Cara Menghidupkan atau Mematikan 2FA di iPhone

Fitur otentikasi dua faktor pada ponsel dapat membantu meningkatkan keamanan online Anda. Di iPhone dan perangkat iOS lainnya, ini dapat digunakan untuk ID Apple Anda, serta untuk aplikasi seperti Snapchat, Instagram, dan Facebook.

Panduan ini akan memberi tahu Anda cara mengaktifkan dan menonaktifkan otentikasi dua faktor di iPhone. Anda juga akan mempelajari cara menonaktifkan fitur ini di aplikasi seperti Snapchat, Instagram, dan Facebook.

Cara Mematikan Otentikasi Dua Faktor di iPhone X, 11, 12

Otentikasi dua faktor memungkinkan Anda mengakses akun di perangkat tepercaya. Saat Anda masuk ke perangkat baru, Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi enam digit, yang akan dikirimkan ke nomor telepon Anda. Hal yang sama terjadi ketika Anda mencoba mengakses akun Apple Anda di browser web.

Ikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkan otentikasi dua faktor di iPhone 10, iPhone 11, dan iPhone 12:
Buka “Pengaturan.” Pilih ID Apple Anda di bagian atas halaman. Buka “Kata Sandi & Keamanan.” Ketuk opsi “Aktifkan Otentikasi Dua Faktor”. Pilih “Lanjutkan.” Ketikkan nomor telepon Anda. Pilih metode keamanan (pesan teks atau panggilan telepon otomatis).
Dengan kode ini, Anda harus memverifikasi nomor telepon Anda. Kemudian fitur otentikasi dua faktor kemudian akan diaktifkan. Ingatlah bahwa setelah Anda mengaktifkan fitur otentikasi dua faktor, Anda hanya memiliki waktu dua minggu untuk mematikannya. Jika lebih dari dua minggu berlalu, Anda tidak akan dapat menonaktifkan fitur ini lagi. Begini caranya:
Kunjungi halaman ID Apple di browser Anda.Masuk menggunakan ID Apple Anda.Berikan kode verifikasi ID Apple.Buka bagian “Keamanan” dan temukan “Otentikasi Dua Faktor.”Pilih tombol “Edit” .Lanjutkan ke “Matikan Otentikasi Dua Faktor.” Ketuk “Lanjutkan.”
Jika lebih dari dua minggu, Anda hanya dapat mengedit nomor telepon tepercaya Anda.

Cara Mematikan Otentikasi Dua Faktor di iPhone 6, 7 , 8

Jika Anda memiliki iPhone 6, iPhone 7, atau iPhone 8, berikut cara mengaktifkan autentikasi dua faktor:

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda harus memasukkan nomor telepon tepercaya. Anda bahkan memiliki opsi untuk menambahkan nomor telepon lain yang terverifikasi dan tepercaya, yang bisa sangat berguna jika telepon Anda rusak atau tiba-tiba berhenti bekerja. Anda juga dapat meminta kode verifikasi langsung dari pengaturan Anda. Anda dapat menggunakan ini untuk masuk ke akun ID Apple Anda di perangkat lain.
Buka “Pengaturan.” Lanjutkan ke ID Apple Anda. Temukan “Kata Sandi & Keamanan” di menu. Pilih “Otentikasi Dua Faktor.” Ketuk pada ” Tombol Lanjutkan”. Ketik nomor telepon tepercaya Anda. Pilih apakah Anda ingin menerima kode verifikasi melalui pesan teks atau panggilan telepon otomatis. Ketuk “Kirim.” Verifikasi nomor telepon Anda.
Menonaktifkan fitur autentikasi dua faktor pada model ini sama seperti dengan model iPhone yang lebih baru. Anda harus menggunakan browser Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melihat cara kerjanya:
Buka browser pilihan Anda.Kunjungi halaman ID Apple.Masuk ke akun ID Apple Anda.Berikan kode verifikasi ID Apple.Lanjutkan ke bagian “Keamanan”. Temukan “Dua- Otentikasi Faktor.” Ketuk “Edit.” Matikan otentikasi dua faktor. Pilih “Lanjutkan.”
Ingat, Anda hanya dapat menonaktifkan otentikasi dua faktor untuk ID Apple Anda dua minggu setelah Anda mengaktifkannya. Jika Anda menunggu lebih dari dua minggu, Anda tidak akan dapat menonaktifkan fitur ini.

Dapatkah Saya Menonaktifkan Otentikasi Dua Faktor jika Saya Tidak Ingat Kode Saya?

Setelah otentikasi dua faktor diaktifkan, Anda harus memberikan kode verifikasi setiap kali Anda ingin masuk ke akun Anda dengan ID Apple Anda. Karena Anda tidak dapat mematikan fitur ini langsung dari pengaturan Anda dan hanya dengan masuk ke akun ID Apple Anda di browser web, Anda akan memerlukan kode verifikasi ID Apple Anda.

Kabar baiknya adalah, tidak masalah jika Anda lupa kode Anda . Anda dapat memeriksanya di pengaturan Anda. Begini caranya:
Buka “Pengaturan” dan buka ID Apple Anda. Ketuk “Kata Sandi & Keamanan.” Buka “Dapatkan Kode Verifikasi.”
Kode verifikasi ID Apple Anda akan ada di sana, dan Anda dapat menggunakannya untuk masuk ke akun Anda. akun ID Apple dan matikan fitur ini. Ingatlah bahwa setiap kali Anda mengetuk opsi “Dapatkan Kode Verifikasi”, Anda akan diberikan kode baru.

Cara Mematikan Otentikasi Dua Faktor di SnapChat di iPhone

Jika Anda mengaktifkan otentikasi dua faktor di Snapchat, Anda akan menerima kode login melalui pesan teks atau aplikasi Otentikasi. Kode login ini pada dasarnya berfungsi sebagai kata sandi kedua. Untuk mematikan fitur ini, inilah yang perlu Anda lakukan:
Luncurkan Snapchat di iPhone Anda. Pilih gambar profil Anda di sudut kiri atas layar Anda. Arahkan ke ikon “Pengaturan” di sudut kanan atas profil Anda halaman. Temukan “Otentikasi Dua Faktor” pada daftar opsi. Matikan metode keamanan yang Anda pilih – “Verifikasi SMS” atau “Aplikasi Otentikasi.” Ketuk “Oke” pada pesan konfirmasi.
Sekarang Anda telah berhasil menonaktifkan dua- autentikasi faktor di Snapchat.

Cara Mematikan Otentikasi Dua Faktor di Instagram di iPhone

Di Instagram, fitur autentikasi dua faktor mengirimkan pesan teks ke ponsel Anda saat Anda ingin masuk ke akun. Atau, Anda dapat memilih untuk menerima kode verifikasi melalui Aplikasi Otentikasi atau WhatsApp. Tentu saja, Instagram memberi Anda opsi untuk menonaktifkan fitur ini. Begini caranya:
Buka aplikasi di iPhone Anda. Buka profil Anda dan pilih ikon menu di sudut kanan atas. Ketuk “Pengaturan” dari menu. Lanjutkan ke opsi “Keamanan”. Pilih “Dua Faktor Otentikasi.” Di bawah “Kontrol Pesan Teks,” alihkan sakelar biru.
Melakukan ini akan secara otomatis mematikan fitur otentikasi dua faktor. Dengan kata lain, Anda akan dapat mengakses akun Instagram Anda tanpa harus memasukkan kode verifikasi setiap saat.

Cara Mematikan Otentikasi Dua Faktor di Aplikasi Facebook di iPhone

Facebook adalah aplikasi lain yang memungkinkan Anda menggunakan otentikasi dua faktor saat Anda masuk ke akun Anda. Saat mengaktifkan fitur ini, Anda dapat memilih di antara tiga metode keamanan: aplikasi autentikasi (seperti Google Authenticator), pesan teks, atau kunci keamanan. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menonaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
Jalankan aplikasi Facebook di iPhone Anda. Ketuk ikon menu di sudut kanan bawah layar Anda. Buka tab “Pengaturan & Privasi”, dan lanjutkan ke “Pengaturan.” Pilih “Kata Sandi dan Keamanan.” Di bawah “Otentikasi dua faktor,” buka tab “Gunakan otentikasi dua faktor”. Ketuk tombol “Matikan”.
Itu saja. Jika Anda berubah pikiran, Anda memiliki opsi untuk kembali ke tab “Otentikasi dua faktor” untuk mengaktifkan kembali fitur ini.

Mengelola Opsi Keamanan iPhone Anda

Fitur otentikasi dua faktor adalah alat keamanan berguna yang memungkinkan Anda menyimpan akun aman. Namun, itu dapat dinonaktifkan jika Anda tidak membutuhkan atau menginginkannya lagi. Meskipun aplikasi seperti Snapchat, Instagram, dan Facebook memungkinkan Anda untuk menonaktifkan fitur ini kapan pun Anda mau, Anda hanya memiliki waktu dua minggu untuk melakukannya untuk akun ID Apple Anda.

Pernahkah Anda menonaktifkan otentikasi dua faktor di iPhone Anda sebelumnya? Apakah Anda menonaktifkannya untuk akun ID Apple atau aplikasi Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.