan alamat IP saya.” Ganti tombol sakelar di sebelah “Otomatis daftarkan alamat saya”. Alamat IP.” Tekan “Pengaturan” di sudut kanan atas dan pilih “Media Streamer” dari daftar. Anda akan melihat dua alamat IP di sebelah kanan. Biarkan tab ini tetap terbuka karena Anda memerlukan alamat IP untuk mengonfigurasi TV.
Setelah Anda mendaftarkan alamat IP, berikut cara menyiapkan Samsung Smart TV:
Pilih tombol menu di remote.Tekan “Jaringan”.Pilih “Status Jaringan.” Pilih “Pengaturan IP.” Tekan “Pengaturan DNS” dan kemudian pilih “Masukkan secara manual.” Masukkan salah satu alamat IP dari tab browser. Tunggu hingga koneksi dibuat. Anda akan melihat pesan yang mengatakan, “Anda terhubung ke Internet,” yang berarti semuanya sudah diatur.
Cara Menggunakan VPN Dengan Samsung Smart TV Menjalankan Tizen

Jika Anda membeli Samsung Smart TV setelah tahun 2015, Anda memiliki Tizen, bukan Android. Karena Anda tidak memiliki Play Store di TV, langkah-langkah untuk menggunakan VPN berbeda, dan ada berbagai metode yang dapat Anda pilih. Kami akan memandu Anda melalui semuanya.
Berbagi Koneksi Melalui PC
Metode ini tidak melibatkan pemasangan VPN di TV Anda. Sebagai gantinya, Anda akan menginstal VPN di PC Windows Anda dan mengubah komputer menjadi router virtual. Dengan berbagi koneksi VPN dengan Smart TV Anda, Anda akan dapat menikmati manfaat VPN di komputer Anda dan Samsung Smart TV.

Kami telah membagi langkah-langkahnya menjadi dua bagian. Yang pertama membahas cara menginstal ExpressVPN di PC Windows Anda, dan yang kedua menjelaskan cara menghubungkan Samsung Smart TV Anda ke jaringan komputer.

Ikuti petunjuk di bawah ini untuk menginstal ExpressVPN di komputer Anda:
Buka browser Anda dan buka situs web ExpressVPN .Pilih paket berlangganan dan daftar untuk itu.Unduh aplikasi ExpressVPN untuk Windows.Gunakan lokasi yang disarankan ExpressVPN atau pilih yang Anda inginkan.
Sekarang setelah Anda menyetel ExpressVPN di komputer Windows, mari sambungkan Samsung Smart TV Anda untuk itu:
Buka menu Mulai, ketik “hotspot seluler” ke dalam bilah pencarian, dan buka. Periksa apakah jaringan Wi-Fi Anda dipilih di bawah “Bagikan koneksi Internet saya.” Ganti tombol sakelar di bawah “Bagikan koneksi Internet saya dengan perangkat lain.”Hubungkan Samsung Smart TV Anda ke jaringan.Mengatur VPN di Router
Cara lain untuk menggunakan VPN dengan Samsung Smart TV adalah memasang aplikasi VPN di router Anda. Dengan begitu, Anda akan menikmati manfaat VPN di setiap perangkat yang terhubung ke router. Kami memiliki panduan yang lebih komprehensif untuk menginstal VPN di router. Ikuti petunjuk yang lebih sederhana di bawah ini.

Ini yang perlu Anda lakukan:
Buka browser Anda dan kunjungi situs web ExpressVPN.Pilih paket berlangganan dan selesaikan proses pendaftaran.Unduh firmware untuk model perute Anda.Masuk ke perute Anda dengan memasukkan alamat IP Anda ke dalam browser. (Temukan alamat IP di pengaturan Jaringan & Internet)Ikuti panduan yang disediakan oleh ExpressVPN untuk mengonfigurasi router Anda karena pengaturannya berbeda-beda tergantung modelnya.Pastikan Smart TV Anda terhubung ke router dan nikmati keuntungan VPN.Gunakan DNS Service
A Server DNS meningkatkan pengalaman streaming Anda. Misalnya, jika Anda tinggal di area yang tidak mendukung konten tertentu di Netflix, Anda dapat menggunakan layanan DNS untuk mengaksesnya. Layanan ini juga berguna untuk perangkat yang tidak mendukung VPN. Meskipun layanan DNS dapat berguna, penting untuk diingat bahwa itu tidak melindungi jaringan Anda; tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan pengalaman streaming.

ExpressVPN menawarkan layanan DNS yang disebut Media Streamer. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyiapkan dan menggunakannya di Samsung Smart TV Anda:
Buka browser Anda dan buka situs web ExpressVPN. Pilih paket berlangganan yang Anda inginkan. Buka halaman pengaturan DNS ExpressVPN. Masuk dengan kredensial Anda jika diminta. Anda akan menerima kode ke email Anda, masukkan di situs web untuk mengakses halaman pengaturan. Setelah Anda mencapai pengaturan, tekan “Daftarkan alamat IP saya.” Aktifkan “Otomatis daftarkan alamat IP saya.” Pilih “Pengaturan” di pojok kanan atas dan tekan “Media Streamer.” Anda akan melihat alamat IP di sebelah kanan halaman. Biarkan tab ini tetap terbuka.
Sekarang, mari kita beralih ke pengaturan Media Streamer di Smart TV Anda:
Tekan menu dan kemudian tombol umum di remote Anda.Pilih “Jaringan.”Tekan “Status Jaringan.”Setelah TV mendeteksi koneksi Anda , pilih “Pengaturan IP.” Pilih “Pengaturan DNS” dan pilih “Masukkan secara manual.” Masukkan salah satu alamat IP dari tab browser yang Anda biarkan terbuka. Tunggu beberapa detik hingga sambungan dibuat. Setelah semuanya diatur, Anda akan melihat pemberitahuan yang mengatakan, “Anda terhubung ke Internet.”
Menggunakan VPN Selalu Merupakan Ide Bagus

Apakah Anda ingin meningkatkan pengalaman streaming, mengamankan jaringan, atau melindungi privasi, Anda dapat jangan salah dengan VPN. Ada banyak cara untuk menggunakan layanan VPN di Samsung Smart TV Anda, tergantung pada sistem operasi dan tingkat perlindungan yang Anda inginkan. Anda dapat memilih untuk hanya melindungi TV, atau Anda juga dapat mengamankan seluruh jaringan Anda.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara menggunakan VPN dengan Samsung Smart TV dan pengalaman Anda sekarang jauh lebih baik.

Pernahkah Anda menggunakan VPN di perangkat lain? Layanan VPN mana yang Anda pilih dan mengapa? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.