Cara Menghapus Instalasi Game Steam

Kecuali Anda telah hidup di bawah batu beberapa tahun terakhir ini, Anda mungkin tahu apa itu Steam. Tetapi bagi Anda yang tidak, platform Steam adalah pelopor dalam distribusi game digital modern, yang membuat pembelian dan pemasangan video game lebih mudah daripada sebelumnya. Steam telah memungkinkan gamer untuk membeli judul game terbaru dan menyimpannya di perpustakaan yang terletak di platform untuk akses mudah.

Untuk waktu yang lama, Steam memiliki sedikit atau tidak ada persaingan di pasar khusus ini. Itu sampai Epic Games memutuskan untuk ikut beraksi, menciptakan toko Epic Games baru. Platform terbaru berusaha untuk melengserkan Steam dengan perpustakaan judul digitalnya sendiri dan memiliki banyak pengguna Steam lama yang melompat. Apakah Anda termasuk dalam grup ini atau tidak, penyimpanan PC umumnya terbatas yang berarti permainan yang berlebihan akan memakan banyak waktu. dari ruang hard drive Anda. Selama setiap judul melihat jam bermain yang konsisten, ini mungkin tidak menjadi masalah. Namun, penjualan Steam cenderung terlalu bagus untuk dilewatkan dan Anda mungkin terbebani oleh game baru yang Anda inginkan versus yang belum Anda mainkan. Anda mungkin perlu mengosongkan sedikit ruang dengan mencopot pemasangan beberapa game yang tidak Anda rencanakan dalam waktu dekat.

 

Mencopot Pemasangan Game Dari Platform Steam

Steam membuatnya relatif mudah untuk mencopot dan menginstal ulang game apa pun yang Anda telah membeli. Bahkan setelah Anda menghapus game dari PC Anda, judulnya akan tetap muncul di perpustakaan Steam Anda untuk berjaga-jaga jika Anda ingin menginstalnya kembali nanti. Game yang dibeli akan mengikat akun Anda secara permanen sehingga Anda tidak perlu khawatir akan hilang.

Proses uninstal game di Steam hampir semudah menginstalnya. Ada beberapa cara untuk mencopot pemasangan game dari Steam. Anda dapat melakukannya langsung di platform itu sendiri, melalui fitur program tambah/hapus windows Anda, atau melalui folder Steamapps yang terletak di File Explorer.

Menghapusnya di platform itu sendiri adalah metode yang disarankan karena merupakan yang termudah dan tercepat dari ketiganya. Anda harus mengetahui kata sandi Steam Anda, jadi pastikan Anda memilikinya sebelum melanjutkan.

Artikel ini akan memberi Anda panduan langkah demi langkah tentang cara mencopot pemasangan game Steam, menghemat ruang yang sangat dibutuhkan di komputer Anda, dan membersihkan diri Anda sendiri permainan yang tidak dapat atau tidak ingin Anda mainkan lagi. Mari kita mulai.

 

Uninstal Game Steam di Steam

Kita akan mulai dengan metode apa yang paling mudah dan tercepat untuk menghapus game – langsung melalui Steam itu sendiri.

Yang perlu Anda lakukan pertama adalah:
Luncurkan klien Steam dan login menggunakan kredensial Anda. Selanjutnya, klik tab Library di menu navigasi atas. Klik kanan game yang ingin Anda uninstal di perpustakaan, lalu klik Copot pemasangan dari menu tarik-turun. Anda akan menerima jendela konfirmasi sebelum penghapusan. Steam akan mengonfirmasi dengan Anda apakah Anda ingin menghapus game sepenuhnya.Klik tombol Hapus setelah Anda siap untuk mencopot pemasangan game.
Judul game yang dihapus sekarang akan tampak berwarna abu-abu di perpustakaan Steam Anda.

 

Penghapusan Melalui Aplikasi Windows dan Features

Anda secara teknis tidak dapat mengabaikan kebutuhan untuk masuk ke akun Steam Anda menggunakan metode ini. Jika itu niat Anda, saya minta maaf tetapi itu tidak akan berhasil. Metode ini dirancang untuk seseorang yang lebih suka tidak berurusan dengan Steam secara langsung selama proses penghapusan. Sama seperti aplikasi Windows lainnya yang telah Anda instal atau hapus, Anda dapat melakukan hal yang sama dengan game Steam Anda melalui menu Program dan Fitur Windows sendiri.

Ini adalah cara yang baik untuk menghapus game Steam dari PC Anda sekaligus membersihkan beberapa hal lainnya mengambil ruang. Jadi, jika ini adalah rencana Anda, Anda harus:
Masuk ke jendela Program dan Fitur. Anda dapat melakukan pencarian di bagian pencarian bilah tugas dengan mengetikkan “program dan fitur” atau “Aplikasi & fitur” lalu mengklik dia. Klik kanan ikon Mulai di kiri bawah layar desktop dan klik Pengaturan dari menu. Klik Aplikasi. Klik kiri ikon Mulai dan kemudian klik ikon Pengaturan. Klik Aplikasi. Selanjutnya, gulir ke game yang ingin Anda hapus instalannya dan klik kiri di atasnya untuk membuka menu. Klik tombol Copot Pemasangan untuk memulai proses. Saat ini, Anda akan dibawa ke layar masuk Steam. Masuk dengan kredensial yang sesuai. Anda akan disajikan dengan kotak konfirmasi akhir. Klik Hapus untuk menyelesaikan uninstall.
 

Hapus Game Dari Folder Steamapps

Meskipun metode yang telah dibahas adalah opsi yang lebih baik, Anda dapat memilih untuk menghapus game secara manual dengan membuka File Explorer. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa game telah dihapus sepenuhnya dari sistem Anda. Itu tidak berarti permainan akan dihapus dari perpustakaan Steam tetapi pasti akan hilang dari mesin Anda secara keseluruhan.

