Cara Menghapus Virus dan Malware di PC Windows Anda

Apakah Anda melihat pesan yang mengatakan virus terdeteksi, atau komputer Anda tampak lambat dan tidak dapat diandalkan, Anda pasti ingin memindai malware di PC Anda dan menghapus semua yang Anda temukan. Berikut cara membersihkan PC Anda dari virus dan malware.

Meskipun banyak virus dan jenis malware lainnya dirancang hanya untuk menyebabkan kekacauan, semakin banyak malware yang dibuat oleh kejahatan terorganisir untuk mencuri nomor kartu kredit, kredensial perbankan online, dan data sensitif lainnya. Virus jadul yang khas bukanlah masalah nyata. Masalahnya sekarang adalah ransomware dan spyware, dan itu memerlukan alat baru—dan teknik baru.

Apakah Antivirus Anda Mengatakan Virus Terdeteksi?

Jika Anda melihat pesan dari antivirus yang muncul yang mengatakan virus terdeteksi, itu hal yang bagus. Antivirus Anda mengetahui adanya virus dan kemungkinan besar menghapusnya tanpa meminta Anda.

Peringatan: Pastikan setiap pop-up yang Anda lihat memperingatkan Anda tentang virus adalah sah. Ini adalah taktik umum untuk situs web jahat untuk berpura-pura menjadi perangkat lunak antivirus. Jika ragu, jangan percaya pop-up dari browser Anda tentang malware, dan selalu periksa log keamanan antivirus Anda.

Pesan semacam ini tidak berarti bahwa Anda pernah memiliki virus yang berjalan di komputer Anda. Anda dapat mengunduh file yang berisi virus dan antivirus Anda menghapus file tersebut sebelum menyebabkan masalah. Atau, file berbahaya di halaman web yang terinfeksi dapat diketahui dan ditangani sebelum menyebabkan masalah.

Dengan kata lain, pesan “terdeteksi virus” yang muncul selama penggunaan normal komputer Anda tidak berarti virus benar-benar melakukan sesuatu . Jika Anda melihat pesan seperti ini, kemungkinan Anda mengunjungi halaman web yang terinfeksi atau mengunduh file berbahaya. Cobalah untuk menghindari melakukan itu di masa mendatang, tetapi jangan terlalu khawatir.

Anda juga dapat membuka program antivirus dan memeriksa karantina atau log deteksi virusnya. Ini akan menampilkan informasi lebih lanjut tentang virus apa yang terdeteksi dan apa yang dilakukan antivirus dengan virus itu. Tentu saja, jika Anda tidak yakin, lanjutkan dan jalankan pemindaian–tidak ada salahnya.

Cara Memindai Malware, Spyware, Ransomware, Adware, dan Ancaman Lainnya

Jika komputer Anda berperilaku buruk — baik itu berjalan sangat lambat, halaman web bertingkah aneh, atau Anda melihat iklan muncul di tempat yang biasanya tidak, Anda mungkin memiliki beberapa jenis malware baru di komputer Anda. Spyware akan melacak semua yang Anda lakukan atau mengarahkan pencarian dan halaman beranda ke tempat-tempat yang tidak ingin Anda kunjungi. Adware akan menginfeksi browser Anda dan bahkan Windows, dan ransomware akan mencoba mengunci PC Anda.

Terlepas dari apa masalahnya, langkah pertama kami adalah selalu mengunduh dan menjalankan pemindaian dengan Malwarebytes, satu-satunya alat anti-malware terbaik di planet ini. Ini bukan produk antivirus biasa, ini dirancang untuk mengatasi ancaman modern. Ini adalah satu-satunya produk di pasar yang dapat dengan mudah membersihkan crapware dan spyware.

Unduh, instal, lalu jalankan Malwarebytes, lalu mulai pemindaian PC Anda. Ini akan memandu Anda membersihkan sistem Anda.

Anda tidak perlu membeli lisensi untuk membersihkan PC Anda, tetapi jika Anda tidak ingin hal ini terjadi lagi, Anda mungkin harus melakukannya, karena ini akan memastikan Anda tidak melakukannya. t mengalami masalah ini lagi.

