Cara Menghapus Semua Email yang Belum Dibaca di Gmail

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Di situs web Gmail, cari “is:belum dibaca” untuk menemukan semua email yang belum dibaca. Pilih semua percakapan email yang cocok dengan pencarian Anda dan klik tombol “Hapus”. Pastikan untuk mengosongkan sampah Gmail sesudahnya.

Ingin mengirim email yang Anda terima langsung ke sampah tanpa membukanya? Jika demikian, Gmail menawarkan cara cepat untuk menemukan semua email Anda yang belum dibaca dan menghapusnya. Kami akan menunjukkan cara melakukannya dan cara mengosongkan sampah sehingga email Anda hilang selamanya.

Catatan: Mulai Oktober 2022, Anda hanya dapat menghapus semua email yang belum dibaca di versi web Gmail. Anda belum dapat melakukannya di aplikasi seluler Gmail untuk iPhone, iPad, atau Android.

Temukan dan Hapus Semua Email Gmail yang Belum Dibaca Sekaligus

Untuk mulai membersihkan kotak masuk Anda, luncurkan browser web di komputer Anda dan buka Gmail. Masuk ke akun Anda di situs.

Saat Gmail diluncurkan, di bagian atas, klik kotak telusur. Ketik yang berikut ke dalam kotak dan tekan Enter:

is:unread

Gmail akan menampilkan semua email Anda yang belum dibaca. Untuk menandai email ini agar dihapus, di bagian atas daftar email, klik kotak centang “Pilih”.

Semua email di halaman Anda saat ini sekarang dipilih untuk dihapus. Untuk memilih email yang belum dibaca yang ada di halaman lain, di bagian atas daftar email Anda saat ini, pilih “Pilih Semua Percakapan yang Cocok dengan Pencarian Ini.”

Sekarang Anda telah memilih semua email yang belum dibaca di akun Anda. Untuk menghapus email ini, di bagian atas daftar email, pilih “Hapus” (ikon tempat sampah).

Peringatan: Pastikan Anda benar-benar ingin menghapus email Anda karena Anda tidak dapat memulihkannya setelah hilang.

Gmail telah pindahkan semua email yang Anda pilih ke “Sampah.” Untuk menghapus email Anda secara permanen, di bilah sisi kiri Gmail, klik “Sampah.”

Kemudian, di sebelah kanan, pilih “Kosongkan Sampah Sekarang.”

Dan semua email Anda yang belum dibaca sekarang dihapus dari akun Gmail Anda. Nikmati kotak masuk Anda yang bersih!

Hapus Semua Email Spam yang Belum Dibaca di Gmail

Metode di atas akan menghapus semua email Anda yang belum dibaca kecuali yang ada di “Spam”. Untuk menghapus email spam yang belum dibaca, di kotak pencarian Gmail di bagian atas, ketik berikut ini dan tekan Enter:

is:unread in:spam

Saat email spam yang belum dibaca ditampilkan, di bagian atas daftar email, klik kotak centang “Pilih”.

Jika email spam Anda yang belum dibaca ada di beberapa halaman, lalu di bagian atas daftar email Anda, pilih “Pilih Semua Percakapan yang Cocok dengan Pencarian Ini.”

Untuk sekarang menghapus semua email spam Anda yang belum dibaca, di bagian atas daftar email, klik “Hapus” (ikon tempat sampah).

Email Anda sekarang telah dihapus. Untuk menghapusnya secara permanen, klik “Sampah” di bilah sisi kiri Gmail dan pilih “Kosongkan Sampah Sekarang” di sebelah kanan.

Dan hanya itu untuk membersihkan akun Gmail Anda dari email yang belum dibaca.

Ingin menghapus semua email Gmail Anda dan bukan hanya yang belum dibaca yang? Jika demikian, kami memiliki cara cepat dan mudah untuk melakukannya.

Disadur dari HowToGeek.com.