Cara Menghapus Baris Duplikat di Excel

Ketika Anda bekerja dengan spreadsheet di Microsoft Excel dan secara tidak sengaja menyalin baris, atau jika Anda membuat spreadsheet gabungan dari beberapa lainnya, Anda akan menemukan baris duplikat yang perlu Anda hapus. Ini bisa menjadi tugas yang sangat tidak masuk akal, berulang, memakan waktu, tetapi ada beberapa trik yang membuatnya lebih sederhana.

Hari ini kita akan berbicara tentang beberapa metode praktis untuk mengidentifikasi dan menghapus baris duplikat di Excel. Jika Anda tidak memiliki file dengan baris duplikat sekarang, silakan unduh sumber daya kami yang berguna dengan beberapa baris duplikat yang dibuat untuk tutorial ini. Setelah Anda mengunduh dan membuka sumber daya, atau membuka dokumen Anda sendiri, Anda siap untuk melanjutkan.

Opsi 1 – Hapus Duplikat di Excel

Jika Anda menggunakan Microsoft Office, Anda akan memiliki sedikit keuntungan karena ada fitur bawaan untuk menemukan dan menghapus duplikat.

Mulailah dengan memilih sel yang ingin Anda targetkan untuk pencarian Anda. Dalam hal ini, kami akan memilih seluruh tabel dengan menekan Ctrl+A pada Windows atau Command+A pada Mac.

Setelah Anda berhasil memilih tabel, Anda perlu mengklik tab Data di bagian atas layar dan kemudian pilih “Hapus Duplikat” di kotak drop-down Data Tools seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Setelah Anda mengkliknya, kotak dialog kecil akan muncul. Anda akan melihat bahwa baris pertama secara otomatis telah dibatalkan pilihannya. Alasan untuk ini adalah bahwa kotak Data Saya Memiliki Header dicentang.

Dalam hal ini, kami tidak memiliki header karena tabel dimulai dari Baris 1. Kami akan membatalkan pilihan kotak Data Saya Memiliki Header. Setelah Anda melakukannya, Anda akan melihat bahwa seluruh tabel telah disorot lagi dan bagian “Kolom” berubah dari “duplikat” menjadi “Kolom A, B, dan C.”

Sekarang seluruh tabel dipilih, Anda cukup menekan “OK” untuk menghapus semua duplikat. Dalam hal ini, semua baris dengan informasi duplikat kecuali satu telah dihapus dan detail penghapusan ditampilkan di kotak dialog popup.

Opsi 2 – Penyaringan Lanjutan di Excel

Alat kedua yang dapat Anda gunakan di Excel untuk Mengidentifikasi dan menghapus duplikat adalah Filter Tingkat Lanjut. Metode ini juga berlaku untuk Excel 2003. Mari kita mulai lagi dengan membuka spreadsheet Excel. Untuk mengurutkan spreadsheet Anda, Anda harus terlebih dahulu memilih semua menggunakan Ctrl+A atau Command+A seperti yang ditunjukkan sebelumnya.

Setelah memilih tabel Anda, cukup klik tab Data, dan di bagian Sort & Filter, klik “Advanced.” Jika Anda menggunakan Excel 2003, klik Data > Filters, lalu pilih “Advanced Filters.”

Sekarang Anda harus memilih kotak centang Unique Records Only.

Setelah Anda mengklik “OK”, dokumen Anda akan memiliki semua duplikat kecuali satu yang dihapus. Dalam hal ini, dua ditinggalkan karena duplikat pertama ditemukan di Baris 1.

Metode ini secara otomatis mengasumsikan bahwa ada header di tabel Anda. Jika Anda ingin baris pertama dihapus, Anda harus menghapusnya secara manual dalam kasus ini. Jika Anda benar-benar memiliki header daripada duplikat di baris pertama, hanya satu salinan dari duplikat yang ada yang akan tersisa.

Opsi 3 – Ganti

Metode ini sangat bagus untuk spreadsheet yang lebih kecil jika Anda ingin mengidentifikasi seluruh baris yang diduplikasi. Dalam hal ini, kami akan menggunakan alat Ganti sederhana yang ada di semua produk Microsoft Office. Anda harus mulai dengan membuka spreadsheet yang ingin Anda kerjakan.

Setelah terbuka, Anda harus memilih sel dengan konten yang ingin Anda temukan dan ganti serta salin. Klik pada sel dan tekan Ctrl+C pada Windows atau Command+C pada Mac.

Setelah Anda menyalin kata yang ingin Anda cari, Anda perlu menekan Ctrl+H pada Windows atau Control+H pada Mac untuk membuka ganti fungsi. Setelah selesai, Anda dapat menempelkan kata yang Anda salin ke bagian Temukan Apa dengan menekan Ctrl+V atau Command+V.

Sekarang setelah Anda mengidentifikasi apa yang Anda cari, tekan “Opsi.” Pilih kotak centang Cocokkan Seluruh Isi Sel. Alasan untuk ini adalah terkadang kata Anda mungkin ada di sel lain dengan kata lain. Jika Anda tidak memilih opsi ini, Anda dapat secara tidak sengaja menghapus sel yang perlu Anda simpan. Pastikan bahwa semua pengaturan lainnya cocok dengan yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Sekarang Anda harus memasukkan nilai di kotak Ganti Dengan. Untuk contoh ini, kita akan menggunakan angka “1.” Setelah Anda memasukkan nilainya, tekan “Ganti Semua.”

Anda akan melihat bahwa semua nilai yang cocok dengan “duplikat” telah diubah menjadi “1.” Alasan kami menggunakan nomor satu adalah karena kecil dan menonjol. Sekarang Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi baris mana yang memiliki konten duplikat.

Untuk menyimpan satu salinan duplikat, cukup tempel kembali teks asli ke baris pertama yang telah diganti dengan 1.

Sekarang Anda telah mengidentifikasi semua baris dengan konten duplikat, buka dokumen dan tahan Ctrl di Windows atau Command di Mac sambil mengklik nomor dari setiap baris duplikat seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Setelah Anda memilih semua baris yang perlu dihapus, klik kanan pada salah satu nomor berwarna abu-abu , dan pilih “Hapus.” Alasan Anda perlu melakukan ini daripada menekan tombol Delete di komputer Anda adalah karena ini akan menghapus baris, bukan hanya konten.

Setelah selesai, Anda akan melihat bahwa semua baris yang tersisa adalah nilai unik.

Itulah berita seputar Cara Menghapus Baris Duplikat di Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.