Cara Menghapus Sepenuhnya Semua Aktivitas Google Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Konsumen yang mencari cara untuk membatasi eksposur online mereka dapat mengambil pendekatan proaktif untuk mengamankan data dan aktivitas online mereka. Meminimalkan kemampuan perusahaan untuk mengumpulkan informasi pribadi Anda sederhana dan efektif. Dengan Google, Anda dapat memilih untuk menghapus Aktivitas Google Anda dan membatasi berapa banyak data online Anda yang dapat dikumpulkan.

“Bukankah Google Incognito berfungsi dan menghapus riwayat browser saya membuat data saya tetap aman?”

Jawabannya tidak sepenuhnya . Orang sering memiliki kesalahpahaman bahwa menghapus riwayat pencarian web mereka secara berkala akan cukup untuk membuat mereka tetap pribadi dan aman. Ini bukan kasusnya. Saat menggunakan tab penyamaran, anonimitas Anda masih diekspos oleh ISP Anda, dan informasi itu diberikan kepada perusahaan besar yang bersedia membayar untuk data yang dikumpulkan.

Praktik Google bisa sama teduhnya dengan algoritme mereka meskipun ada alternatif lain di luar sana yang akan memprioritaskan privasi Anda. Salah satunya adalah DuckDuckGo, yang tidak melacak pergerakan online Anda. Yang lain lebih suka menggunakan Brave. Ini adalah browser yang aman yang memungkinkan Anda untuk bertukar antara mesin pencari di waktu luang Anda.

Kemungkinan Anda akan terus menggunakan Google sebagai mesin pencari Anda, tetapi Anda mungkin ingin mengendalikan informasi yang dikumpulkan dengan menghapus beberapa, atau semua, aktivitas penjelajahan Anda. Anda perlu menghapus beberapa hal secara terpisah seperti aktivitas peta Anda jika Anda pernah mengizinkan Google untuk melacak lokasi Anda.

Bahkan jika Anda menghapus setiap bagian aktivitas Anda, Google menyimpan catatan tentang bagaimana Anda menggunakan browser webnya. Ini berarti ketika Anda melakukan pencarian, itu akan mengingat apa yang Anda cari dan kapan. Menurut Google, semua data Anda akan dihapus setelah Anda memulai penghapusan.

Anda yang ingin mempertahankan akun Google Anda harus mencari opsi lain. Opsi inilah yang akan kami sentuh dalam artikel ini.

Mengelola Kontrol Aktivitas Google Anda

Menghapus riwayat Google secara permanen akan membantu Anda mencapai tujuan menjaga keamanan identitas online Anda. Anda juga ingin menguasai personalisasi Kontrol Aktivitas Anda.

Aktivitas Google akan terus menyimpan catatan penelusuran dan riwayat penjelajahan Anda kecuali Anda memilih untuk menonaktifkannya. Setelah dinonaktifkan, Google tidak akan lagi dapat mengumpulkan dan menyimpan data tersebut dari Anda di masa mendatang.

Kami akan mulai dengan mematikan Aktivitas Google yang tidak ingin Anda simpan. Anda bisa spesifik atau hanya menghapus semuanya dalam pencarian Anda untuk mengoptimalkan keamanan online Anda. Ini akan memastikan informasi yang ditentukan tidak akan dilacak. Ini adalah tugas yang sangat mudah dan dapat diselesaikan dengan hal berikut:
Buka browser Anda dan buka Kontrol aktivitas. Gulir ke bawah halaman dan matikan aktivitas yang tidak ingin Anda simpan oleh Google. Saat diaktifkan, Anda akan menerima jendela sembulan di mana Anda harus mengonfirmasi pilihan Anda dengan memilih Jeda.
Jika Anda memilih untuk menghapus semua riwayat penjelajahan Anda, kata sandi yang Anda simpan juga akan dihapus. Pastikan Anda mengingat kata sandi Anda sebelum melanjutkan. Jika Anda memiliki aplikasi Pengelola Kata Sandi seperti LastPass yang sudah disiapkan, melakukan tindakan ini tidak akan memengaruhinya.

Sebelum kami membahas bagaimana Anda akan menghapus semua Aktivitas Google yang Anda kumpulkan saat ini, kami akan membahas cara mengarsipkannya untuk penggunaan pribadi. Jadi, jika Anda ingin memiliki kesempatan untuk mengunduh riwayat penelusuran Google Anda, lanjutkan ke bagian berikutnya.

Mengunduh Riwayat Penelusuran/Peramban Google Anda

Jika Anda merasa ingin melihat kembali beberapa petualangan penjelajahan Anda sebelumnya, Google memberi Anda cara untuk mempertahankan riwayat pencarian Anda. Untuk mendapatkan daftar arsip riwayat penjelajahan Anda sehingga Anda selalu dapat mengakses data tersebut, Anda harus:
Masuk ke Akun Google Anda dan pilih Privasi & personalisasi dari menu. Gulir ke bawah halaman hingga Anda menemukan bagian Unduh, hapus, atau buat rencana untuk data Anda dan klik Unduh data Anda. Anda dibawa ke halaman di mana Anda harus memilih data mana yang ingin Anda sertakan dalam unduhan arsip. Secara default, semua opsi diaktifkan. Jika Anda mau, ada tombol Deselect all yang akan membatalkan pilihan semua opsi sehingga lebih mudah jika Anda hanya ingin mengunduh data dalam jumlah yang lebih kecil. Saat Anda puas dengan pilihan Anda, klik Langkah berikutnya. Pilih format yang Anda inginkan untuk mengunduh arsip Anda. Pilihan Anda adalah “Jenis file” (baik .zip atau .tgz), “Ukuran arsip” (mulai dari 1GB hingga 50GB), dan “Metode pengiriman” (opsi yang disediakan dalam gambar). Bergantung pada layanan yang telah Anda hubungkan ke Akun Google Anda, Anda akan menemukan arsip data Anda menunggu Anda di metode pengiriman pilihan. Di sinilah Anda memiliki opsi untuk mengunduh file ke PC (atau Mac).
Sekarang ke proses penghapusan.

