Cara Menghitung Waktu di Google Spreadsheet

Apakah Anda ingin menyusun spreadsheet keuangan cepat atau Anda ingin bekerja sama dengan rekan kerja pada dokumen seperti Excel, Google Spreadsheet adalah alternatif Excel yang hebat, berbasis web, dan gratis, aplikasi yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh negeri untuk memuat data ke dalam dokumen, melihat dan membagikannya, dan menggunakan matematika untuk melacak konten tertentu dengan spreadsheet.

Salah satu aspek yang paling berguna dari program spreadsheet adalah fleksibilitasnya. Spreadsheet dapat berfungsi sebagai database, sebagai mesin kalkulasi, sebagai platform untuk melakukan pemodelan statistik, sebagai editor teks, sebagai perpustakaan media, sebagai daftar tugas, dan seterusnya. Kemungkinannya hampir tidak terbatas. Salah satu penggunaan umum spreadsheet, termasuk Google Spreadsheet, adalah untuk melacak waktu seperti jadwal waktu karyawan per jam atau jam yang dapat ditagih. dua stempel waktu, yaitu jumlah waktu yang berlalu di antara dua peristiwa waktu. Misalnya, jika seseorang masuk pada pukul 09:15 dan kemudian keluar pada pukul 16:30, mereka berada di jam selama 7 jam, 15 menit. Jika Anda perlu menggunakan Spreadsheet untuk sesuatu seperti ini, Anda akan segera menyadari bahwa itu tidak dibuat untuk menangani tugas-tugas semacam ini.

Namun, sementara Google Spreadsheet tidak dirancang khusus untuk menangani fungsi seperti ini, mudah untuk membujuknya untuk melakukannya dengan sedikit persiapan. Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda cara menghitung perbedaan antara dua stempel waktu secara otomatis di Google Sheets.

Untuk artikel ini saya akan menggunakan format lembar waktu, yang menunjukkan waktu orang tersebut mulai bekerja, waktu mereka pergi, dan durasi (dihitung) . Anda dapat melihat spreadsheet yang saya gunakan untuk contoh di bawah ini:

Menghitung Waktu di Google Spreadsheet

Mengukur perbedaan antara dua sel yang berisi data waktu mengharuskan Spreadsheet memahami bahwa data dalam sel adalah data waktu. Jika tidak, itu akan menghitung perbedaan antara 9:00 dan 10:00 sebagai 100 daripada 60 menit atau satu jam.

Untuk melakukan ini, kolom waktu perlu diformat sebagai Waktu dan kolom durasi perlu diformat sebagai Durasi . Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menyiapkan spreadsheet Anda:
Buka Google sheet Anda. Pilih kolom waktu (Waktu Masuk) pertama dan klik drop-down format ‘123’ di menu, lalu pilih Waktu sebagai format. Ulangi untuk yang kedua ( Time Out) kolom waktu. Format kolom Jam Kerja sebagai Durasi dengan cara yang sama.
5. Sekarang kolom diformat dengan benar untuk menghitung waktu yang telah berlalu antara dua cap waktu yang direkam.

Dalam contoh kita, Waktu Masuk ada di kolom A, dimulai dari A2, dan Waktu Habis ada di kolom C, dimulai dari C2. Jam kerja ada di kolom E. Dengan format yang diatur dengan benar, melakukan perhitungan menjadi lebih mudah. Yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan rumus berikut: ‘=(C2-A2)’. Ini akan memberi Anda waktu yang telah berlalu antara dua sel dan menampilkannya sebagai jam.

Anda dapat melanjutkan penghitungan ini dengan menambahkan tanggal juga. Ini berguna jika Anda memiliki shift kerja yang berlangsung lebih dari 24 jam atau yang mencakup dua hari dalam satu shift. Untuk melakukan ini, atur kolom waktu masuk dan waktu keluar menjadi format Tanggal Waktu.

Itu saja. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tercantum di atas dan menggunakan rumus yang disediakan, sangat mudah untuk menghitung waktu di Google Spreadsheet.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan Google Spreadsheet, berikut adalah beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan.

Bagaimana Anda Menambahkan Jeda Saat Menghitung Waktu?

