Cara Menghapus File Sementara di PC Windows 10 atau 11

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Setelah komputer Anda mulai lamban, itu pertanda bahwa Anda perlu mengosongkan beberapa ruang. Biasanya, menghapus file-file sementara adalah tempat yang sangat baik untuk memulai.

Dalam artikel ini, Anda akan belajar bagaimana melakukan proses sehingga Anda dapat mengosongkan ruang dari hard disk Anda dan pada akhirnya meningkatkan kinerja komputer Anda. Lanjutkan membaca untuk mengetahui lebih lanjut.

Cara Menghapus File Sementara di Windows 11 PC

File sementara menyimpan data file sementara saat sedang dibuat atau diedit. File-file ini tidak berguna setelah file dibuat atau dimodifikasi.

Sayangnya, komputer tidak secara otomatis menghapus file-file sementara yang menyebabkan mereka menempati banyak ruang hard drive Anda tanpa alasan. Oleh karena itu, menghapus file sementara adalah praktik yang baik yang akan memberi komputer Anda peningkatan kinerja ekstra.

Untuk menghapus file sementara di PC Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut:
Di komputer Anda, buka “Pengaturan.” Buka “Sistem” dan navigasikan ke “Penyimpanan.” Di bawah bagian “Disk Lokal (C :)”, klik “File sementara.” Jika Anda tidak segera melihat opsi tersebut, klik “Tampilkan lebih banyak kategori” untuk menampilkan kategori penyimpanan tersembunyi. Pilih semua file yang ingin Anda hapus dan tekan tombol “Hapus file”. Klik “Lanjutkan” untuk menyelesaikan penghapusan.
Proses penghapusan mungkin memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan, tergantung pada ukuran file yang Anda hapus. Jika prosesnya memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan, Anda dapat melanjutkan tugas lain di komputer Anda tanpa khawatir akan mengganggu prosesnya. Juga, pastikan untuk me-restart komputer Anda setelah proses selesai.

Atau, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
Pada komputer Windows 11 Anda, klik ikon pencarian dan ketik “%temp%”.Buka hasil pertama yang muncul.Pilih semua file di folder “Temp” dengan menekan tombol “Ctrl” + “A”. Tekan tombol “Hapus”.
Jika Anda melihat pop-up dengan pesan yang memberi tahu Anda bahwa Anda tidak dapat menghapus file, tekan tombol “Lewati”. Juga, perhatikan bahwa Anda tidak dapat memulihkan file sementara setelah dihapus. Untuk alasan itu, selalu ada baiknya untuk memiliki cadangan file yang Anda anggap penting sebelum melanjutkan dengan tindakan.

Cara Menghapus File Sementara di Windows 11 Menggunakan Storage Sense

Metode lain untuk menghapus file sementara dari PC Windows 11 Anda adalah menggunakan ” Fitur Penyimpanan Sense”. Berikut cara melakukan prosesnya:
Di komputer Anda, buka “Pengaturan.” Buka “Sistem” dan kemudian “Penyimpanan.” Dari opsi, pilih “Storage Sense.” Centang kotak di bawah bagian “Pembersihan file sementara” .Jika Anda ingin menghapus file sementara secara otomatis setelah periode yang telah ditentukan, aktifkan opsi “Pembersihan konten pengguna otomatis” dan tentukan frekuensi pembersihan. Tentukan apakah Anda ingin konten dibersihkan secara otomatis dari recycle bin atau folder unduhan. Anda juga dapat menentukan menghapus file yang telah diunggah ke OneDrive Anda. Setelah Anda selesai mengatur konfigurasi pilihan Anda, klik “Jalankan Storage Sense now.”
Cara Menghapus File Sementara di Windows 10 PC

Menghapus file sementara di Windows 10 adalah sedikit berbeda dengan melakukannya di Windows 11. Namun, ini relatif sederhana. Berikut cara melakukannya:
Tekan tombol “Windows + R” untuk membuka perintah “Run”. Dari menu, pilih “Run.” Di bidang teks, ketik “% temp%” dan klik “OK.” Pilih semua temporary files dengan menekan tombol “Ctrl+A”, lalu tekan tombol “Delete”.
Cara Menghapus Temporary Files Menggunakan Temp Command

