Cara Menghapus Cache Spotify

Device Links
AndroidiPhoneDevice Missing?
Jika Anda menggunakan Spotify secara teratur, Anda mungkin menyadari bahwa hard drive Anda terisi penuh meskipun Anda belum mengunduh sesuatu yang baru. Itu karena Spotify menyimpan file di komputer Anda untuk memungkinkan aplikasinya berjalan lebih cepat. Meskipun ini sangat nyaman, ini bisa menjadi masalah jika Anda selalu kehabisan ruang disk.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang memori cache, mencari tahu bagaimana Spotify menggunakannya untuk meningkatkan layanannya dan menemukan tip untuk menghapus Spotify cache di komputer atau ponsel Anda.

Apa itu Memori Cache?

Dalam komputasi, memori cache mewakili bagian dari total ruang penyimpanan yang digunakan oleh perangkat lunak (atau bahkan perangkat keras) untuk menyimpan data tertentu guna mempercepat proses ekstraksi data. Dengan kata lain, memori cache memungkinkan perangkat lunak untuk mengambil informasi yang Anda minta lebih cepat, cukup dengan menyimpan dan “mengingat” data saat Anda menggunakan perangkat lunak.

Meskipun memori cache membantu perangkat lunak berjalan lebih lancar, ini dapat memperlambat komputer Anda secara signifikan , tablet, atau perangkat seluler setelah beberapa saat. Seperti yang bisa Anda tebak, masalah terjadi ketika memori cache tidak dibersihkan.

Karena Spotify adalah salah satu layanan musik digital paling populer saat ini, penggunanya harus tahu cara membersihkan cache-nya. Jika tidak, itu dapat “memakan” penyimpanan perangkat mereka, meninggalkan mereka dengan ruang yang tidak cukup untuk menginstal perangkat lunak baru. Jika Anda ingin membongkar semua lagu yang Anda unduh daripada menghapus cache, kami memiliki artikel tentang itu di sini.

Bagaimana Spotify Menggunakan Memori Perangkat Anda?

Spotify menggunakan memori yang tersedia karena dua alasan. Alasan pertama adalah untuk menyimpan musik sementara, atau potongan musik untuk streaming, juga dikenal sebagai caching.

Alasan kedua adalah untuk menyimpan musik yang diunduh jika Anda menggunakan Spotify Premium dan ingin perpustakaan Anda tersedia untuk streaming offline.

Tentu saja, kami tertarik dengan alasan pertama, jadi mari kita jelaskan sedikit lebih jauh.

Setiap kali Anda melakukan streaming lagu dari Spotify, perangkat lunak akan menyimpan lagu tersebut di suatu tempat di memori perangkat Anda. Dengan melakukan ini, Spotify akan dapat memutar lagu yang sama dari memori cache secara langsung alih-alih menghubungkan dan mengalirkannya dari server.

Ini berarti semakin sering Anda menggunakan Spotify, semakin sedikit memori yang akan dimiliki perangkat Anda. Itu sebabnya membersihkan memori cache perangkat Anda sesekali diperlukan.

Bagian berikut akan menunjukkan caranya.
Membersihkan Spotify Cache

Karena Spotify tersedia untuk hampir semua sistem operasi, langkah-langkah untuk membersihkan cache Spotify Anda bergantung pada OS yang dijalankan perangkat Anda .
Hapus Cache Spotify di Mac

Jika perangkat Anda menjalankan macOS, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut untuk menghapus cache Spotify:

Buka Finder dan klik ‘Go’ di bagian atas Mac Anda. Kemudian klik ‘Computer.’

Klik dua kali pada Macintosh Anda dan pilih ‘Users.’ Kemudian pilih profil tempat Anda membersihkan cache.

Pilih folder Library.

Cari folder Cache dan buka.

Cari “com.spotify .client”.

Hapus folder yang terletak di dalam “com.spotify.client”. Anda dapat menarik dan melepaskan ini ke tempat sampah, atau menggunakan Control+klik untuk mengakses menu untuk menghapus file.

Jika Anda juga ingin menghapus cache file offline, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut:
Masuk ke Perpustakaan.Pilih Dukungan Aplikasi Klik pada Spotify Proses penghapusan cache akan bergantung pada tempat Anda mengunduh versi Spotify dari.

Jika Anda telah mengunduh Spotify dari situs resmi, lakukan hal berikut:
Buka disk lokal Anda (biasanya berlabel C).Pilih Pengguna.Pilih folder nama pengguna Anda. Klik AppData dan pilih Lokal. Di folder Lokal, klik Spotify. Hapus folder Penyimpanan.
Jika Anda mendapatkan aplikasi dari Windows Store, inilah yang harus dilakukan:
Ketik “appdata” ke bilah pencarian komputer Anda. Pilih AppData dari hasil.Klik Paket.Pilih SpotifyAB.SpotifyMusic_zpdnekdrzrea0.Buka LocalCache dan masuk ke folder Spotify.Buka Data.Hapus semua file dan folder yang ditemukan di folder Data.Hapus Cache Spotify di iPhone

Untuk menghapus cache Spotify, Anda harus mengunjungi Pengaturan ponsel Anda dan ketuk Umum. Ketuk Penyimpanan iPhone, dan cari ‘Spotify.’ Ketuk dan pilih ‘Offload App.’

Dengan membersihkan cache di perangkat lain, ini akan menghapus file dan data tersimpan yang tidak perlu. Melakukan langkah-langkah ini seharusnya tidak menghapus daftar putar Anda dalam aplikasi atau kredensial login Anda.

Dengan asumsi Anda masih mengalami masalah dengan penyimpanan Spotify, Anda dapat menghapus dan menginstal ulang aplikasi baru, tetapi Anda harus masuk lagi.
Clear Spotify Cache di Android

Jika Anda pengguna Android, lakukan hal berikut untuk menghapus cache aplikasi Spotify Anda:
Buka Pengaturan di ponsel Anda dan ketuk Aplikasi (atau Aplikasi tergantung pada versi OS Android). Cari dan ketuk Spotify.Tap ‘ Penyimpanan.’Ketuk ‘Hapus Cache.’
Serupa dengan petunjuk iOS di atas, melakukan ini tidak akan menghapus kredensial login Anda (tetapi opsi ‘Hapus Data’ akan menghapusnya). Jika Anda terus mengalami masalah penyimpanan dengan Spotify, hapus data atau hapus dan instal ulang aplikasi sama sekali.
Hapus Cache di Spotify

Anda juga dapat menghapus cache Spotify dari dalam aplikasi. Petunjuknya sedikit berbeda tergantung pada OS yang Anda gunakan tetapi memulainya sama.

Buka Spotify dan ketuk roda Pengaturan di sudut kanan atas.

Jika Anda menggunakan iOS, ketuk ‘Penyimpanan’. Lalu, ketuk ‘Hapus Cache.’

Jika Anda menggunakan Android, ketuk ‘Hapus Cache.’

Kosongkan Lebih Banyak Ruang di Perangkat Anda

Terlepas dari perangkat apa yang Anda gunakan, memastikan bahwa selalu ada ruang penyimpanan yang cukup sangat penting jika Anda ingin perangkat berfungsi dengan baik.

Seperti setiap perangkat perangkat lunak yang Anda jalankan di perangkat Anda, Spotify mengandalkan memori untuk memberikan layanan yang optimal tanpa menghabiskan terlalu banyak bandwidth Anda. Baik Anda ingin mengosongkan ruang penyimpanan atau menghapus lagu yang telah Anda unduh untuk didengarkan secara offline, Anda dapat melakukannya dengan mengosongkan cache Spotify.