Cara Menghapus Alamat Gmail Anda Secara Permanen

Alat kolaborasi dan integrasi
Gmail dengan produk Google lainnya menjadikannya pilihan yang mudah bagi kebanyakan orang dalam memilih layanan email masuk.

Mendaftar akun Gmail cepat dan mudah, dan banyak orang memiliki lebih dari satu alamat Gmail karena satu dan lain alasan. Bagaimanapun, Anda mungkin mendapati diri Anda memiliki satu terlalu banyak akun Gmail.

Untuk menyederhanakan hidup Anda, Anda mungkin memutuskan untuk menghapus akun Gmail dan artikel ini menjelaskan bagaimana Anda dapat melakukannya.

Cara Menghapus Alamat Gmail Anda

Menghapus akun Gmail semudah mendaftar, tetapi Anda harus mengikuti langkah hati-hati jika Anda tidak ingin menghapus seluruh akun Google Anda.

Pertama, keluar dari akun Google atau Gmail lain yang mungkin Anda masuki dalam browser web Anda. Ini adalah tindakan pencegahan keamanan yang penting untuk menghindari penghapusan akun yang salah.

Kedua, Anda harus masuk ke akun Google yang memiliki akun Gmail khusus yang ingin Anda hapus. Untuk melakukannya, buka browser web dan navigasikan ke google.com lalu klik login di sisi kanan atas browser
Buka myaccount.google.com dan login jika Anda belum melakukannya. Anda akan melihat “Selamat datang, Nama Anda” di bagian atas halaman pengelolaan akun Google. Pada halaman Pengelolaan Akun Google, klik Data dan Personalisasi di menu navigasi sebelah kiri. Jika mau, Anda dapat mengunduh data Anda sebelum Anda menghapus akun Gmail Anda agar tidak kehilangan sesuatu yang penting. Atau, jika Anda tidak perlu menyimpan data, Anda cukup mengeklik Hapus layanan atau akun Anda. Selanjutnya, Google akan memberi Anda opsi lagi. Jika Anda siap untuk menghapus akun Gmail Anda, klik Hapus Layanan Google. Setelah mengeklik Hapus layanan Google, Anda akan dimintai sandi, dan bergantung pada setelan keamanan, Anda mungkin harus memasukkan kode verifikasi. Layar berikutnya akan menampilkan daftar layanan Google yang telah Anda kaitkan akun Google ini, seperti Gmail dan YouTube, dengan ikon tempat sampah di sebelah kanan setiap layanan. Selanjutnya, klik ikon tempat sampah untuk menghapus akun Gmail Anda. Google mungkin meminta Anda untuk memverifikasi identitas Anda dengan teks verifikasi Google lainnya.
Anda akan diminta untuk memberikan alamat email non-Google yang berbeda sebelum Anda dapat melanjutkan. Alamat non-Gmail ini untuk masuk ke layanan Google lainnya seperti Google Play, Documents, atau Calendar.

Masukkan alamat email non-Gmail lalu klik Kirim Email Verifikasi.

Periksa email alternatif Anda dan buka pesan verifikasi dari Gmail. Klik tautan untuk melanjutkan menghapus alamat Gmail Anda. Langkah ini penting. Alamat Gmail Anda tidak akan dihapus sampai Anda mengeklik tautan.

Catatan: Sebelum menghapus Gmail, Anda dapat mengunduh email dengan mengeklik tautan “Unduh Data” di bagian atas daftar layanan Google. Anda dapat memilih untuk mengunduh semua email atau memilih label tertentu. File yang diunduh akan dalam format MBOX dan dapat dibuka dengan menghubungkan akun Gmail aktif dengan klien email seperti Thunderbird.

Terakhir, klik “Hapus Gmail” sebagai langkah terakhir. Perhatikan bahwa menghapus alamat Gmail Anda tidak akan membebaskan nama pengguna Google/Gmail Anda.