Jika ini adalah pendekatan yang ingin Anda ambil maka:
Navigasi ke folder instalasi Steam Anda, saat menjalankan Windows 10, lokasi instalasi default adalah C:Program Files (x86)Steam. Setelah berada di folder Steam, cari dan buka folder steamapps. Ikuti ini dengan menuju ke folder Common, di sinilah Anda akan dapat melihat daftar lengkap game yang saat ini diinstal. Temukan game yang ingin Anda hapus, lalu sorot folder (klik kiri) dan tekan tombol Delete pada keyboard Anda. Anda juga dapat memilih untuk mengeklik kanan folder dan memilih Hapus dari opsi yang ditampilkan di menu.
Gim ini sekarang akan dihapus dari komputer Anda. Saat Anda kembali ke aplikasi Steam, game yang baru saja dicopot pemasangannya akan tetap ada di Perpustakaan tetapi akan tampak berwarna abu-abu. Untuk menghapus lebih lanjut semua keberadaan game yang pernah diinstal, Anda mungkin perlu menghapus semua konfigurasi dan juga menyimpan file. Anda biasanya dapat menemukan file-file ini di folder Game Tersimpan, folder Dokumen, atau folder AppData.

 

Memasang Ulang Game Steam Anda

Sudah cukup lama dan Anda siap menjalankan beberapa game yang dibeli tetapi tidak pernah sempat dimainkan. Namun, Anda memutuskan Anda membutuhkan ruang dan menghapus judul-judul ini. Jangan khawatir. Anda dapat menginstal ulang game apa pun dari perpustakaan Steam yang telah Anda beli sebelumnya. Ini adalah salah satu hal terbaik tentang platform Steam. Yang perlu Anda lakukan adalah mengingat nama pengguna dan kata sandi Anda untuk masuk, koneksi internet yang kuat, dan ruang yang cukup di hard drive Anda untuk judul yang ingin Anda instal.

Tidak seperti kemampuan untuk menghapus instalasi, tidak ada cara untuk menginstal ulang game yang dibeli di Steam tanpa menggunakan antarmuka Steam. Jika Anda ingin menginstal ulang game di kemudian hari:
Launch dan masuk ke Steam. Klik pada tab Library untuk mendapatkan daftar game yang Anda beli. Dari daftar itu, klik kiri pada game yang ingin Anda instal ulang. Anda memiliki beberapa opsi untuk menginstal ulang pada titik ini: Klik tombol INSTALL yang terletak tepat di bawah judul game di jendela tengah. Jendela ini akan memiliki semua informasi yang tersedia tentang game. Klik dua kali judul game. Klik kanan judul dan pilih Install dari menu drop-down. Anda akan menerima kotak dialog pop-up yang akan memberikan informasi instalasi (ruang disk yang diperlukan, ruang disk yang tersedia pada mesin Anda, perkiraan waktu download). Pilih jika Anda ingin memiliki pintasan untuk gim yang dibuat di desktop atau menu mulai, lalu klik Berikutnya. Anda akan dibawa ke Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir (EULA) yang harus Anda klik Saya Setuju untuk melanjutkan.
Layar setelahnya adalah gim yang mengunduh file yang diperlukan untuk penginstalan, diikuti oleh penginstalan yang sebenarnya.

Menghapus Steam Dari Komputer Anda

Sudahkah Anda memutuskan bahwa toko Epic Games menawarkan lebih dari apa yang bisa Anda dapatkan di Steam? Anda tidak sendirian dan jika Anda tidak ingin menggunakan Steam lagi, saya sarankan Anda mencopot pemasangannya sepenuhnya daripada menghapus game satu per satu.

Untuk menghapus Steam dari komputer Anda:
Pastikan bahwa Steam saat ini tidak berjalan di komputer Anda.Navigasi ke direktori Steam Anda. Lokasi defaultnya adalah C:Program FilesSteam atau C:Program FilesValveSteamSaya juga merekomendasikan bahwa jika Anda ingin menyimpan file game Anda untuk instalasi Steam di masa mendatang, untuk berjaga-jaga Epic Games tidak berhasil, salin folder Steamapps Anda ke tempat di luar direktori Steam Anda. Maksud saya, Anda sudah menghabiskan uang untuk permainan, apakah Anda benar-benar ingin membuang semuanya? Hapus semua isi direktori Steam Anda dengan menyorot semuanya dan menekan tombol Delete di keyboard Anda. Selanjutnya, tekan Win+R secara bersamaan untuk membuka fungsi Run, ketik “regedit” ke dalam kotak dan tekan Enter. Langkah selanjutnya yang harus diambil ditentukan oleh OS bit mana yang Anda jalankan. Untuk sistem operasi 32-bit: Di kolom sebelah kiri editor registri Anda, navigasikan ke HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREValve. Klik kanan pada Valve dan pilih Hapus. Untuk sistem operasi 64-bit: Di kolom sebelah kiri editor registri Anda, navigasikan ke HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREWow6432NodeValve. Klik kanan pada Valve dan pilih Hapus. Di kolom sebelah kiri editor registri Anda, navigasikan ke HKEY_CURRENT_USERSoftwareValveSteam. Klik kanan pada Valve pilih Delete.Close your Registry Editor.
Semua jejak Steam sekarang telah dihapus dari komputer Anda.

Menghapus Game di Steam

Seperti yang Anda lihat, ada beberapa cara untuk menghapus game dari Steam, beberapa lebih mudah daripada yang lain. Metode mana pun yang Anda sukai, semuanya harus bekerja dengan cara yang sama.

Apakah ada metode yang cocok untuk Anda? Beri tahu kami di komentar di bawah.