Cara Menginstal APK di BlueStacks

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Apakah Anda ingin menginstal aplikasi Android favorit Anda di BlueStacks, tetapi Anda tidak dapat menemukannya di Google Play karena suatu alasan? Jangan khawatir. BlueStacks memungkinkan Anda menginstal aplikasi apa pun yang berjalan di Android selama Anda memiliki APK aplikasi. Dan dengan begitu banyak sumber pihak ketiga yang menawarkan file APK siap-instal, tidak ada yang akan menghentikan Anda untuk menikmati game dan aplikasi favorit Anda, bahkan jika Anda tidak memiliki perangkat seluler untuk menjalankannya.

Artikel ini akan menunjukkan cara melakukannya instal APK di BlueStacks dan siapkan pengalaman Android di PC Anda.

Cara Memasang APK

BlueStacks adalah alat untuk menginstal aplikasi Android ke PC sehingga Anda dapat memanfaatkan layar komputer yang lebih besar, prosesor yang lebih cepat, dan grafik yang lebih baik.

Ini membantu Anda memainkan game Android atau menggunakan aplikasi Android tanpa harus membeli perangkat seluler Android, menghadirkan kekuatan Google Play langsung ke desktop Anda.

Dengan emulator ini, Anda dapat mengakses semua layanan Google Play. Itu termasuk jutaan aplikasi Android, eBuku, game, dan majalah.

Tetapi bagaimana jika Anda tidak dapat mengakses Google Play secara langsung? Di situlah file APK masuk.

APK adalah singkatan dari Android Package Kit. Ini adalah format file yang digunakan untuk mendistribusikan dan menginstal perangkat lunak aplikasi ke sistem operasi Google Android.

Tidak seperti versi aplikasi Google Play, file APK dapat diunduh dari platform pihak ketiga yang tepercaya dan diinstal pada BlueStacks atau perangkat Android.File

APK disertakan beberapa manfaat:
Mereka memungkinkan Anda untuk menginstal versi aplikasi sebelumnya. Meskipun Google Play hanya mengizinkan pengguna Android untuk menginstal aplikasi versi terbaru, sumber pihak ketiga memungkinkan Anda untuk menyelami arsip dan menginstal versi yang lebih lama. Mereka dapat membantu Anda menginstal dan menggunakan versi beta dari aplikasi yang telah bocor sebelumnya. rilis resminya. Ini cukup umum di dunia game. Anda dapat mengatasi batasan geografis Google Play yang membuat aplikasi tertentu tidak tersedia tergantung pada lokasi Anda.
Langkah-langkah untuk menginstal file APK di BlueStacks bervariasi sesuai dengan versi yang Anda gunakan.

Pertama, mari kita lihat cara menginstal APK di BlueStacks 4.230 dan di bawahnya.

Cara Menginstal APK di BlueStacks 4.230 atau Sebelumnya

Jika Anda lebih suka menjalankan aplikasi Android di BlueStacks versi 4.230 atau lebih lama, berikut cara menginstal file APK dari aplikasi pilihan Anda :
Unduh file APK dari situs web pihak ketiga yang kredibel dan tepercaya.Buka pemutar BlueStacks Anda dan arahkan ke “Game Saya”.Klik pada tiga bilah vertikal di samping “Personalisasi.” Anda akan melihat daftar opsi yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan ukuran ikon, mengubah wallpaper, dan menginstal APK. Pilih “Instal APK” untuk membuka Windows Explorer, di mana Anda dapat menavigasi ke folder yang berisi file APK Anda. Setelah Anda menemukan aplikasi, pilih dan klik “Buka” di bagian bawah jendela Explorer. Pada titik ini, aplikasi harus mulai dipasang di BlueStacks. Anda kemudian dapat meluncurkannya dari tab “Game Saya”.
Cara Menginstal APK di BlueStacks 4.240 atau Nanti

Meskipun versi 4.230 dan 4.240 memiliki banyak kesamaan, langkah-langkah untuk menginstal file APK sedikit berbeda.