Cara Memindai Virus Biasa

Untuk memeriksa malware di komputer dan menghapus malware yang Anda temukan, Anda memerlukan program antivirus. Windows 8, 10, dan 11 menyertakan Microsoft Defender, antivirus milik Microsoft sendiri. Windows 7 tidak menyertakan antivirus bawaan apa pun, jadi Anda mungkin memerlukan sesuatu yang lain, seperti Avira.

Microsoft Defender tidak mengganggu dan secara keseluruhan sangat baik, tetapi itu bukan satu-satunya yang Anda butuhkan. Solusi antivirus favorit kami adalah kombinasi Microsoft Defender dan Malwarebytes sehingga Anda memiliki cakupan lengkap.

Untuk memindai virus biasa di Microsoft Defender, buka dan mulai pemindaian baru. Ini akan melalui dan memindai sistem Anda sepenuhnya untuk melihat apakah ada sesuatu yang terlewatkan. Dan tentu saja, Microsoft Defender juga berjalan di latar belakang secara default.

.

Kombinasi Microsoft Defender dan Malwarebytes harus menyingkirkan sebagian besar malware yang mungkin Anda temui, dan jika Anda menjalankan keduanya, keduanya akan melindungi Anda. teruskan juga.

Jika Malwarebytes dan Microsoft Defender Tidak Dapat Menghilangkan Malware

Gunakan Safe Mode untuk Malware yang Keras Kepala

Jika Anda memiliki infeksi malware yang sangat membandel, Anda mungkin perlu memindai malware dari luar sistem Windows normal Anda. Untuk melakukannya, Anda harus Mem-boot Windows ke Safe Mode, yang akan mencegahnya memuat aplikasi startup normal — termasuk, semoga, malware jahat itu. Jalankan pemindaian Microsoft Defender dan kemudian pemindaian Malwarebytes dari dalam Safe Mode dan mungkin lebih beruntung menghapus malware yang biasanya tidak bisa.

Untuk boot ke Safe Mode di Windows 8, 10, atau 11 tekan dan tahan tombol Shift sambil mengklik Opsi “Restart” dan kemudian arahkan ke Troubleshoot> Advanced Options> Windows Startup Settings> Restart> Safe Mode. Pada Windows 7, tekan tombol F8 saat komputer Anda mulai dan Anda akan melihat menu opsi boot yang memungkinkan Anda untuk memilih “Safe Mode”.

Gunakan Alat Antivirus yang Dapat Di-boot sebagai Upaya Terakhir

Jika itu tidak berhasil, Anda mungkin perlu untuk sepenuhnya keluar dari Windows dan menggunakan alat antivirus yang dapat di-boot. Jenis alat antivirus ini melakukan booting ke lingkungan yang bersih — seluruhnya di luar Windows — untuk menemukan dan menghapus malware yang membandel yang mungkin tidak dapat Anda lihat atau hapus dari dalam Windows itu sendiri.

Microsoft Defender sendiri dapat melakukannya dengan fitur “Microsoft Defender Offline” jika Anda menggunakan Windows 10. Anda dapat melihat panduan kami untuk menggunakan Microsoft Defender Offline. Perangkat lunak antivirus lain juga dapat melakukan ini — cari “disk boot” antivirus seperti Avira Rescue System. Anda dapat melihat panduan kami untuk menggunakan Avira’s Rescue System di sini.

Cara Mendapatkan Pendapat Kedua Dari Microsoft Defender

Jika Anda sudah menginstal program antivirus, tetapi Anda merasa mungkin memiliki virus, itu tidak Tidak mendeteksi, Anda bisa mendapatkan opini kedua dari produk antivirus lain. Biasanya, menjalankan dua program antivirus secara bersamaan adalah ide yang buruk, karena pemindaian waktu nyata dapat saling bertentangan. Tetapi jika Anda memiliki satu pemindaian waktu nyata yang berjalan sepanjang waktu, Anda dapat menggunakan yang kedua untuk pemindaian manual sesekali. untuk ini. Bahkan jika Anda memiliki program antivirus lain yang terinstal yang memantau sistem Anda, Microsoft Defender terkadang dapat memindai sesuai jadwal — atau memindai secara manual saat Anda memilih — untuk melihat apakah antivirus Anda saat ini dapat menemukan sesuatu yang hilang. Berikut panduan untuk mengaktifkan dan menggunakan opsi tersebut.

