Cara Menghubungkan Pengontrol Nintendo Switch ke PC

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Nintendo Switch adalah sistem game yang memungkinkan Anda memainkan game di mana pun Anda berada: Anda dapat memainkannya di rumah atau saat bepergian! Ini berubah dari konsol rumah menjadi konsol genggam hanya dalam beberapa detik. Anda juga dapat menggunakan pengontrol untuk memainkan game di PC Anda. Jadi, jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara menghubungkan pengontrol Switch ke PC, pastikan Anda membaca artikel ini.

Joy-Con Controllers

Joy-Cons adalah pengontrol utama untuk Nintendo Switch. Hal yang paling menarik tentang mereka adalah desain mereka: Mereka terdiri dari dua unit terpisah. Ini berarti Anda dapat menggunakan pengontrol untuk satu pemain, dan jika Anda mau, Anda dapat melepaskannya dan menggunakannya sebagai dua pengontrol. Anda dapat menghubungkan hingga delapan Joy-Cons ke Nintendo Switch secara bersamaan. Joy-Con tersedia dalam berbagai warna, dan disertakan dengan konsol Switch, atau Anda dapat membelinya secara terpisah.

Cara Menghubungkan Kontroler Joy-Con ke PC

Secara default, Nintendo Switch dilengkapi dengan kontroler Joy-Con. Anda dapat dengan mudah memasangkannya dengan komputer Anda jika Anda mengikuti langkah-langkah berikut:
Pastikan Bluetooth diaktifkan. Anda dapat melakukannya dengan membuka menu Mulai. Arahkan ke ”Pengaturan”, lalu ”Perangkat”, dan pilih ”Bluetooth.”Ketuk tombol “Tambah Bluetooth atau perangkat lain”. Putuskan pengontrol Joy-Con dari Switch. Cari “Sinkronisasi” tombol pada pengontrol Anda. Anda dapat menemukannya di antara tombol SR dan SL. Tahan tombol ini sampai lampu mulai berkedip. Cari “Joy-Con” di menu Bluetooth di komputer Anda. Pilih opsi pemasangan.
Selesai! Anda telah berhasil menghubungkan pengontrol Joy-Con Anda ke PC Anda. Penting untuk dicatat bahwa karena pengontrol Joy-Con terdiri dari dua unit, PC akan mengenalinya sebagai terpisah. Jadi, jika Anda ingin bermain game multipemain, ini adalah opsi yang bagus. Namun, jika Anda ingin memainkan game satu pemain yang rumit, Anda harus mengambil langkah tambahan untuk menggunakan Joy-Cons sebagai satu unit.

Cara Menghubungkan Joy-Cons sebagai Satu Unit

Jika Anda ingin menghubungkan Joy-Cons sebagai satu unit, beberapa program dan aplikasi dapat membantu Anda melakukannya. Sayangnya, metode ini hanya bekerja dengan Windows, jadi opsi ini tidak akan tersedia jika Anda memiliki perangkat Mac.
Hubungkan pengontrol Joy-Con ke komputer Anda. Unduh BetterJoy dari https://github.com/.Ekstrak file ke folder preferensi Anda.Buka subfolder dan jalankan ViGEmBUS_Setup sebagai administrator.Instal driver.Setelah menginstal driver, buka folder utama.Jalankan BetterJoyForCemu sebagai administrator.Program sekarang akan mengenali pengontrol Anda sebagai satu unit.
Nintendo Switch Pro Controllers

Nintendo juga memproduksi pengontrol ini untuk konsol Nintendo Switch. Mereka menawarkan alternatif untuk pengontrol Joy-Con yang disertakan dengan konsol secara default. Dengan desainnya, pengontrol Switch Pro menyerupai pengontrol tradisional, menjadikannya pilihan yang populer.

Jika Anda menginginkan pengalaman bermain game tradisional atau yang lebih tepat, Anda dapat memilih Pengontrol Switch Pro. Jika Anda ingin mempelajari cara menghubungkannya ke PC, lihat instruksi di bawah ini.

