Cara Menghapus Latar Belakang dari Foto di PhotoPea

Photopea adalah editor foto dan grafis online yang memungkinkan pengguna untuk mengedit gambar mereka tanpa perlu berlangganan aplikasi yang mahal. Ini dapat berfungsi sebagai alternatif yang adil bahkan untuk aplikasi kelas atas seperti Photoshop dengan fitur-fitur canggihnya. Meskipun Photopea ramah pengguna, beberapa fiturnya mungkin tidak begitu jelas, seperti menghapus latar belakang.

Jika Anda perlu menghapus latar belakang yang tidak sedap dipandang dari foto yang sempurna, Photopea menawarkan beberapa solusi mudah. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang menghapus latar belakang dengan editor gambar online ini.

Cara Menghapus Latar Belakang Gambar

Mempelajari cara menghapus latar belakang gambar adalah keterampilan yang berguna. Anda akan mendapatkan PNG transparan dari subjek Anda yang dapat Anda gunakan untuk banyak tujuan, termasuk grafik lainnya. Seberapa sulit menghapus latar belakang tergantung pada kerumitan gambar Anda. Namun, ada solusi yang tepat untuk foto apa pun.

Anda dapat menghapus latar belakang gambar Anda di aplikasi Photopea dengan cara berikut:

Gunakan Alat Tongkat Ajaib

Jika latar belakang Anda sebagian besar berwarna solid, menghapusnya akan sangat mudah.
Pergi ke Photopea situs web dan buka gambar Anda. Anda akan melihat semua opsi pengimporan tepat di halaman utama.Pilih alat Tongkat Sihir di bilah sisi.Klik latar belakang untuk memilihnya.
Jika Tongkat Ajaib tidak memilih bagian dari latar belakang Anda, sesuaikan pengaturan:
Batalkan pilihan. Temukan “Toleransi” di menu atas. Itu muncul saat Tongkat Ajaib aktif. Tingkatkan angkanya, dan coba pilih kembali latar belakang hingga Anda menemukan nilai yang sesuai.
Sebaliknya, turunkan nilai Toleransi jika Tongkat Ajaib memilih bagian gambar yang tidak ingin Anda pilih. Setelah puas dengan pilihannya, cukup tekan “Hapus” pada keyboard Anda dan lihat latar belakang Anda menghilang.

Gunakan Magic Cut

Menghapus latar belakang gambar yang dulunya merupakan pekerjaan yang membosankan. Namun, Photopea memiliki alat pintar khusus untuk menghapus latar belakang, membuat tugas ini lebih mudah. Jika Tongkat Ajaib tidak berfungsi karena latar belakang yang rumit, beralihlah ke Potongan Ajaib. Berikut cara menggunakannya:
Buka situs web Photopea dan impor gambar Anda. Klik “Pilih” di bilah menu dan temukan “Potong Ajaib …” Buat pilihan Anda di jendela baru. Gunakan kuas merah untuk menandai latar belakang Anda, kuas hijau untuk menandai subjek Anda, dan kuas abu-abu untuk menghapus pilihan otomatis yang dihasilkan aplikasi.
Anda akan melihat pratinjau di jendela sisi kanan dan dapat menyesuaikan pilihan Anda. Klik “OK” di sudut kanan atas saat Anda siap. Pilihan Anda akan berada di lapisan transparan baru dengan lapisan asli tersembunyi di bawahnya.

Berikut adalah beberapa tip yang akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari alat Potong Ajaib:
Pilihan Anda akan memiliki tepi yang keras secara default. Anda dapat menyesuaikannya dengan menambah atau mengurangi angka dengan “Border” di bagian atas. Tingkatkan jumlahnya untuk mendapatkan tepi kabur. Anda tidak harus tepat dengan pilihan Anda. Cukup membuat tanda di area yang diinginkan, dan aplikasi akan secara intuitif memisahkan latar belakang dan subjek Anda. Jika Anda mengalami kesulitan melihat pratinjau, alihkan latar belakangnya dengan mengeklik salah satu kotak dengan “Latar Belakang” di kanan atas corner.
Pilih Subjek Anda Secara Manual

Sementara Magic Cut bekerja dengan baik bahkan dengan gambar yang menantang, ada juga alat yang lebih presisi. Anda dapat menghapus latar belakang foto Anda melalui pemilihan manual. Namun, Anda perlu kesabaran jika gambar Anda sangat detail.