Berbagai penyedia antivirus lain menyediakan alat pemindaian satu kali — misalnya, ESET Online Scanner. Program ini akan diunduh ke komputer Anda dan melakukan pemindaian cepat tanpa proses instalasi yang lama. Jika Anda memiliki virus, antivirus Anda saat ini mungkin tidak berfungsi. Anda mungkin ingin menghapus instalannya dan menginstal produk antivirus lain setelah proses selesai.

Anda Juga Harus Menginstal Malwarebytes untuk Menangani Adware dan Sampah Lainnya

Seperti yang kami sebutkan dalam panduan kami untuk program antivirus terbaik, antivirus saja tidak cukup– program anti-malware yang lebih inklusif. Tidak semua perangkat lunak jahat dicakup oleh pemindai antivirus biasa, yang terutama menelusuri infeksi berbahaya. Anda mungkin memiliki “junkware” di sistem Anda, seperti bilah alat browser, pengubah mesin telusur, penambang Bitcoin, dan jenis program menjengkelkan lainnya yang hanya ada untuk menghasilkan uang bagi pembuatnya. Hati-hati saat mengunduh program dari web, agar PC Anda tidak dipenuhi dengan bilah alat yang mengganggu dan perangkat sampah lainnya.

Tetapi jika Anda sudah memiliki perangkat sampah di sistem, Anda sebaiknya menghapusnya.

Sebagian besar program antivirus tidak akan repot menyentuh junkware . Untuk menangani junkware, kami sarankan untuk mendapatkan MalwareBytes Anti-Malware. Selama Anda sesekali menggunakannya untuk memindai sistem Anda, Anda akan dapat menjaga diri Anda bebas dari perangkat lunak menjengkelkan yang tidak terdeteksi atau dihapus oleh program antivirus biasa Anda. Dan karena ini mencakup perlindungan anti-eksploitasi, itu dapat membuat Anda tetap aman di masa depan juga.

Cara Menghapus Komputer Anda (dan Memverifikasi Cadangan Anda)

Jika tidak ada yang bisa menghapus virus dengan benar — atau jika perangkat lunak perusak sangat merusak sistem Anda sehingga Windows masih tidak berfungsi dengan benar setelah menghapus virus — Anda dapat memilih “opsi nuklir”: Mengembalikan komputer ke kondisi pabrik. Anda akan menyimpan file pribadi apa pun, tetapi program apa pun yang Anda instal akan dihapus dan pengaturan sistem komputer Anda akan diatur ulang ke keadaan default.

Pada Windows 8, 10, dan 11, ini jauh lebih mudah — Anda cukup menggunakan tombol “Reset Fitur PC” ini untuk menyetel ulang Windows ke setelan default pabrik. Prosesnya pada dasarnya sama pada Windows 8 dan Windows 10, tetapi menu untuk mereset PC Anda berubah di Windows 11. Jika Anda menggunakan PC Windows 7, pabrikan Anda mungkin menyediakan partisi pemulihan yang dapat Anda akses dengan menekan tombol tertentu selama proses booting. Lihat manual komputer Anda untuk mengetahui kunci persis yang perlu Anda tekan untuk ini.

Anda juga dapat menginstal ulang Windows di komputer Anda dengan mengunduh media penginstalan Windows untuk komputer Anda dari Microsoft.

Peringatan: Pastikan Anda memiliki cadangan file penting sebelum menghapus hard drive dan menginstal ulang Windows!

Jika Anda pernah melawan malware sekali, coba lakukan semua yang Anda bisa untuk menjadikannya yang terakhir kalinya. Instal program antivirus yang bagus, perbarui komputer Anda, dan hindari menjalankan software yang berpotensi berbahaya. Ikuti tips kami agar tetap aman saat online untuk menjaga komputer Anda–dan informasi pribadi–secure.

Itulah berita seputar Cara Menghapus Virus dan Malware di PC Windows Anda, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.