Cara Menginstal Kerangka Ionic di Ubuntu 22.04

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Jika Anda seorang pengembang web yang ingin membuat aplikasi seluler lintas platform, Anda harus memeriksa Kerangka Ionic. Kerangka Ionic digunakan oleh lebih dari 4 juta pengembang di seluruh dunia, menjadikannya kerangka kerja pengembangan aplikasi yang tumbuh paling cepat di pasar. Platform pengembangan sumber terbuka ini memungkinkan Anda membuat aplikasi dengan HTML, CSS, dan JavaScript, yang kemudian dapat digunakan di perangkat iOS, Android, dan Windows Phone.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara menginstal Kerangka Ionic di Ubuntu 22.04 menggunakan Node.js dan NPM. Mari kita mulai!

Langkah 1 – Menginstal Node.js

Node.js adalah persyaratan utama untuk menjalankan aplikasi Angular. Anda dapat menginstal Node.js yang diperlukan menggunakan utilitas baris perintah NVM. Masuk ke sistem Ubuntu Anda dan ikuti:
Gunakan perintah berikut untuk menginstal NVM:

curl https://raw.githubusercontent.com/creationix/nvm/master/install.sh | bash ]praSekarang aktifkan lingkungan NVM di sistem Anda.
source ~/.bashrc]praSaat ini, Angular 14 adalah versi terbaru yang mendukung versi Node.js 14 LTS dan 16 LTS. Perintah berikut akan menginstal Node.js 16 di sistem Anda.
nvm install v16

Step 2 – Instal Ionic Framework di Ubuntu

Selanjutnya, Anda perlu menginstal modul Ionic node di sistem Anda. Ionic menyediakan dan memerintahkan utilitas baris untuk membuat paket, membangun, dan memulai aplikasi.

npm install cordova --location=global

Jalankan perintah NPM di bawah ini untuk menginstal kerangka kerja Ionic pada sistem Anda.

npm install @ionic/cli --location=global

Setelah menyelesaikan instalasi kerangka Ionic, gunakan perintah berikut untuk memeriksa versi yang diinstal.

ionic -v 6.20.1

Step 3 – Buat Aplikasi Ionic

Sekarang, Anda dapat membuat aplikasi Ionic baru di sistem Ubuntu Anda menggunakan template starter.
Gunakan perintah berikut untuk melihat template starter yang tersedia

ionic start --list]praPilih template sesuai kebutuhan Anda dan membuat aplikasi Ionic baru. Anda juga dapat memilih template kosong untuk memulai:
ionic start myApp my-first-app

Di sini myApp adalah nama aplikasi baru dan my-first-app adalah nama template starter.

Output Aplikasi Ionic Anda sudah siap! Ikuti langkah-langkah berikut ini: - Buka proyek kloning Anda: cd ./myApp - Jalankan ionic serve dalam direktori aplikasi untuk melihat aplikasi Anda di browser - Jalankan ionic kapasitor add untuk menambahkan proyek iOS atau Android asli menggunakan Capacitor - Hasilkan aplikasi Anda ikon dan layar pembuka menggunakan cordova-res --skip-config --copy - Jelajahi dokumen Ionic untuk komponen, tutorial, dan lainnya: https://ion.link/docs - Membangun aplikasi perusahaan? Ionic memiliki Dukungan dan Fitur Perusahaan: https://ion.link/enterprise-edition

Now, jalankan perintah di bawah ini untuk melayani aplikasi Ionic.

cd ionic-app ionic serve

Ini akan memulai aplikasi Ionic pada port 8100. Anda dapat mengakses aplikasi ionic Anda di browser web menggunakan localhost atau alamat IP sistem.

Menjalankan Aplikasi Ionic di Ubuntu Anda juga dapat menentukan host dan port saat menjalankan aplikasi Ionic seperti di bawah ini:

ionic serve --host 0.0.0.0 --port 3005

Untuk detail lebih lanjut kunjungi http://ionicframework.com/docs/guide/installation.html

Dalam tutorial ini, Anda telah belajar menginstal kerangka kerja Ionic CLI di Ubuntu sistem. Juga, memberi Anda petunjuk untuk membuat dan menjalankan aplikasi Ionic baru.

Referensi tecadmin.com