Cara Menginstal Docker di Ubuntu 22.04

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Docker adalah teknologi containerization yang memungkinkan Anda menjalankan aplikasi di lingkungan yang terisolasi. Ini berarti bahwa setiap aplikasi dapat berjalan tanpa mempengaruhi yang lain pada sistem yang sama. Docker populer karena memudahkan pengemasan dan pengiriman aplikasi. Juga mudah untuk mengatur lingkungan Docker di komputer Anda sendiri.

Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan cara menginstal Docker di server Ubuntu 22.04.

Kami akan mulai dengan memperbarui daftar paket yang tersedia dan menginstal dependensi Docker. Kami kemudian akan mengunduh rilis stabil Docker dari repositori resmi mereka. Terakhir, kita akan mengkonfigurasi Docker untuk memulai secara otomatis saat boot.

Mari kita mulai!
Langkah 1 – Menginstal Dependensi Docker

Sebelum kita mulai menginstal Docker, kita perlu memastikan bahwa server kita memiliki daftar terbaru dari paket yang tersedia. Kita dapat melakukannya dengan menjalankan perintah `apt update`:

sudo apt update 

Docker memerlukan beberapa dependensi agar dapat berjalan dengan baik di Ubuntu. Kita dapat menginstal semua dependensi yang diperlukan dengan perintah berikut:

sudo apt install curl gnupg apt-transport-https ca-certificates curl software-properties-common 

Step 2 – Menambahkan Docker Repository

Selanjutnya, kita perlu untuk menambahkan kunci GPG resmi Docker agar server kita dapat mempercayai paket-paket yang akan kita unduh dari repositori Docker. Kita dapat melakukannya dengan perintah curl berikut:

curl -fsSL https://download.docker.com/linux/ubuntu/gpg | sudo apt-key add - 

Sekarang kita memiliki kunci GPG Docker, kita dapat menambahkan repositori Docker ke server kita. Kita dapat melakukannya dengan perintah `add-apt-repository`:

sudo add-apt-repository "deb https://download.docker.com/linux/ubuntu $(lsb_release -cs) stable " ]praLangkah 3 – Menginstal Docker di Ubuntu

Sekarang kita telah menambahkan repositori Docker ke server kita, kita perlu memperbarui indeks paket sekali lagi:
sudo apt update 

Sekarang setelah indeks paket naik- hingga saat ini, kita dapat menginstal Docker dengan perintah berikut:

sudo apt install docker-ce docker-ce-cli containerd.io 

Docker sekarang harus diinstal pada server Ubuntu Anda.
Langkah 4 – Mengonfigurasi Docker to Start at Boot

Secara default, Docker tidak dikonfigurasi untuk memulai secara otomatis saat server melakukan booting. Kita dapat mengubah perilaku ini dengan perintah `systemctl`:

sudo systemctl enable docker 

Sekarang, Docker akan mulai secara otomatis setiap kali server kita reboot.
Conclusion

Dalam panduan ini, kami telah menunjukkan cara menginstal Docker pada server Ubuntu 22.04. Kami juga telah menunjukkan kepada Anda cara mengonfigurasi Docker untuk memulai secara otomatis saat boot. Sekarang Docker sudah aktif dan berjalan, Anda dapat mulai menggunakannya untuk menjalankan aplikasi Anda di lingkungan yang terisolasi.

Referensi tecadmin.com