Cara Mengidentifikasi Apakah Telepon GSM atau CDMA

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tautan Perangkat
AndroidiPhonePerangkat Hilang?
Tidak semua operator seluler menggunakan pita yang sama. Jaringan GSM dan CDMA sangat berbeda, dan menggunakan perangkat yang ditujukan untuk satu sama lain tidak selalu memungkinkan.

Misalnya, jika Anda menggunakan AT&T atau T-Mobile, Anda mungkin tidak dapat beralih ke Verizon tanpa juga mengubah phone.

Tetapi katakanlah Anda tidak membeli telepon dari operator Anda. Dapatkah Anda mengetahui jaringan apa yang kompatibel dengan ponsel Anda?

Anda dapat dan ada berbagai cara untuk mengetahuinya.

Metode 1 – Periksa Slot SIM

Jika Anda menggunakan ponsel generasi lama, melihat slot kartu SIM adalah cara tercepat untuk menentukan jika terkunci ke jaringan GSM atau CDMA.

Tradisional, telepon CDMA datang tanpa kartu SIM. Mereka tidak membutuhkannya karena nomor telepon dulu terhubung langsung ke perangkat. Oleh karena itu, slot kartu SIM menunjukkan kompatibilitas jaringan GSM.

Namun, metode ini kurang efisien pada ponsel yang lebih baru, terutama yang kompatibel dengan teknologi 4G dan 5G.

Ini hampir selalu disertai dengan slot kartu SIM, dan Anda mungkin perlu menggunakan metode verifikasi yang berbeda .

Metode 2 – Buka Aplikasi Pengaturan

Ponsel Anda berisi semua informasi yang mungkin Anda perlukan tentang dirinya sendiri dan kompatibilitas jaringan.

Ini hanya masalah pergi ke tab yang tepat untuk menarik informasi.

Anda sedang mencari apa pun tentang MEID, ESN, atau nomor IMEI. Nomor MEID dan ESN dikaitkan dengan jaringan CDMA. Menemukan nomor IMEI berarti ponsel dikonfigurasikan untuk jaringan GSM.

Menemukan Jaringan di Ponsel Android

Berikut cara menemukan MEID, ESN, atau IMEI di perangkat Android.
Buka aplikasi “Pengaturan”. Gulir ke bawah ke “Tentang Ponsel ” bagian. Ketuk dan pilih “Status.”
Temukan Jaringan di iPhone

Berikut cara menemukan informasi jaringan di iPhone Anda.
Buka aplikasi “Pengaturan”. Pilih “Umum.” Buka tab “Tentang”. jalur untuk mencapai tab yang diinginkan mungkin sedikit berbeda tergantung pada model persis Anda dan bagaimana menu disusun.

Metode 3 – Mencari Nomor Model

Pencarian online cepat nomor model ponsel Anda adalah cara cepat lain untuk mengetahui apakah itu kompatibel dengan GSM atau CDMA .

Biasanya, nomor model tertulis di kemasan. Ini dapat membantu jika baterai Anda mati, dan Anda tidak dapat masuk ke aplikasi Pengaturan.

Metode 4 – Periksa Dokumentasi

Setiap ponsel dilengkapi dengan dokumentasi lengkap dari produsen yang berisi daftar lengkap fitur, cara menggunakannya, dll.

The dokumen telepon juga harus menyimpan informasi mengenai jaringan yang kompatibel. Tetapi ini mungkin metode paling lambat yang dapat Anda gunakan untuk menentukan apakah Anda memiliki telepon GSM atau CDMA.

Metode 5 – Hubungi Operator Anda

Jika Anda tidak yakin jenis jaringan apa yang dimiliki operator Anda, Anda selalu dapat menghubungi mereka untuk mendapatkan informasi. Ini adalah cara yang andal untuk mengetahui apa yang Anda butuhkan jika Anda membeli telepon langsung dari operator.

Banyak ponsel operator terkunci ke jaringan tertentu. Itu tidak terlalu diperlukan, tetapi ini adalah cara yang efektif untuk mempertahankan pelanggan lebih lama.

Alasan lain untuk menghubungi operator adalah bahwa beberapa dari mereka mungkin menjual ponsel yang kompatibel dengan kedua jaringan.

Misalnya, Verizon sering menjual ponsel yang dapat digunakan di jaringan GSM dan CDMA , meskipun secara eksklusif merupakan operator CDMA.

FAQ
Apakah ponsel pabrikan terkunci ke jaringan?

Membeli ponsel langsung dari pabrikan adalah cara terbaik untuk memastikan Anda tidak terkunci ke jaringan tertentu dan dapat dengan mudah menggunakan ponsel Anda hampir di mana saja di dunia .

Baik Samsung, Apple, Huawei, atau produsen besar lainnya biasanya mengunci perangkat mereka ke jaringan GSM atau CDMA.

Hanya beberapa operator seluler yang cenderung melakukan ini. Tetapi operator seperti Verizon menawarkan ponsel yang tidak terkunci, yang berarti Anda dapat beralih ke operator dan jaringan yang berbeda jika Anda mengakhiri kontrak.

Pertimbangkan untuk Meningkatkan Standar Anda

GSM dan jaringan CDMA 2G dan 3G telah banyak digunakan, tetapi itu akan segera berubah. Sejak 4G diperkenalkan, semakin banyak operator yang beralih ke standar LTE yang lebih baru.

Kecuali ponsel Anda tidak dapat menangani lebih dari 2G atau 3G, kemungkinan menggunakan LTE dan hanya kembali ke GSM atau CDMA jika Anda tidak bisa mendapatkan Cakupan LTE.

Tetapi GSM dan CDMA dengan cepat menjadi usang, terutama karena adopsi teknologi 5G yang cepat. Dalam beberapa tahun ke depan, sepertinya Anda tidak akan melihat banyak ponsel 2G dan 3G yang dijual atau cakupan apa pun untuk jaringan GSM dan CDMA.

Beberapa operator bahkan telah mengumumkan bahwa mereka akan menutup jaringan 3G untuk meningkatkan ke standar 4G LTE yang lebih cepat sebelum beralih ke semua -di 5G.

Oleh karena itu, apakah ponsel Anda kompatibel dengan GSM atau CDMA mungkin tidak akan segera menjadi masalah.

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah jika Anda yakin GSM dan CDMA harus terus menerima dukungan jangka panjang atau jika menghabiskan uang untuk 4G dan infrastruktur 5G adalah tindakan terbaik.