Ada beberapa alat seleksi manual, dan Anda harus memutuskan mana yang paling sesuai dengan gambar Anda. Anda dapat menemukannya di bawah “Pilihan Persegi Panjang” dan “Tongkat Ajaib” di bilah sisi. Klik kanan alat ini untuk melihat sub-alat di bawah masing-masing.
Buka situs web Photopea dan buka gambar Anda.Pilih alat pemilihan dari menu “Pilihan Persegi Panjang” atau “Tongkat Ajaib”.Pilih subjek Anda setepat mungkin .Klik kanan pada pilihan Anda dan pilih “Inverse.” Tekan tombol “Delete” untuk menghapus latar belakang.
Ada banyak opsi yang dapat Anda sesuaikan saat memilih subjek secara manual. Berikut adalah beberapa tip:
Anda selalu dapat menambah atau mengurangi pilihan Anda dengan mengubah mode pemilihan. Klik ikon lingkaran berpotongan di menu atas saat alat pemilihan aktif. Kontrol seberapa keras tepi pilihan Anda dengan menyesuaikan nilai Feather atau dengan mengklik “Perbaiki Tepi” di menu atas. Buat pemilihan lebih mudah dengan mengubah foto terlebih dahulu . Tingkatkan kontras atau turunkan kecerahan untuk melihat subjek Anda lebih jelas. Anda dapat melakukannya pada layer duplikat dan beralih kembali ke gambar asli Anda setelah Anda menyelesaikan seleksi.
Cara Menambahkan Latar Belakang Baru

Setelah Anda menghapus latar belakang asli gambar Anda, Anda mungkin ingin menambahkan latar belakang Anda sendiri. Anda dapat melakukannya dalam langkah-langkah mudah ini:
Klik “File” dan temukan opsi “Buka dan Tempatkan …” Jelajahi komputer Anda untuk latar belakang baru dan klik “Buka” untuk memasukkan gambar ke kanvas Anda. Ubah ukuran gambar dan tekan “Enter ” atau klik tanda centang di menu atas untuk menerima perubahan. Seret layer gambar baru di bawah layer subjek Anda di menu “Layers” di sebelah kanan.
Edit Secara Profesional, Gratis

Aplikasi berbasis web seperti Photopea membuat pengeditan foto dapat diakses oleh semua orang . Menghapus latar belakang gambar Anda juga tidak perlu repot, berkat alat pintar seperti Magic Cut. Biarkan aplikasi melakukan pekerjaan berat untuk Anda atau hapus latar belakang Anda dengan alat manual untuk kontrol lebih.

Apakah Anda pernah menggunakan Photopea sebelumnya? Alat dan fitur mana yang menjadi favorit Anda? Jangan ragu untuk memberi tahu kami di komentar.

TinyWow

Tinywow adalah alat online tanpa kerumitan yang berfungsi seperti pesona dalam menghapus gambar latar belakang. Mengapa repot-repot dengan perangkat lunak berbayar ketika Anda dapat melakukannya secara gratis menggunakan TinyWow? Berikut cara melakukannya:
Kunjungi Tinywow.com di browser Anda. Arahkan mouse ke tab “Image” dan klik “Image Background Remover”. Klik “Upload from your PC or Mobile” atau “Drag some files”. Setelah foto diunggah, Anda sekarang dapat mengklik tombol “Hapus”. Anda sekarang dapat “Mengunduh” gambar yang telah berhasil menghapus gambar latar belakang.