Cara Menghapus File yang Terbuka di Program Lain

Computers adalah keajaiban multi-tugas, tetapi terkadang Anda perlu menghapus file yang sudah terbuka di masalah lain. Jika Anda menerima pesan kesalahan, “Tindakan tidak dapat diselesaikan karena file dibuka di program lain,” Anda berada di tempat yang tepat.

Artikel ini akan menguraikan berbagai metode untuk menghapus file itu, bahkan jika Windows menggunakan itu di program lain.

Coba Menutup Program

Salah satu perbaikan paling mudah untuk menghapus file yang digunakan di program lain adalah menutup program yang menggunakannya. Jika file yang ingin Anda hapus berada dalam file “exe” dari suatu program, coba tutup program terlebih dahulu, lalu coba hapus file tersebut lagi.

Anda juga dapat mencoba me-restart PC Anda untuk menutup program yang sedang berjalan atau menutup aplikasi yang mungkin menggunakan program yang ingin Anda hapus. Misalnya, jika Anda ingin menghapus video, pastikan pemutar video ditutup.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengetahui cara menutup program yang sedang berjalan:
Cari aplikasi “Run” di bilah pencarian Windows Anda.Di kolom “Run ”, ketik: Resmon.exeBuka tab Unit Pemrosesan Pusat (CPU) di sudut kiri atas dan pilih proses opsional. Perluas opsi “Pegangan Terkait” dengan mengklik panah di sudut kanan. Cari file Anda ingin dihapus, lalu tutup proses dengan pegangan.
Empty Recycling Bin

Jika kesalahan terus terjadi, Anda mungkin dapat menyelesaikannya dengan membersihkan recycle bin komputer.

Untuk mengosongkan tempat daur ulang, lakukan hal berikut:
Klik kanan pada ikon “Recycling Bin”. Pilih opsi “Empty Recycling Bin.” Coba hapus file Anda lagi.
End the Windows Explorer Process and Restart It

Terkadang, file dapat terkunci, tetapi menutup Windows Explorer dapat memberikan perbaikan sementara. Setelah mengakhiri Proses File Explorer, Anda dapat melanjutkan dengan menghapus file Anda.

Jika Anda ingin mencoba opsi ini, ikuti langkah berikut:
Temukan Pengelola Tugas di bilah pencarian atau tekan pintasan “Ctrl + Alt + Hapus”. Tab “Processes”, cari “Windows Explorer” dan klik tombol “Restart” di sudut kanan bawah. Buka kembali Task Manager dan buka tab “Details” di sudut kanan atas. Temukan file “explorer.exe” , pilih, dan tekan tombol “End Task”. Buka “File” dan tekan opsi “Run New Task.”Masukkan “Explorer,” dan tekan Enter. Pilih tombol “OK”.
Disable Windows Search

Jika “Windows Search ” menyebabkan masalah ini, Anda dapat menyelesaikannya dengan menonaktifkannya sama sekali. Namun, jika Anda sering menggunakan opsi ini, Anda mungkin harus melewatinya dan pindah ke solusi berikutnya.
Ketik “Opsi Pengindeksan” di bilah pencarian dan buka. Tekan opsi “Ubah”. Nonaktifkan lokasi pengindeksan dengan menghapus centang semuanya , lalu tekan “OK” untuk menyimpan perubahan. Buka aplikasi “Layanan”, cari “Pencarian Windows” pada daftar drop-down, dan klik dua kali. Atur ‘Startup” ke “Disabled.” Klik tombol “Stop ” untuk menghentikan layanan. Tekan “Terapkan” dan “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.
Menggunakan Optimalkan untuk Mengaktifkan Penghapusan File

Untuk mengatasi kesalahan yang terus terjadi saat Anda mencoba menghapus file, mungkin yang harus Anda lakukan hanyalah menggunakan “ Optimalkan” sebagai opsi. Ikuti langkah selanjutnya untuk mengetahui caranya:
Buka direktori yang menyimpan file. Klik kanan pada ruang kosong di jendela dan pilih opsi “Properties”. Buka tab “Customize” di sudut kanan atas dan pilih opsi “Optimalkan Folder Ini.” Centang kotak: “Juga Terapkan Template Ini ke Semua Subfolder.” Klik “OK” dan “Terapkan” untuk menyimpan perubahan Anda.
Periksa apakah Program Sedang Berjalan di Latar Belakang

