Cara Menginstal Aplikasi Android di PC Windows 11

Banyak pengguna Microsoft telah menantikan peluncuran Windows 11 karena dukungan asli yang diumumkan untuk aplikasi Android. Fitur ini memungkinkan Anda mengunduh dan menggunakan aplikasi Android secara langsung tanpa menggunakan emulator pihak ketiga.

Jika Anda ingin mempelajari cara menggunakan fitur menarik ini, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Teruslah membaca untuk mengetahui cara memasang aplikasi Android di Windows 11.

Pastikan Komputer Anda Memenuhi Persyaratan Sistem

Amazon Appstore adalah yang memungkinkan pengunduhan aplikasi Android ke PC Anda. Sebelum mempelajari cara menggunakannya, Anda harus memeriksa apakah PC Anda memenuhi persyaratan sistem yang diperlukan untuk mengunduh pasar Android ini.

Perhatikan bahwa persyaratan ini sedikit berbeda dari persyaratan sistem Windows 11. Oleh karena itu, jika Anda dapat menjalankan sistem operasi ini, tidak berarti Anda juga dapat menjalankan aplikasi Android.

Komputer Anda harus memiliki spesifikasi berikut untuk mengunduh Amazon Appstore:
RAM: Persyaratan minimum adalah RAM 8GB, tetapi disarankan untuk memiliki setidaknya 16GB.Prosesor: Tergantung pada pabrikannya, CPU Anda harus prosesor Intel Core i3 Generasi ke-8 atau lebih tinggi atau seri AMD Ryzen atau lebih tinggi. Jika Anda menggunakan Qualcomm, CPU Anda harus Snapdragon 8c atau lebih tinggi. Jenis penyimpanan: SSD internal harus diinstal pada PC Anda. Jenis sistem: Anda harus memiliki PC berbasis x64 atau ARM64.
Jika PC Anda tidak memenuhi ini persyaratan sistem minimum, Anda kurang beruntung. Anda tidak akan dapat menggunakan Amazon Appstore tanpa peningkatan perangkat keras yang lebih serius.

Menjalankan aplikasi Android di PC Anda memerlukan beberapa persyaratan lagi. Namun, jika PC Anda saat ini tidak memenuhinya, Anda dapat dengan mudah mengubahnya dengan mengubah beberapa pengaturan.

Persyaratan ini meliputi:
Menggunakan Windows 11 220000.0 atau versi yang lebih tinggi.Mengaktifkan Platform Mesin Virtual.Berlokasi di AS
Cara Memeriksa Persyaratan Sistem

The Microsoft Store memudahkan untuk memeriksa apakah spesifikasi sistem Anda memadai untuk mengunduh Amazon Appstore. Inilah yang harus dilakukan:
Temukan Amazon Appstore di aplikasi Store.Cari bagian “Persyaratan Sistem”.Periksa apakah ada tanda centang hijau yang menunjukkan sistem Anda memenuhi persyaratan.Jika tidak ada tanda centang hijau, klik “Tampilkan lebih banyak”.Baca daftar persyaratan dan catat di mana kekurangan sistem Anda.
Sayangnya, jika Anda melewatkan beberapa persyaratan sistem utama, Amazon Appstore bahkan mungkin tidak muncul di Microsoft Store. Jika demikian, pertimbangkan untuk memeriksa spesifikasi sistem Anda secara manual.

Ikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa persyaratan “RAM Terpasang”, “Prosesor”, dan “Jenis Sistem”:
Klik tombol “Mulai”. Pilih “Pengaturan”. Buka ” Sistem.” Gulir ke bawah ke bagian “Tentang”.” Periksa tab yang sesuai di bawah “Spesifikasi Perangkat.”
Saat Anda berada di bagian “Tentang”, buka “Spesifikasi Windows” untuk memeriksa Build OS. Jika Anda melihat “220000.0” atau lebih tinggi, PC Anda siap digunakan. Jika tidak, Anda akan mengetahui cara memperbarui sistem Anda nanti di artikel ini.

Untuk memeriksa persyaratan “Jenis Penyimpanan”, lakukan hal berikut:
Klik “Penyimpanan” setelah Anda berada di jendela “Sistem” pada “Pengaturan. ”Ketuk “Pengaturan penyimpanan lanjutan.” Pilih “Disk dan volume.” Periksa apakah tertulis “SSD” di bawah “Volume.”
Sekarang setelah Anda membandingkan spesifikasi Anda dengan daftar persyaratan, Anda dapat menyimpulkan mengapa Appstore tidak muncul. Terlebih lagi, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk membuat perubahan yang diperlukan.

