Cara Menghitung Kotak Centang di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pertama, tentukan sel untuk menampung hasil “Benar” atau “Salah” berdasarkan status setiap kotak centang. Anda kemudian dapat menghitung kotak centang dengan menggunakan fungsi COUNTIF Excel untuk menghitung jumlah hasil “TRUE”.

Jika Anda menggunakan Excel untuk membuat daftar periksa, Anda mungkin ingin menghitung jumlah kotak yang dicentang atau tidak dicentang. Dengan rumus sederhana, Anda dapat menghitungnya dalam sel yang menyesuaikan saat lebih banyak kotak ditandai atau tidak ditandai.

Menunjuk Sel untuk Kontrol Kotak Centang

Saat Anda mencentang kotak di Excel, hasil pemeriksaan adalah True. Untuk kotak yang tidak dicentang, hasilnya adalah False.

Jadi, sebelum Anda membuat rumus untuk menghitung kotak centang, Anda harus menetapkan sel untuk menampung hasil Benar atau Salah. Anda kemudian akan menggunakan hasil itu dalam rumus Anda.

Klik kanan kotak centang pertama Anda dan pilih “Kontrol Format” di menu pintasan.

Di kotak Kontrol Format yang muncul, buka tab Kontrol. Dalam kotak Tautan Sel, masukkan sel tempat Anda ingin menampilkan hasil Benar atau Salah. Anda juga dapat memilih sel di lembar Anda untuk mengisi kotak itu.

Klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

Ikuti proses yang sama untuk kotak centang lain yang ingin Anda hitung di lembar Anda.

Anda kemudian akan melihat hasil Benar untuk kotak yang dicentang dan False untuk kotak yang tidak dicentang di sel yang ditentukan.

Catatan: Jika Anda menetapkan Nilai default untuk kotak centang sebagai Tidak Dicentang, itu tidak akan menampilkan False kecuali Anda mencentang kotak dan kemudian menghapus centangnya.

Gunakan Fungsi COUNTIF

Setelah Anda menyiapkan kotak centang , masuk ke sel tempat Anda ingin menampilkan hitungan.

Anda kemudian akan memasukkan rumus untuk fungsi COUNTIF yang menampilkan hitungan untuk Benar atau Salah, bergantung pada mana yang ingin Anda hitung.

Sebagai contoh, kami menghitung kotak centang di sel B2 hingga B11 menggunakan hasilnya di sel C2 hingga C11. Jadi, Anda akan menggunakan sel hasil dalam rumus Anda sebagai berikut:

=COUNTIF(C2:C11,TRUE)

Anda dapat melihat bahwa kami menerima jumlah 6 yang benar untuk kotak yang dicentang.

Untuk menghitung kotak yang tidak dicentang, cukup ganti Benar dengan Salah dalam rumus:

=COUNTIF(C2:C11,FALSE)

Catatan: Jika Anda menetapkan Nilai default untuk kotak centang sebagai Campuran, itu tidak akan dihitung terhadap hasil Benar atau Salah. Ini ditampilkan sebagai #N/A hingga kotak dicentang atau tidak dicentang. Opsional: Sembunyikan Sel Hasil

Mungkin tidak ideal untuk menampilkan hasil Benar dan Salah di lembar Anda. Ini mungkin mengganggu data yang ingin Anda lihat.

Jika Anda memiliki hasil dalam satu kolom atau baris tanpa data lain yang Anda butuhkan, Anda cukup menyembunyikan kolom atau baris.

Klik kanan kolom atau baris dan pilih “Sembunyikan” di menu pintasan.

Rumus untuk kotak yang dicentang atau tidak dicentang akan bekerja sama dengan hasil yang disembunyikan.

Menghitung jumlah tugas yang diselesaikan, pesanan yang tidak lengkap, atau yang serupa adalah mudah dilakukan dengan fungsi COUNTIF dan sedikit manipulasi kotak centang di Excel.

Untuk selengkapnya, lihat juga cara menggunakan kotak centang di dokumen Word Anda.

Disadur dari HowToGeek.com.