Cara Menginstal Codec HEVC Gratis di Windows 10 (untuk Video H.265)

Microsoft

Windows 10 mendukung file video yang dikodekan dengan High-Efficiency Video Coding (HEVC), juga dikenal sebagai video H.265. Namun, Microsoft membebankan biaya untuk codec resminya dan tidak menyertakannya di Windows 10. Anda bisa mendapatkannya secara gratis tanpa mengeluarkan kartu kredit dan menghabiskan $0,99.

Bagaimana Video HEVC Bekerja di Windows 10

HEVC video menjadi lebih populer. iPhone sekarang merekam video dalam HEVC secara default, dan Blu-ray 4K UHD juga menggunakan HEVC.

Codec ini memungkinkan Anda menonton video tersebut di PC, tetapi hanya diperlukan untuk aplikasi seperti pemutar video Film & TV Microsoft, disertakan dengan Windows 10, dan aplikasi Windows lainnya yang memanfaatkan codec yang ada di dalam Windows.

Pemutar video pihak ketiga yang populer VLC, misalnya, menyertakan codec bawaannya sendiri. Untuk memutar video HEVC (H.265) di VLC, cukup instal VLC dan buka—done.

Untuk dukungan bawaan, Anda memerlukan codec. Ini tidak disertakan dengan versi terbaru Windows 10 tetapi harus diinstal dari Microsoft Store. Codec ini juga diperlukan untuk encoding video dalam format HEVC (H.265) di aplikasi yang menggunakan codec sistem Windows 10.

TERKAIT:Apa Itu Video HEVC H.265, dan Mengapa Ini Begitu Penting untuk Film 4K?

Cara Memasang Codec for Free

Sebenarnya ada dua paket codec berbeda yang bisa Anda dapatkan dari Store. Keduanya identik, tetapi satu berharga $0,99 dan satu gratis.

Advertisement

Jika Anda mencari HEVC di Store, Anda akan melihat paket Ekstensi Video HEVC $0,99. Biaya ini kemungkinan mencerminkan biaya pemberian lisensi codec untuk Microsoft.

Namun, Anda juga bisa mendapatkan paket “HEVC Video Extensions from Device Manufacturer” gratis dari Store. Untuk menemukannya di Store, salin-tempel alamat berikut ke bilah alamat browser web Anda dan tekan Enter:

ms-windows-store://pdp/?ProductId=9n4wgh0z6vhq

Ini sama dengan paket $0,99 tetapi sepenuhnya gratis. Sebelumnya, Anda dapat menginstal paket dari Store dengan tautan ini, tetapi yang ini tidak lagi gratis.

Tip: Jika paket gratis tidak lagi tersedia dan Anda tidak ingin membayar $0,99, kami sarankan Anda menginstal VLC atau pemutar video gratis lainnya yang menyertakan dukungan untuk H.265 video.

Tampaknya ditujukan bagi produsen komputer untuk menginstal codec ini di PC mereka. Namun, tidak ada yang menghentikan siapa pun untuk menginstal codec ini di sistem mereka — Anda hanya perlu mengikuti tautan langsung untuk menemukannya.

Tautan asli yang disebutkan di atas berfungsi di AS. Kami telah menerima beberapa laporan yang mungkin tidak berfungsi di negara lain. Seperti toko aplikasi lainnya, Microsoft Store memiliki daftar perangkat lunak yang berbeda di berbagai wilayah. Mungkin berbeda di negara lain. Di masa lalu, kami menyarankan untuk mencoba tautan ini di luar AS, tetapi tampaknya tidak berfungsi lagi.

Advertisement

Omong-omong, Anda juga dapat menginstal dukungan untuk Format Gambar Efisiensi Tinggi (HEIF) dari Store. Cukup unduh paket HEIF Image Extensions. Format gambar ini juga menjadi lebih populer—iPhone sekarang mengambil foto dalam HEIF secara default. Paket HEIF gratis untuk semua orang tanpa biaya shenanigans.

Pembaruan Keamanan Datang melalui Store, Too

Microsoft Store akan secara otomatis menginstal pembaruan keamanan untuk codec ini sama seperti menginstal pembaruan untuk aplikasi lain yang disertakan.

Ini mengejutkan banyak orang ketika Microsoft mulai mendistribusikan keamanan kritis pembaruan untuk codec melalui Store pada 1 Juli 2020. Mereka tidak datang melalui Pembaruan Windows seperti patch keamanan biasa lakukan.

Kami menyarankan untuk memastikan pembaruan aplikasi otomatis diaktifkan untuk alasan keamanan. Untuk melakukannya, buka Microsoft Store di Windows 10, klik menu > Settings dan pastikan “Update Apps Automatically” disetel ke “On.”

Itulah berita seputar Cara Menginstal Codec HEVC Gratis di Windows 10 (untuk Video H.265), semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.