Cara Memperbarui Windows 11

Versi OS yang lebih tinggi mungkin merupakan masalah yang paling mudah untuk diselesaikan. Yang perlu Anda lakukan adalah memperbarui sistem Anda. Berikut cara melakukannya:
Buka “Pengaturan.” Buka tab “Pembaruan Windows”. Ketuk tombol “Periksa pembaruan”. Ketika pembaruan yang tersedia muncul, klik tombol “Unduh & Instal” di bawahnya.
Cara Mengaktifkan Virtual Platform Mesin

Platform Mesin Virtual adalah fitur yang memungkinkan PC Anda meniru sistem operasi yang berbeda. Untungnya, semua mesin Windows 11 memiliki fitur ini diaktifkan secara default.

Namun, jika Anda telah meningkatkan sistem Anda ke Windows 11, mungkin lebih baik untuk memeriksa apakah fitur ini diaktifkan.
Ketik “Panel kontrol” di bilah pencarian dan tekan tombol ikon yang muncul. Ketuk ikon “Program dan Fitur”. Klik opsi “Aktifkan atau nonaktifkan fitur Windows”. Temukan “Platform Mesin Virtual” di jendela pop-up. Centang kotak di sebelahnya jika tidak’ t sudah.Tekan “OK.”
Cara Mengubah Pengaturan Negara

Amazon Appstore hanya akan berfungsi jika PC Anda berlokasi di Amerika Serikat. Jika Anda tidak tinggal di Amerika Serikat, Anda tidak perlu pindah dulu. Anda cukup mengubah pengaturan negara Anda.
Buka ke “Pengaturan.” Ketuk ikon “Waktu & Bahasa”. Pilih “Bahasa & Wilayah.” Klik “Negara atau wilayah” di bawah tab “Wilayah”. Pilih “Amerika Serikat” dari menu dropdown.
Jika Anda masih mendapatkan pesan kesalahan saat mencoba menggunakan toko, pertimbangkan untuk menggunakan VPN.

Cara Menginstal Aplikasi Android Menggunakan Amazon Store

Setelah memastikan semua persyaratan sistem Anda sesuai, saatnya untuk beralih ke instalasi aplikasi. Proses ini cukup mudah dan tidak akan memakan banyak waktu Anda.

Sayangnya, Anda belum dapat mengunduh aplikasi apa pun yang dapat Anda pikirkan. Saat ini jumlah aplikasi Android yang tersedia terbatas. Selain itu, aplikasi ini tidak tersedia melalui Google Play tetapi Amazon Appstore.

Cara Mengunduh Amazon Appstore

Amazon Appstore adalah landasan dukungan asli aplikasi Android di Windows 11. Jadi, langkah pertama adalah mengunduhnya ke PC Anda :
Buka Microsoft Store.Masukkan “Amazon Appstore” di bilah pencarian. Ketuk aplikasi setelah muncul. Klik “Instal.” Tekan “Unduh” di jendela pop-up. Konfirmasikan perubahan di komputer Anda jika diminta. Instalasi “Subsystem for Android from Microsoft” telah selesai, klik “Open Amazon Appstore” untuk mulai menggunakan store.

Hal pertama yang akan Anda lihat adalah jendela login. Jika Anda sudah menjadi pelanggan Amazon, masuk menggunakan informasi Anda. Jika tidak, ketuk tombol “Buat akun Amazon baru” dan ikuti petunjuk di layar.

Sekarang saatnya untuk mulai mengunduh aplikasi favorit Anda. Meskipun terbatas saat ini, jumlah aplikasi yang tersedia diperkirakan akan terus bertambah.

Cara Memasang Aplikasi

Amazon Appstore berfungsi dengan cara yang sama seperti Google Play. Jelajahi perpustakaan atau cari aplikasi tertentu yang ada dalam pikiran Anda. Setelah Anda menemukan aplikasi yang menarik bagi Anda, lakukan hal berikut:
Klik pada aplikasi.Ketuk “Dapatkan” pada halaman aplikasi.
Aplikasi akan otomatis diinstal pada PC Anda. Tekan “Buka” untuk meluncurkan app.

Windows 11 memperlakukan aplikasi Android ini seperti halnya memperlakukan aplikasi Windows biasa. Anda dapat menemukannya di daftar aplikasi dan menyematkannya ke menu Mulai. Aplikasi ini dapat diluncurkan langsung tanpa membuka Amazon Appstore lagi.

Setelah dibuka, sebagian besar aplikasi akan muncul dalam mode potret, seperti pada ponsel Android. Namun, beberapa aplikasi akan muncul seperti aplikasi desktop Windows lainnya, sehingga Anda dapat menyesuaikan ukuran jendela atau membuat aplikasi menjadi layar penuh.

Langsung ke Point

Windows 11 telah memungkinkan pengguna untuk menikmati aplikasi Android di komputer mereka tanpa mencari solusi yang rumit. Amazon Appstore cukup mudah diatur, jadi aplikasi favorit Anda hanya dengan beberapa klik saja. Setelah mengunduh aplikasi yang diperlukan, Anda dapat dengan mudah beralih dari ponsel atau tablet ke PC desktop atau laptop.

Sudahkah Anda mencoba menginstal aplikasi Android di PC? Aplikasi mana yang Anda unduh pertama kali? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.