Cara Menghapus Aplikasi di

Mencopot pemasangan aplikasi adalah solusi terbaik saat aplikasi tersebut bentrok dengan perangkat lunak lain atau tidak lagi diperlukan. Dan menghapus banyak aplikasi yang tidak digunakan akan mendapatkan kembali Anda beberapa ruang penyimpanan yang berharga. Di Windows 11, Anda dapat dengan cepat menyingkirkan aplikasi pihak ketiga dan aplikasi bawaan. Ada beberapa teknik yang dapat Anda gunakan, termasuk melalui menu “Start” atau memasukkan perintah.

Baca terus untuk mempelajari cara menghapus aplikasi yang tidak diinginkan dengan aman.

Cara Menghapus Aplikasi Menggunakan Menu Mulai

Cara tercepat untuk menghapus instalasi aplikasi di Windows 11 menggunakan menu “Start”. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melihat caranya:
Klik ikon Windows untuk membuka menu “Start”. Jika aplikasi yang ingin Anda hapus ditampilkan, klik kanan, lalu pilih “Copot pemasangan”. Jika aplikasi tidak ada dalam daftar , pilih “Semua Aplikasi” di sebelah kanan grup aplikasi yang disematkan untuk melihat daftar lengkap aplikasi. Temukan aplikasi yang ingin Anda hapus, klik kanan, lalu pilih “Copot pemasangan.” Munculan konfirmasi akan muncul menanyakan apakah Anda yakin. Klik “Copot” jika Anda.
Cara Menghapus Aplikasi Menggunakan Pengaturan

Anda juga memiliki opsi untuk menghapus instalan aplikasi dari “Pengaturan”, ikuti langkah berikut:
Klik “Cari” dari bilah tugas. Ketik “Aplikasi dan Fitur” di kotak pencarian, lalu klik hasilnya. Temukan aplikasi yang ingin Anda hapus di grup “Aplikasi dan Fitur”. Pilih ikon “menu” di sebelah kanan aplikasi, lalu pilih “Copot pemasangan”. Klik “Copot pemasangan” lagi jika Anda yakin ingin menghapus aplikasi.
Cara Menghapus Instalasi Aplikasi Menggunakan Panel Kontrol

Control Panel juga melayani jenis perubahan ini. Berikut cara menghapus aplikasi melalui Control Panel:
Luncurkan “Control Panel.” Dari grup “Programs”, klik “Uninstall a program.” Temukan aplikasi yang ingin Anda hapus dari daftar yang muncul. Klik kanan pada aplikasi dan pilih “Uninstall.” Pesan konfirmasi akan muncul. Klik “Lanjutkan” lagi untuk mengonfirmasi.
Cara Menghapus Aplikasi Menggunakan Terminal Windows

Untuk cara yang sedikit teknis untuk menghapus aplikasi, gunakan Terminal. Berikut langkah-langkahnya:
Di bilah tugas, klik kanan ikon Windows dan pilih “Windows Terminal (Admin).” Untuk menghapus instalasi aplikasi, Anda harus menggunakan utilitas (baris Perintah Instrumentasi Manajemen Windows). Untuk menggunakan WMIC, masukkan perintah berikut: wmicAnda harus mengetikkan nama aplikasi seperti yang muncul di daftar aplikasi. Untuk menampilkan daftar aplikasi, jalankan yang berikut ini: product get nameCatat nama sebenarnya aplikasi, lalu jalankan perintah berikut: product where name= “program name” call uninstallGanti “nama program” dengan nama aplikasi. Misalnya, jika saya ingin menghapus “Surfshark”, saya akan memasukkan yang berikut: product where name= “Surfshark” call uninstallAfter menjalankan perintah, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi uninstall. Masukkan “Y” untuk konfirmasi.
Cara Menghapus Aplikasi Menggunakan Editor Registri

Sekarang metode untuk penggemar teknologi di luar sana, atau jika Anda mengalami masalah saat menghapus instalan aplikasi menggunakan teknik lain, gunakan Editor Registri. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus aplikasi melalui Editor Registri:
Luncurkan menu “Mulai”. Masukkan pencarian untuk “Editor Registri,” lalu buka. Jika Anda ingin menghapus aplikasi 32-bit yang disimpan di bawah C:Program Files ( x86), masukkan lokasi berikut di Penyunting Registri: KomputerHKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREWOW6432NodeMicrosoftWindowsCurrentVersionJika Anda ingin menghapus instalan aplikasi 64-bit di bawah C:Program Files, masukkan lokasi berikut: Komputer HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionKetika Anda menemukan folder “CurrentVersion” (dari aplikasi 32-bit/64-bit), buka folder “Uninstall” dan perluas. Di sini Anda akan melihat semua yang Anda instal aplikasi. Namun, terkadang aplikasi mungkin diberi nama karakter alfanumerik secara acak. Oleh karena itu, untuk menemukan nama asli aplikasi, Anda harus membuka folder dan membuka subkunci “DisplayName” dari kanan. Di jendela “Edit String”, nama aplikasi akan ditampilkan di “Value Data”. Setelah mengonfirmasi aplikasi yang ingin Anda hapus, cari “QuietUninstallString” atau “UninstallString” di sebelah kanan. Beberapa aplikasi mungkin hanya memiliki “UninstallString.” Anda dapat menggunakan salah satu dari subkunci ini untuk mencopot pemasangan aplikasi. Klik dua kali pada file “QuietUninstallString” atau “UninstallString”, lalu salin apa yang ada di bidang “Value Data”. Misalnya, jika saya ingin menghapus aplikasi “Surfshark”, “Data Nilai” saya akan terlihat seperti ini: “C:Program FilesSurfshark File Stream53.0.8.0uninstall.exe”Buka menu “Start” dan masukkan pencarian untuk “Command Prompt.” Memulai “Command Prompt” sebagai administrator. Tempel nilai yang disalin sebelumnya dan tekan “Enter.” Jika Anda memilih metode “UninstallString”, Anda mungkin menerima beberapa kotak dialog konfirmasi tambahan. Pastikan untuk menjawab “YA” atau “OK”. Dalam kasus “QuietUninstallString,” konfirmasi mungkin tidak diperlukan.
Jaga Windows Anda Rapi

Saat ini, tampaknya ada aplikasi untuk hampir semua hal, dan pilihannya sangat banyak, dengan Microsoft Store memiliki lebih dari 800.000 aplikasi saja. Karena semua pilihan ini dan aksesibilitas aplikasi, kami mungkin berakhir dengan beban yang tidak lagi kami gunakan, atau beberapa aplikasi mungkin bertentangan dengan yang lain. Windows 11 memungkinkan beberapa cara untuk mencopot pemasangan aplikasi, dari mengklik kanan melalui menu “Mulai” hingga menggunakan perintah untuk pengalaman peretas itu.

Metode apa yang akan Anda gunakan untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.