Berikut caranya ketika menggunakan versi 4.240 atau yang lebih baru:
Unduh file APK dari situs web pihak ketiga yang kredibel dan tepercaya.Luncurkan BlueStacks di komputer Anda.Klik tab “Instal APK” di bilah sisi di sebelah kanan Anda, atau tekan Ctrl + Shift + B kunci secara bersamaan. Ini akan membuka popup Windows Explorer di mana Anda dapat menavigasi ke folder yang berisi APK yang ingin Anda instal. Setelah Anda menemukan file, pilih dan kemudian klik “Buka.” Aplikasi harus mulai menginstal di BlueStacks dan dapatkan dikirim ke bagian “Game Saya”.
Cara Memasang APK di BlueStacks 5

Sebagai versi terbaru, BlueStacks 5 menawarkan kepada pecinta Android kinerja game paling lancar dan paling efisien. Namun, komputer Anda harus memiliki setidaknya 4GB RAM dan 5GB ruang disk kosong.

Ada dua cara untuk menginstal file APK di BlueStacks 5:
Metode Drag & DropUnduh file APK dari situs web pihak ketiga yang kredibel dan tepercaya.Luncurkan BlueStacks di komputer Anda. Arahkan ke lokasi folder APK. Seret dan jatuhkan file ke layar beranda BlueStacks untuk memulai proses instalasi.
Setelah berhasil menginstal, Anda dapat membuka aplikasi dari layar beranda BlueStacks 5.
Metode Windows Explorer Unduh file APK dari aplikasi yang ingin Anda instal. Klik tab “Instal APK” dari bilah alat Samping. Ini akan membuka popup Windows Explorer untuk memungkinkan Anda memilih file yang ingin Anda instal. Setelah Anda menemukan APK, pilih dan klik “Buka” untuk memulai proses instalasi.
Setelah instalasi, Anda akan melihat aplikasi ikon di layar beranda BlueStacks.

BlueStacks Gagal Menginstal APK

APK Instalasi di BlueStacks hampir selalu berjalan dengan lancar, tetapi beberapa pengguna telah melaporkan beberapa masalah, terutama saat menggunakan emulator Android versi sebelumnya. Jika penginstalan gagal, berikut adalah beberapa metode pemecahan masalah yang mungkin Anda lakukan ingin mencoba:

Metode 1: Instal BlueStacks Invalid File Resolver

Sadarilah bahwa beberapa file APK tidak selalu berhasil diinstal, pengembang BlueStacks telah merilis tambalan perangkat lunak untuk menyelesaikan masalah. Anda hanya perlu mengunduh patch dan menginstalnya di BlueStacks.

Setelah instalasi, Anda seharusnya dapat menginstal file APK tanpa masalah.

Metode 2: Instal BlueStacks Versi Berakar

Ini adalah rahasia umum bahwa beberapa aplikasi hanya diinstal pada versi root dari BlueStacks sistem operasi. Demikian juga, aplikasi semacam itu hanya dapat berjalan di BlueStacks versi root. Kabar baiknya adalah Anda dapat dengan mudah menemukan salinannya di situs web di seluruh internet.

Metode 3: Instal ulang BlueStacks

Jika tidak ada metode di atas yang berhasil untuk Anda, kemungkinan besar masalahnya adalah aplikasi BlueStacks Anda. Bisa jadi itu tidak terpasang dengan benar atau tidak didukung oleh PC Anda. Jadi, pertimbangkan untuk mencopot pemasangannya lalu memasang versi terbaru aplikasi.

Dapatkan Hasil Maksimal dari Android

BlueStacks memungkinkan Anda menjalankan hampir semua aplikasi yang dibuat untuk Android, termasuk apa pun di Google Play Store. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk bermain game multipemain dengan teman yang juga menginstal BlueStacks di komputer mereka.

Yang terpenting, trik ini mungkin berguna saat Anda ingin menghindari batasan geografis Google Play atau menggunakan versi aplikasi yang lebih lama. Anda bahkan dapat menginstal aplikasi yang belum dirilis secara resmi.

Atau, jika Anda seorang pengembang, Anda dapat menguji aplikasi Anda langsung di komputer Anda sebelum memublikasikannya ke Google Play Store.

Sudahkah Anda mencoba menginstal APK di BlueStacks? Bagaimana hasilnya?

Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.