Cara Menghapus Garis Tabel dari Google Documents

Sejak dirilis, Google Documents telah membuat kerja online kolaboratif menjadi sebuah impian. Anda dapat menggunakan aplikasi browser seperti MS Word yang berbasis Cloud dan memungkinkan opsi kolaborasi yang unik. Meskipun Google Documents cukup banyak dimodelkan setelah MS Word, perbedaan masih ada.

Namun, Google Documents hadir dengan banyak opsi pemformatan yang berguna. Namun, opsi ini mungkin agak rumit bagi pengguna baru. Beberapa ada di sana, di wajah Anda. Sementara yang lain, seperti tabel dan batas, sedikit kurang jelas. Berikut cara menghapus baris tabel di Google Documents, serta beberapa tip pemformatan berguna lainnya.

Menghapus Batas Tabel

Pertama, Anda harus membuat tabel. Untuk melakukan ini, navigasikan ke menu Sisipkan di bagian atas dokumen Google Anda dan klik. Arahkan kursor ke Tabel di menu tarik-turun yang muncul. Sekarang, pilih ukuran tabel (dimensi kolom x baris) dan klik untuk mengonfirmasi. Anda akan melihat tabel di dokumen Anda.

Jika Anda mengklik kanan tabel, Anda akan melihat opsi seperti Hapus baris,Hapus kolom, Hapus tabel, Distribusikan baris, Distribusikan kolom, dan seterusnya. Jika Anda ingin menghapus batas tabel, temukan opsi Properti tabel di daftar klik kanan dan klik itu.

Menu baru akan muncul dari kanan, memungkinkan Anda mengakses opsi tabel lanjutan. Dari menu ini, Anda dapat mengatur lebar kolom, tinggi baris minimum, padding sel, perataan tabel, indentasi, dan sebagainya. Yang terpenting, menu Warna memungkinkan Anda untuk mengatur opsi batas tabel.

Untuk menghilangkan batas, Anda memilih warna putih di opsi batas, bukan? Nah, ini akan berfungsi ketika latar belakangnya berwarna putih. Namun, jika latar belakang harus berubah karena alasan apa pun, batas putih akan terlihat dan Anda harus mencocokkan warna latar belakang lagi.

Selanjutnya, ini dapat menyebabkan beberapa masalah penyelarasan. Sebagai aturan praktis, semakin kecil batasnya, semakin baik perataan Anda.

Cara terbaik untuk melakukannya di sini adalah mengubah ukuran batas menjadi 0 pt. Ini benar-benar akan membuat batas tabel tidak terlihat.

Tips Pemformatan Berguna Lainnya

Ada banyak hal keren yang sebenarnya dapat dilakukan Google Documents. Ini mungkin tidak terlihat dan aplikasinya mungkin terlihat seperti versi sederhana dari MS Word, tetapi jelas tidak.

Fonts

Ketika Anda melihat bilah alat di Google Documents, itu mungkin cukup familiar. Bagaimanapun, itu dibangun setelah bilah alat Word. Saat Anda mengklik menu tarik-turun font, Anda akan melihat sejumlah font keren untuk dipilih. Namun, ini jauh dari jumlah yang ditawarkan Word.

Anda mungkin tidak mengetahuinya, tetapi Google Documents memiliki lusinan font lainnya di menu tarik-turun yang sama. Cukup navigasikan ke Lebih banyak font dan jendela baru akan terbuka. Di sini, Anda akan melihat sejumlah besar font menarik untuk dipilih.

Templates

Beberapa orang lebih suka menangani pemformatan sendiri. Mereka menyukai kebebasan dan aspek kreatif yang terlibat. Bagi kebanyakan orang, ini hanya membuang-buang waktu mereka. Memformat dokumen Anda sendiri mungkin tampak seperti tugas yang sederhana tetapi memiliki kecenderungan yang agak menakutkan.

Meskipun MS Word juga dilengkapi dengan satu set template, Google Drive sering memperbaruinya dan menawarkan pilihan yang lebih luas dan lebih baik.

Daripada memulai dari awal , Anda dapat menggunakan salah satu template prasetel yang tersedia di Google Documents dan bekerja dari sana. Bagian terbaiknya di sini adalah Anda dapat mengundang seseorang untuk berkolaborasi dalam dokumen. Ini berarti Anda dapat, misalnya, mengundang mentor Anda untuk membantu Anda membuat resume yang sempurna.

Pemformatan yang Jelas

Terkadang, Anda ingin menempelkan kutipan atau isi teks ke dalam dokumen Anda. Kemungkinan besar, pemformatan tidak akan cocok dan Anda akan berakhir dengan bagian yang tidak pantas. Untuk menghindari hal ini, Anda tidak perlu menulis ulang seluruh bagian dengan tangan. Ada dua cara untuk menghapus pemformatan bagian, menyelaraskannya dengan pemformatan Google Doc yang Anda pilih.

Cara pertama adalah klik kanan di mana Anda ingin bagian itu pergi dan pilih Tempel tanpa pemformatan. Jika Anda menyalin beberapa bagian secara bersamaan, lanjutkan dan gunakan perintah Ctrl + V saat menempel. Kemudian, setelah selesai, pilih semua yang telah Anda tempel dari suatu tempat dengan pemformatan berbeda, navigasikan ke Format di bilah alat, dan pilih Hapus pemformatan.

Tombol Aksen Bahasa

Saat Anda menulis teks dalam bahasa Prancis, tentu saja Anda akan menggunakan keyboard virtual Prancis. Ini berlaku untuk bahasa lain. Namun, jika Anda sedang mengerjakan teks dalam bahasa Inggris tetapi berencana menyebutkan beberapa kata Prancis, Anda mungkin memerlukan tombol aksen untuk pemformatan profesional yang sempurna.

Ada add-on yang akan membuat hidup Anda lebih mudah dalam hal ini . Anda dapat menemukannya dengan membuka dokumen Google Anda dan mengklik Add-ons, yang terletak di toolbar. Jelajahi ekstensi terkait aksen dan temukan ekstensi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pengaya ini berfungsi dengan menambahkan bilah alat ke sisi halaman Anda, dengan berbagai simbol untuk dipilih. Sekarang, daripada harus menempelkan simbol dari Google atau harus menghafal kode Alt + [insert code], menambahkan simbol hanya dengan sekali klik.

Menambahkan Halaman Baru

Secara default, setiap dokumen Google akan otomatis menambahkan halaman baru saat Anda mengetik pergi. Namun, jika ini sepertinya tidak pernah terjadi dan Anda memerlukan fitur ini, Anda dapat menambahkan halaman baru secara manual.

Untuk melakukannya, arahkan kursor ke lokasi yang Anda inginkan untuk memisahkan halaman dan klik kiri di sana. Kemudian, navigasikan ke Sisipkan di bilah alat dan klik Istirahat. Kemudian, pilih Page Break.

Tabel Google Documents dan Pemformatan

Google Documents memberi Anda banyak opsi pemformatan untuk dikerjakan. Pastikan Anda mempelajari cara menghapus batas tabel dengan benar dan mencoba semua tip dan trik pemformatan lain yang disebutkan.

Opsi pemformatan apa lagi yang Anda gunakan di Google Documents? Apakah Anda belajar tentang yang baru di sini? Jangan ragu untuk menekan bagian komentar di bawah ini dengan pertanyaan dan tip apa pun.