Cara Menghubungkan Kontroler Switch Pro ke PC dengan Koneksi Kabel

Jika Anda ingin menggunakan kabel untuk menghubungkan pengontrol ke PC, ikuti langkah-langkah ini :
Colokkan kabel Pro Controller Anda ke controller. Anda dapat menggunakan kabel USB-A-ke-USB-C atau kabel USB-C-ke-USB-C apa pun jika komputer Anda memiliki port USB-C. Colokkan ujung kabel yang lain ke komputer Anda.
Itu saja. Ini adalah cara termudah untuk menghubungkan pengontrol Anda ke PC. Itu akan terdeteksi sebagai “Pro Controller.”

Cara Menghubungkan Switch Pro Controller ke PC Dengan Koneksi Nirkabel
Pastikan Bluetooth di komputer Anda dihidupkan. Anda dapat melakukannya dengan membuka menu Mulai. Arahkan ke ”Pengaturan”, lalu ”Perangkat”, dan pilih ”Bluetooth.”Ketuk tombol “Tambah Bluetooth atau perangkat lain”. Tahan tombol “Sinkronkan” pada pengontrol Anda hingga lampu mulai berkedip. Anda dapat menemukan tombol ini di bagian atas pengontrol Anda. Cari “Pro Controller” di menu Bluetooth di komputer Anda. Pilih opsi pemasangan.
Cara Menghubungkan Pengontrol Nintendo Switch ke Steam

Jika Anda ingin memainkan game Steam, Anda dapat menggunakan Switch Pro Controller Anda untuk melakukannya. Ikuti langkah-langkah ini untuk menghubungkannya:
Pastikan Anda telah menginstal Steam. Jika Anda belum memilikinya, Anda dapat mengunduhnya di sini: https://store.steampowered.com/about/.Buka Steam dan ketuk “Pengaturan pengontrol.” Jika mau, Anda dapat memilih opsi tata letak tombol. Misalnya, Anda dapat memutuskan untuk meninggalkan tata letak tombol Nintendo, atau mengalihkannya ke tata letak Xbox One. Hubungkan Pengontrol Pro Anda ke PC. Daftarkan pengontrol. Buka “Konfigurasi pengontrol.” Di menu ini, Anda dapat mengubah fungsi setiap tombol pada pengontrol Anda.
Setelah Anda mengaturnya, Pengontrol Pro akan bekerja dengan setiap game Steam.

Joy-Con vs. Pro Controller

Keduanya mewakili opsi bagus untuk bermain game di Nintendo Anda Mengalihkan. Namun, tergantung pada kebutuhan Anda, Anda mungkin melihat bahwa salah satunya akan lebih cocok untuk Anda. Mari kita lihat pro & kontra dari kedua pengontrol ini.

