Cara Menginstal NVM di Ubuntu 22.04

NVM adalah alat Manajer Versi Node. Menggunakan utilitas NVM, Anda dapat menginstal beberapa versi node.js pada satu sistem. Anda juga dapat memilih versi Node tertentu untuk aplikasi. Ini juga menyediakan opsi untuk memilih versi node secara otomatis menggunakan file konfigurasi .nvmrc.

Dalam tutorial ini, kami akan membantu Anda menginstal NVM di sistem Linux Ubuntu 22.04. Juga, berikan Anda petunjuk untuk menginstal beberapa versi Node.js dengan contoh yang berguna.

Persiapan

Anda harus menjalankan sistem Linux Ubuntu 22.04 dengan akses shell. Masuk dengan akun pengguna yang Anda perlukan untuk menginstal node.js. Instalasi NVM pada Ubuntu

A shell script tersedia untuk instalasi nvm pada sistem Linux Ubuntu 22.04 (Jammy Jellyfish). Buka terminal di sistem Anda atau sambungkan sistem jarak jauh menggunakan SSH. Gunakan perintah berikut untuk menginstal curl di sistem Anda, lalu jalankan nvm installer script.

sudo apt install curl curl https://raw.githubusercontent.com/creationix/nvm/master/install.sh | bash

Skrip penginstal nvm membuat entri lingkungan ke skrip login pengguna saat ini. Anda dapat keluar dan masuk lagi untuk memuat lingkungan atau menjalankan perintah di bawah ini untuk melakukan hal yang sama.

source ~/.profile

Installing Node menggunakan NVM

Anda dapat menginstal sejumlah versi node.js dari kebutuhan Anda menggunakan nvm. Kemudian Anda dapat menggunakan versi yang diperlukan untuk aplikasi Anda dari node.js.
yang terinstal Instal versi terbaru dari node.js. Di sini node adalah alias untuk versi terbaru.

nvm install node

Untuk menginstal versi node tertentu:

nvm install 16.14.0

Anda dapat memilih versi lain untuk menginstal menggunakan perintah di atas. Versi pertama yang diinstal menjadi default. Shell baru akan dimulai dengan versi default node (mis., nvm alias default).
Bekerja dengan NVM

Anda dapat menggunakan perintah berikut untuk membuat daftar versi node yang diinstal untuk pengguna saat ini.

nvm ls

List node yang tersedia versi .js untuk instalasi.

nvm ls-remote

Anda juga dapat memilih versi yang berbeda untuk sesi saat ini. Versi yang dipilih akan menjadi versi aktif saat ini hanya untuk shell saat ini.

nvm use 16.14.0

Untuk menemukan set versi Node default untuk pengguna saat ini, ketik:

nvm jalankan default --version

Anda dapat menjalankan skrip Node dengan versi node.js yang diinginkan menggunakan perintah di bawah ini:

nvm exec 16.14.0 server.js

Kesimpulan

Dalam tutorial ini, Anda telah belajar menginstal nvm pada sistem Linux Ubuntu 22.04 LTS (Jammy Jellyfish). Juga, dapatkan pemahaman dasar tentang penggunaan nvm.

Referensi tecadmin.com