Menghapus Riwayat Peramban Google Anda

Meluncurkan peramban Google Chrome dari PC Anda. Pastikan Anda masuk ke akun Google Anda dan ikuti langkah-langkah berikut:
Klik ikon Lainnya (tiga titik vertikal) dan pilih Riwayat > Riwayat. Pengguna PC dapat mengetik pintasan keyboard (Ctrl + H). Pengguna Mac dapat mengetik CMD + Y untuk membuka Riwayat. Di sisi kiri layar, pilih Hapus data penelusuran. Sebuah jendela akan terbuka di tab baru. Jendela akan memberi Anda dua tab, Basic dan Advanced. Tab Basic akan menampilkan tiga opsi sementara Advanced memberi Anda beberapa opsi lagi. Jika Anda ingin melakukan scrub mendalam dari riwayat browser Anda, Anda akan ingin menuju ke tab Advanced dan memilih semua opsi menu yang berlaku. Ada juga menu drop-down berlabel Time range yang memungkinkan Anda untuk memilih berapa banyak riwayat yang ingin Anda hapus. Memilih Semua waktu akan menghapus semuanya. Setelah kotak yang ingin Anda hapus dicentang, klik Hapus data. Cara Menghapus Aktivitas Google Anda

Menghapus riwayat pencarian Anda ternyata tidak sama dengan menghapus riwayat browser Anda. Untuk melakukan tindakan ini:

Pastikan Anda masuk ke akun Google Anda dan menuju ke Aktivitas Saya dan ikuti langkah-langkah ini:
Di menu sisi kiri, pilih Hapus aktivitas dengan untuk membawa Anda ke halaman tempat Anda dapat menghapus riwayat Google Anda berdasarkan topik atau produk. Klik tarik-turun di bawah Hapus menurut tanggal dan pilih Sepanjang waktu untuk menghapus semua informasi penjelajahan Anda. Pilih item yang ingin Anda hapus dan klik Berikutnya. Kemudian, klik tombol Hapus untuk mengonfirmasi.
Anda juga dapat memilih untuk memilih item atau aktivitas tertentu daripada semuanya dengan menggunakan menu drop-down lain yang disediakan. Jelajahi menurut hari atau produk dari Hapus aktivitas menurut halaman atau cari item tertentu menggunakan bilah pencarian di halaman Aktivitas Saya. Anda dapat mengklik Kelola Aktivitas untuk sebagian besar dari ini jika Anda ingin mendapatkan sedikit lebih detail. Anda juga dapat memilih untuk menghapus informasi yang dikumpulkan untuk setiap aktivitas ini dari halaman masing-masing.

Pada titik ini, riwayat penelusuran Google PC (atau Mac) Anda jauh lebih aman daripada saat Anda memulai, tetapi bagaimana dengan ponsel dan tablet Anda? Menghapus aktivitas Google Anda secara permanen, termasuk perangkat seluler Anda, pasti akan membantu Anda meningkatkan privasi online Anda.

Menghapus Riwayat Penelusuran Google Perangkat Android & iOS Anda

Ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus riwayat penelusuran Google dari ponsel cerdas atau tablet Anda:
Sementara di perangkat Android Anda , luncurkan aplikasi Chrome dan buka myactivity.google.com. Jika menggunakan perangkat iOS, Anda juga dapat membuka situs melalui aplikasi Safari. Ketuk ikon Pilih lainnya (tiga garis horizontal bertumpuk vertikal) dan pilih Hapus aktivitas menurut (seperti yang terlihat di atas). Tepat di bawah “Hapus menurut Tanggal ”, ketuk panah drop-down dan pilih All Time untuk menghapus semuanya. Ketuk tombol Hapus, dan popup peringatan akan muncul. Ketuk OK untuk sepenuhnya menghapus riwayat pencarian Google Android Anda.
Google telah mengambil alih internet pada saat ini. Sekarang terserah pada individu untuk memastikan bahwa informasi yang tidak mereka inginkan di depan umum diamankan. Dengan menggunakan pengaturan di google itu sendiri dimungkinkan untuk membatasi setidaknya beberapa masalah pelanggaran privasi, jadi ini adalah tempat yang baik untuk memulai.

Pertanyaan yang Sering Diajukan
Jika saya menghapus semua Aktivitas Google saya, apakah Google masih memiliki informasi tentang pencarian saya?

Ya, Google mungkin menyimpan informasi bahwa Anda telah menggunakan fungsi pencarian, tetapi tidak akan menyimpan data apa pun tentang apa yang Anda cari. Jika Anda ingin menghapus semuanya, Anda harus menghapus seluruh Akun Google Anda.
Dapatkah saya menyetel Aktivitas saya untuk dihapus secara otomatis?

Sayangnya, tidak. Meskipun ada beberapa hal yang dapat Anda hentikan pelacakannya di halaman Aktivitas, pembersihan menyeluruh perlu dilakukan secara manual. Gulir melalui opsi Anda di halaman Aktivitas Google dan matikan aktivitas yang Anda inginkan untuk mencegah Google dari tracking.