Untuk menghapus temporary files menggunakan perintah “temp”, ikuti langkah berikut:
Pada Windows 10 Anda PC, cari “Jalankan” dan klik “Buka.” Di bidang teks, ketik “temp”. Klik tombol “OK”. Pilih semua file di folder “temp” dan tekan tombol “Hapus” .Kosongkan tempat sampah untuk memastikan file sementara terhapus secara permanen.
Cara Menghapus File Sementara Menggunakan Prefetch

Cara lain untuk menghapus file sementara di komputer Windows 10 adalah dengan menggunakan perintah “prefetch”. Inilah cara melakukan proses.
Tekan pintasan “Win + R” untuk membuka aplikasi “Jalankan”. Atau, cari “Jalankan” dan pilih perintah pertama yang muncul. Di bidang teks yang tersedia, ketik “prefetch”. Klik tombol “OK. Pilih semua file di folder “Prefetch” dan tekan tombol “Hapus” .Buka desktop komputer Anda dan hapus semua file di “Recycle bin.” Sekarang, semua file sementara Anda telah berhasil dihapus.
Cara Mencegah Folder Temp Cepat Terisi

Jika folder Temp Anda cepat penuh dan kemungkinan karena file aplikasi yang digunakan Microsoft Store. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus menyetel ulang Microsoft Store, mengosongkan cache, dan memecahkan masalah Pembaruan Windows.

 Pertama, mari kita lakukan proses untuk pengguna Windows 10.

Berikut cara menyetel ulang Microsoft Store:
Buka “Pengaturan” dan buka “Perbarui & Keamanan.” Klik “Pemecahan Masalah” dan buka “Aplikasi Windows Store.” Dari opsi, pilih “Jalankan pemecah masalah.”
Untuk menghapus cache di Microsoft Store, ikuti langkah-langkah ini
Tekan tombol “Windows + R” di komputer Anda. Di bidang teks, ketik “wsreset.exe” dan tekan “OK.” Tunggu hingga prompt perintah terbuka, dan Microsoft Store akan memulai ulang secara otomatis. “Update & Security.” Buka halaman “Troubleshoot” dan arahkan ke “Windows Update.” Klik “Run the troubleshooter.”
Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, restart PC Anda dan amati apakah solusinya bekerja.

Untuk Windows 11 pengguna, ikuti langkah-langkah ini untuk mencegah file Temp Anda terisi cepat.
Buka “Pengaturan” dan navigasikan ke “Sistem.” Buka halaman “Pemecahan Masalah”. Pilih “Aplikasi Windows Store” dan klik tombol “Jalankan”. Tekan tombol “Windows + R”, dan ketik “wsreset. exe” di bidang teks. Klik “OK” Sekarang buka “Pengaturan” lalu “Sistem.” Pada halaman “Sistem”, buka “Pemecahan masalah” dan pilih “Pemecah masalah lainnya. Pilih tombol “Jalankan” di sebelah “Pembaruan Windows .”Mulai ulang komputer Anda dan periksa untuk melihat bahwa masalah telah teratasi.
Tanya Jawab Umum Tambahan
Apakah saya akan kehilangan data penting di komputer saya jika saya menghapus file sementara?

Anda tidak akan kehilangan data penting di komputer jika Anda menghapus file sementara. File sementara dibuat untuk menyimpan sementara data file selama pembuatan atau modifikasinya. Setelah operasi ini selesai, file-file sementara tidak berisi data penting apa pun.

Menyingkirkan Kekacauan

File sementara dapat dengan cepat memakan ruang komputer Anda dan mengganggu kinerja, terutama ketika menumpuk. Karena alasan itu, selalu ada baiknya untuk menghapusnya jika Anda melihat komputer Anda tertinggal. Untungnya, prosesnya relatif mudah. Cukup hapus konten di “folder Temp,” dan Anda siap melakukannya.

Sudahkah Anda menghapus file sementara di PC Windows Anda? Jika demikian, bagaimana pengaruhnya terhadap kinerja komputer Anda? Silakan bagikan pengalaman Anda dengan kami di bagian komentar di bawah.