Saat menghitung jam kerja karyawan, akan sangat membantu jika mengetahui cara menambahkan waktu istirahat ke lembar waktu Anda. Ada beberapa cara untuk menambahkan istirahat makan siang ke dalam jam kerja karyawan, kami akan membahas metode awal dan akhir istirahat.
Membuat Kolom Break Start dan menambahkan semua jeda ke dalam sel.
Anda dapat membiarkan format kolom aktif otomatis, Google Spreadsheet akan melakukan sisanya.

2. Selanjutnya, buat Break End Column dan biarkan format pada automatic.

3. Hitung jam untuk Kolom Jam Kerja. Jadi, E2 = (B2-A2) + (D2-C2). Yaitu, (Break Start – Time Start) + (Time Out – Break End) = Jam Kerja untuk hari itu.

Hitung itu untuk setiap baris, sehingga Kolom Jam Kerja Anda terlihat seperti ini.

So, E3 = (B3-A3) + (D3-C3), dll.

Bagaimana Mengonversi Menit ke Pecahan? mungkin berguna untuk dapat mengubahnya menjadi pecahan bukan menit, yaitu 30 menit = 1/2. Mengonversi menit ke pecahan itu mudah, ada beberapa cara untuk melakukannya.
Buat sel baru, K2 dalam contoh ini, dan format ke Number.
2. Setel rumus ke ‘= (E2) * 24’.

Jika Anda mengikuti, totalnya harus 5,50 dan akan terlihat seperti ini.

Anda dapat dengan mudah menerapkan ini ke grup atau kolom sel dan mengonversinya dalam hitungan detik .

Bagaimana Anda Menemukan Jumlah Waktu Kerja Tersingkat?

Jika Anda membutuhkan dengan cepat menemukan jumlah waktu kerja paling sedikit, maka ini akan membantu. Fungsi MIN() adalah fungsi bawaan yang memungkinkan Anda untuk dengan cepat menemukan nilai minimum dalam daftar angka.
Membuat sel baru dan menyetelnya ke Durasi, I2 dalam contoh ini, dan menetapkannya sebagai fungsi ‘=MIN( E2:E12)’.Dengan asumsi Anda mengikuti contoh, Kolom Min Hours Worked harus 5:15:00.

Anda dapat dengan mudah menerapkan fungsi MIN() atau MAX() ke kolom atau grup sel, cobalah untuk Anda sendiri.

Bagaimana Cara Menghitung Total Jam Kerja?

Jika Anda tidak terbiasa dengan pemrograman atau Excel, maka beberapa fungsi bawaan untuk Google Spreadsheet mungkin tampak aneh. Untungnya, tidak perlu banyak menghitung total jam kerja. Dalam contoh ini, kami akan menghitung total jam kerja oleh semua karyawan dalam sehari.
Buat sel baru dan tetapkan sebagai Durasi, dalam contoh ini sel G13.
2. Di Formula (fx)Bar: masukkan ‘=SUM(E2:E12)‘. Ini akan memberi Anda total jam kerja dari sel E2 hingga E12. Ini adalah sintaks standar untuk Excel dan berbagai bahasa pemrograman.

Totalnya harus 67:20:00 dan terlihat seperti ini:

Final Thoughts

Google Spreadsheet tidak dirancang khusus untuk digunakan sebagai timesheet tetapi dapat dengan mudah dikonfigurasi untuk melakukan hal itu. Pengaturan sederhana ini berarti Anda dapat melacak jam kerja dengan cepat dan mudah. Saat rentang waktu melewati batas 24 jam, segalanya menjadi sedikit lebih rumit, tetapi Spreadsheet masih dapat melakukannya dengan mengubah dari format Waktu ke Tanggal.

Semoga tutorial ini bermanfaat bagi Anda. Jika ya, pastikan untuk membaca lebih banyak artikel TechJunkie untuk menemukan tip dan trik yang Anda perlukan untuk memaksimalkan alat dan aplikasi teknologi favorit Anda.

(Ingin mengetahui usia seseorang? Lihat tutorial kami tentang cara menghitung usia dari tanggal lahir di Spreadsheet. Anda juga dapat membaca artikel kami tentang mencari tahu berapa hari telah berlalu antara dua tanggal di Spreadsheet, atau mungkin Anda ingin mempelajari cara menampilkan tanggal hari ini di Spreadsheet.)

Mendapat kiat pelacakan waktu lainnya untuk Google Lembar? Beri tahu kami tentang mereka di bawah ini!