Beberapa program mungkin tetap berjalan di latar belakang bahkan ketika Anda menutupnya karena berbagai tugas diatur untuk dijalankan. Untuk memeriksa apakah program yang ingin Anda hapus berjalan di latar belakang, lihat langkah-langkah ini:
Buka “Task Manager” melalui bilah pencarian atau gunakan pintasan “Ctrl + Alt + Delete”. Klik opsi “Detail” di pojok kiri bawah. Cari program yang ingin Anda hapus di tab “Processes”. Klik program tersebut lalu pilih opsi “End Task” di pojok kanan bawah.
Anda seharusnya dapat menghapus file sekarang.

Force-Delete a File in Use With Unlocker

Jika Anda tidak tahu program mana yang digunakan oleh file yang ingin Anda hapus, Anda dapat mencoba membukanya dengan aplikasi Unlocker. Aplikasi ini akan menghentikan program dari menjalankan file, memungkinkan Anda untuk menghapusnya.

Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk mengetahui caranya:
Download Unlocker dan ikuti petunjuk untuk menginstalnya.Klik kanan file yang ingin Anda hapus.Pilih “IObit Buka kunci” dari menu. Ketika “Kontrol Akun Pengguna” meminta izin, klik “Ya” untuk melanjutkan. Klik pada file yang ingin Anda hapus, lalu klik opsi “Buka Kunci.” Dari menu tarik-turun, klik pengaturan “Buka kunci dan Hapus.”
Jika file masih tidak dapat dihapus atau dibuka, ulangi langkah 1-4. Sebelum melakukan langkah kelima, centang kotak di sebelah opsi “Mode Paksa”.

Ada cara lain untuk menghapus paksa file dari perangkat Anda tanpa menggunakan “Pembuka Kunci”. Begini caranya:
Di bilah pencarian Windows, ketik “Run” dan buka aplikasi. Ketik “cmd” di bidang teks dan tekan tombol “OK”. Setelah membuka panel Command, ketik: “del / f (insert nama file yang ingin Anda hapus)
Gunakan Disk Cleanup

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin tidak dapat menghapus file tertentu karena thumbnail. Anda dapat memperbaiki masalah ini dengan menghapusnya dengan “Disk Cleanup.”

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengetahui caranya:
Cari aplikasi “Disk Cleanup” di bilah pencarian dan luncurkan. Pilih drive sistem Anda dan klik: “OK.” Komputer Anda akan mulai memindai drive, jadi Anda harus menunggu beberapa detik. Setelah pemindaian selesai, temukan thumbnail di opsi “File untuk Dihapus” dan centang kotaknya. Tekan tombol “OK” dan tunggu sementara “Disk Cleanup” menghapus file yang dipilih.
Anda harus dapat menghapus file Anda setelah ini. Jika masalah muncul kembali, ulangi proses.

Matikan Panel Pratinjau di File Explorer

Panel pratinjau di “File Explorer” juga dapat menyebabkan kesalahan ini saat menghapus file, tetapi menonaktifkannya dapat menyelesaikan masalah penghapusan file.
Buka “File Explorer.” Pilih tab “Lihat”.Klik pada panel “Pratinjau” untuk menutupnya.Jika panel “Pratinjau” berwarna biru, klik untuk menonaktifkannya.
Errors Dilucuti, File Dihapus

Ada berbagai cara untuk mengatasi masalah penghapusan saat komputer Anda menggunakan file di program lain. Sayangnya, tidak ada perbaikan yang mudah, tetapi setiap solusi relatif mudah untuk dieksekusi. Dan sekarang Anda memiliki gudang solusi yang Anda inginkan untuk waktu berikutnya Anda melihat pesan yang ditakuti itu.

Apakah Anda memiliki metode favorit untuk menghapus file ketika Anda melihat pesan kesalahan ini? Bagikan pengalaman Anda di bagian komentar di bawah.