 Jika Anda ingin mempertahankan akun tetapi menghapus daftar kontak Anda, baca Cara Menghapus Semua Kontak Google Gmail.

Langkah Selanjutnya

Anda tidak dapat mendaftar ke Gmail dengan yang sama nama pengguna di masa mendatang. Karena alamat Gmail juga terhubung ke akun Google, menghapusnya tidak akan menghapus data apa pun dari layanan Google lainnya seperti YouTube, riwayat Google Penelusuran, dan Google Drive. Jika Anda tidak mengunduh email dari akun, semua email Anda tidak akan dapat diakses.

Hal berikutnya yang harus dilakukan setelah menghapus alamat Gmail adalah memperbarui dokumen apa pun yang mungkin memiliki alamat email tersebut. Ini mungkin termasuk kartu nama, resume, info kontak situs web Anda, dan tempat lain di mana Anda memberikan alamat email itu sebagai cara untuk menghubungi Anda sekarang harus diperbarui.

Hapus Gmail dari Ponsel Anda

Langkah lain yang mungkin perlu Anda ambil adalah menghapus akun Gmail Anda dari ponsel Anda (ini sangat penting jika Anda tidak ingin melihat pop-up di ponsel yang meminta Anda untuk masuk).

Dengan perangkat Apple dan Android, buka pengaturan di ponsel Anda dan temukan ‘Akun’ Anda. Ini dapat dilakukan dengan mudah dengan mengetikkan ‘Akun’ ke bilah pencarian Pengaturan.

Temukan akun dan ketuk di atasnya. Baik Android dan Apple memberi Anda opsi untuk menghapus akun. Setelah Anda mengetuknya, Anda harus mengonfirmasi. Akun tersebut akan hilang dari daftar akun ponsel Anda.

Frequently Asked Questions

Di TechJunkie kami mendapatkan banyak pertanyaan tentang penggunaan Gmail dan layanan Google lainnya.

Berikut adalah jawaban kami atas beberapa pertanyaan umum yang kami terima tentang menggunakan, membuat, dan menghapus Gmail accounts.
Dapatkah saya menghapus Gmail dan tetap menyimpan Google Documents saya?

Ya, petunjuk di atas hanya untuk akun Gmail Anda. Anda masih dapat mengakses Google docs dan menyimpan data Google Suite.
Apakah Gmail aman?

Seperti kebanyakan teknologi, keamanan Gmail bergantung pada pengguna. Menyiapkan autentikasi dua faktor, memperbarui kata sandi Anda secara teratur, dan memperbarui informasi kontak adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk memastikan Gmail Anda aman.
Apa yang terjadi jika seseorang mengirimi saya email setelah saya menghapus akun saya?

Pengirim akan menerima email balasan yang menyatakan bahwa pesan tidak terkirim. Itu tidak menjelaskan mengapa email tidak terkirim.
Bagaimana jika saya menggunakan Gmail saya untuk masuk ke situs lain?

Sebelum menghapus email, pastikan Anda memperbarui alamat email di semua akun yang terkait. Anda harus pergi ke setiap situs dan memperbarui informasi kontak.
Apa yang terjadi jika seseorang mengirimi saya email?

Jika seseorang mengirimi Anda email setelah Anda mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di atas, mereka akan diberi tahu dengan pemberitahuan ‘Pesan Tidak Terkirim’. Karena Anda tidak akan menerima pemberitahuan tentang pesan baru setelah akun dihapus, penting untuk memperbarui informasi kontak Anda untuk setiap akun atau kontak yang berafiliasi dengan alamat itu.

Pikiran Akhir

Akun email tidak aktif adalah target utama peretas dan mengundang risiko informasi pribadi Anda. informasi dicuri.

Karena itu, jika Anda tidak menggunakan alamat Gmail tertentu, sebaiknya Anda menghapusnya dengan benar daripada membiarkannya terbuka untuk diretas.

Untungnya, dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan di atas, Anda dapat dengan cepat dan mudah menghapus semua alamat Gmail yang lama dan terlupakan.