Pros
Joy-ConsDesign – Fitur terbaik Joy-Cons adalah desainnya. Anda mendapatkan dua pengontrol yang dapat bekerja bersama sebagai satu. Jadi, jika Anda menikmati bermain game multipemain atau mengadakan malam permainan bersama teman-teman Anda, Joy-Cons akan menjadi pilihan utama Anda. Anak-anak menyukainya – Karena ukurannya yang kecil, Joy-Cons sangat cocok untuk anak-anak. Ketika terlepas, mereka sangat ringan, yang membuatnya mudah dipegang. Mereka juga datang dalam berbagai warna, yang membuatnya menarik, terutama untuk anak-anak. Pengalaman genggam – Joy-Cons menawarkan pengalaman genggam yang hebat, karena mereka dirancang untuk terhubung ke konsol Anda secara fisik. Mudah dibawa – Karena kecil, Joy- Kontra sangat bagus saat Anda bepergian dengan konsol. Selain itu, karena ukuran dan beratnya, mereka tidak memakan banyak ruang. Pengontrol Nintendo Switch Pro Desain tradisional – Gamer yang terbiasa dengan pengontrol Xbox atau PlayStation pasti akan lebih memilih pengontrol ini karena desainnya menyerupai pengontrol tradisional. Daya tahan baterai – Pengontrol Switch Pro memiliki daya tahan baterai yang sangat baik. Ini bertahan hingga 40 jam, yang sangat bagus, dan mengisi daya melalui port USB. Nyaman – Kontroler ini sangat nyaman di tangan Anda karena desainnya yang ergonomis. Ini akan menjaga tangan Anda dari kram, dan sementara Joy-Cons bagus untuk anak-anak dan orang-orang dengan tangan yang lebih kecil, Switch Pro akan lebih pas dengan tangan orang dewasa. Kontrol yang lebih baik – Karena desainnya, Switch Pro akan nyaman di tangan Anda, sehingga memungkinkan Anda untuk memiliki kontrol yang lebih baik atas permainan Anda. Jadi, jika Anda menikmati bermain game pemain tunggal yang intens, ini mungkin pilihan yang sangat baik untuk Anda.
Cons
Joy-ConsMasa pakai baterai – Sementara pengontrol Switch Pro menawarkan 40 jam masa pakai baterai, Joy-Cons menawarkan 20, yang merupakan perbedaan besar. Namun, jika Anda mengisi Joy-Cons di antara sesi permainan Anda, Anda seharusnya tidak memiliki masalah dengan baterainya. Ukuran – Meskipun ukurannya yang kecil bisa bagus untuk anak-anak, ini membawa kerugian yang signifikan bagi gamer yang serius. Karena ukurannya, mereka dapat menyebabkan tangan Anda kram. Joy-Con drift – Banyak orang telah melaporkan mengalami masalah yang menyebabkan input yang salah. Stik analog pada pengontrol mulai bergerak meskipun tidak dipindahkan secara fisik. Pengontrol Nintendo Switch ProTidak cocok untuk mode portabel – meskipun pengontrol Switch pro sangat bagus karena desainnya yang ergonomis, tidak mungkin untuk menghubungkannya secara fisik ke Beralih konsol. Jadi, jika Anda sering bermain game di luar rumah, ini mungkin menjadi masalah. Dapat disesuaikan – Switch Pro hanya hadir dalam warna hitam dan beberapa warna edisi khusus. Jika Anda peduli dengan warna dan kemampuan penyesuaian pengontrol Anda atau jika Anda ingin membeli pengontrol untuk anak-anak Anda, ini mungkin pemecah kesepakatan. Harga – meskipun Switch Pro bagus, perbedaan paling signifikan adalah Joy-Cons datang dengan konsol. Jadi, jika Anda ingin menggunakan pengontrol Switch Pro, Anda harus membelinya secara terpisah. Dan karena harganya serupa, pada dasarnya Anda akan mendapatkan dua Joy-Cons dengan harga satu Switch Pro. Inilah sebabnya mengapa banyak orang memutuskan untuk membeli satu set Joy-Cons tambahan atau tidak membeli sama sekali.
Singkatnya, Joy-Cons dan Nintendo Switch Pro Controllers adalah gadget yang fantastis dengan hak mereka sendiri. Tidak mudah untuk memilih di antara keduanya, tetapi yang dapat Anda lakukan adalah memikirkan untuk apa Anda akan menggunakannya. Jika Anda menikmati menyelenggarakan malam permainan, bermain game multipemain, atau membeli konsol untuk anak-anak Anda, Joy-Cons mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

Namun, jika Anda seorang gamer yang bersemangat, Anda menikmati desain ergonomis, dan Anda kebanyakan bermain sendiri, Nintendo Switch Pro Controller akan sangat cocok. Kontroler ini nyaman, menawarkan masa pakai baterai yang sangat baik, dan memiliki desain tradisional, yang merupakan keuntungan signifikan bagi banyak gamer.

Menghubungkan Kontroler Switch Anda ke PC: Dijelaskan

Sekarang Anda telah mempelajari berbagai cara untuk menghubungkan kontroler Switch ke PC Anda . Jika Anda ingin bermain game di PC menggunakan pengontrol Switch, pastikan Anda membaca panduan kami, dan Anda akan siap bermain hanya dalam beberapa langkah sederhana.

Pernahkah Anda mencoba menggunakan pengontrol Switch untuk bermain game di komputer? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah!