Cara Menghitung Karakter di Word

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Anda dapat melihat jumlah karakter dokumen Word Anda di desktop dan perangkat seluler dengan mengakses tab “Tinjau” aplikasi dan memilih opsi “Jumlah Kata”. Di Word untuk Windows dan Mac, Anda juga dapat menambahkan penghitung karakter ke bilah status aplikasi.

Microsoft Word membuatnya sangat mudah untuk menghitung jumlah karakter dalam dokumen Anda. Anda dapat menggunakan bilah status atau opsi Word Count khusus untuk melihat informasi itu. Berikut cara melakukannya di Windows, Mac, web, iPhone, iPad, atau perangkat Android.

Secara default, Word menampilkan jumlah karakter untuk seluruh dokumen Anda. Jika Anda ingin menemukan hitungan untuk teks tertentu, maka sebelum menggunakan metode di bawah ini, pilih dan sorot teks tersebut di dokumen Anda. Windows dan Mac, Anda dapat menemukan jumlah karakter menggunakan bilah status atau opsi Word Count. Berikut cara menggunakan kedua opsi.

Menggunakan Bilah Status

Bilah status adalah bilah yang muncul di bagian bawah jendela Word. Bilah ini sudah menampilkan jumlah kata total untuk dokumen Anda, dan Anda dapat mengeditnya untuk menampilkan jumlah karakter juga.

Untuk melakukannya, buka dokumen Anda dengan Word. Kemudian, klik kanan bilah status di bagian bawah dan pilih “Jumlah Karakter (Dengan Spasi).”

Sekarang Anda akan melihat jumlah karakter dokumen Anda saat ini di bilah status. sorot teks itu dan kemudian lihat lagi jumlah karakter. Opsi ini juga menampilkan informasi lain, seperti jumlah kata total, jumlah paragraf, jumlah baris, dan lainnya.

Untuk menggunakannya, saat dokumen Anda terbuka, pilih tab “Tinjau” dari pita Word di bagian atas.

Pada ” Review”, di bagian “Proofing”, klik “Word Count.”

Jendela “Word Count” akan terbuka. Di sini, Anda akan menemukan jumlah karakter Anda saat ini serta jumlah lainnya.

Lihat Hitungan Surat di Aplikasi Web Word

Menemukan jumlah karakter di aplikasi web Word juga mudah. Untuk melakukannya, buka browser web desktop pilihan Anda, luncurkan Word, dan akses dokumen Anda.

Pada layar dokumen Anda, di pita Word di bagian atas, pilih tab “Tinjau”.

Pada tab “Tinjau”, klik “Jumlah Kata ” option.

Jendela “Document Stats” akan terbuka, membiarkan Anda melihat jumlah karakter total dokumen Anda.

Menemukan Jumlah Karakter di Word di iPhone, iPad, dan Android

Aplikasi Word untuk iPhone dan Android tidak memudahkan untuk menemukan jumlah karakter , tetapi opsinya ada, dan berikut cara mengaksesnya.

Pertama, luncurkan aplikasi Word di iPhone atau ponsel Android Anda. Kemudian, buka dokumen tempat Anda ingin menemukan jumlah karakter.

Di bagian atas dokumen Anda, ketuk ikon pensil. Kemudian, di bilah alat yang sama, ketuk ikon yang memiliki A dan pensil di dalamnya.

Di menu yang terbuka, ketuk “Beranda” dan pilih “Tinjau”.

Di menu “Tinjau”, pilih “Jumlah Kata”.

On panel “Jumlah Kata”, Anda akan melihat jumlah karakter total dokumen Anda.

Sama seperti Word versi desktop, Anda dapat menyorot bagian tertentu dari dokumen Anda sebelum membuka jumlah karakter untuk melihat jumlah karakter di bagian tersebut.

Menemukan jumlah karakter di Word untuk iPad lebih mudah. Cukup buka dokumen Anda dengan aplikasi, pilih tab “Tinjau” di bagian atas, dan ketuk opsi “Jumlah Kata”. Saat Anda melakukannya, pelajari cara menemukan jumlah halaman untuk beberapa dokumen Word.

Disadur dari HowToGeek.com.