Cara Menginstal PHP (8.1, 7.4 atau 5.6) di Ubuntu 22.04

PHP adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web. Anda harus menginstal paket PHP pada sistem Ubuntu untuk menjalankan aplikasi yang tertulis di dalamnya. Umumnya digunakan untuk membuat situs web e-commerce, blog, dan aplikasi API.

Kami akan menggunakan PPA Ondrej untuk menginstal PHP pada sistem Ubuntu 22.04 LTS. Yang berisi PHP 8.1, 8.0, 7.4, 7.3, 7.2. Paket 7.1, 7.0 & PHP 5.6. Anda dapat menginstal versi mana pun dari mereka seperti yang diperlukan untuk aplikasi Anda. Pengembang aplikasi baru disarankan untuk menggunakan versi PHP terbaru yaitu PHP 8.1.

Dalam tutorial ini, Anda akan belajar cara menginstal PHP pada sistem Ubuntu 22.04 LTS. Tutorial ini juga kompatibel dengan Ubuntu 20.04, dan 18.04 systems.
Sebelum Kita Mulai

Pertama, login ke Ubuntu 22.04 melalui konsol. Kemudian perbarui cache Apt dan perbarui paket sistem saat ini menggunakan perintah berikut:

sudo apt update && sudo apt upgrade

Saat diminta, tekan `y` untuk mengonfirmasi instalasi.

Menginstal PHP di Ubuntu 22.04

PHP instalasi pada sistem Ubuntu cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan PPA yang diperlukan dan Anda dapat menginstal versi PHP apa pun di sistem Ubuntu.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menyelesaikan instalasi PHP di Ubuntu:
Instal beberapa dependensi yang diperlukan oleh tutorial ini dengan perintah yang disebutkan di bawah ini:

 sudo apt install software-properties-common ca-certificates lsb-release apt-transport-https

Add PPA Ondrej ke sistem Anda, yang berisi semua versi paket PHP untuk sistem Ubuntu.

add-apt-repository ppa:ondrej/php

Sekarang, perbarui cache manajer paket Apt.

sudo apt update

Repositori SURY berisi PHP 8.1, 8.0, 7.4, 7.3, 7.2. 7.1, 7.0 & PHP 5.6. Karena versi stabil terbaru PHP adalah 8.0, tetapi sejumlah besar situs web masih memerlukan PHP 7. Anda dapat menginstal versi PHP mana pun yang diperlukan di sistem Anda. Instal PHP 8.1:

sudo apt install php8.1

Install PHP 7.4:

sudo apt install php7.4

Install PHP 5.6 (EOL):

sudo apt install php5.6

Ganti versi 8.1, 7.4, atau 5.6 dengan PHP yang diperlukan versi untuk diinstal di Ubuntu. Bahkan Anda dapat menginstal beberapa versi PHP pada satu sistem Ubuntu. Beberapa aplikasi memerlukan ekstensi PHP lain, yang juga dapat ditambahkan menggunakan sintaks yang disebutkan di bawah ini:

sudo apt install php8.1-[extension]

Ganti [extension] dengan ekstensi yang ingin Anda instal, jika Anda mau untuk menambahkan beberapa ekstensi kemudian memasukkannya ke dalam kurung, saya akan menginstal “php-mbstring, php-mysql, php-xml, dan php-curl” dengan menjalankan perintah yang disebutkan di bawah ini:

sudo apt install php8.1-mysql php8.1-mbstring php8.1-xml php8.1-curl

Users telah menginstal versi PHP yang berbeda, perlu mengganti 8.1 dengan versi PHP yang diperlukan. Periksa Versi PHP Aktif

Sekarang setelah instalasi, verifikasi bahwa versi PHP yang benar telah diinstal dengan memeriksa nomor versi dengan perintah yang disebutkan di bawah ini:

php -v
Output: PHP 8.1. 5 (cli) (dibuat: 21 Apr 2022 10:32:13) (NTS) 
Hak Cipta (c) PHP Group Zend Engine v4.1.5, 
Hak Cipta (c) Zend Technologies dengan Zend OPcache v8.1.5, 
Hak Cipta (c), oleh Zend Technologies

Switch Versi PHP Default untuk CLI

Anda dapat menggunakan perintah update-alternatives untuk mengatur versi PHP default. Gunakan tutorial ini untuk membaca lebih detail tentang mengganti versi PHP untuk CLI dan Apache.

sudo update-alternatives --config php
Ada 4 pilihan untuk php alternatif (menyediakan / usr/bin/php). Status Prioritas Jalur Pemilihan ---------------------------------------------- -------------- * 0 /usr/bin/php8.1 81 mode otomatis 1 /usr/bin/php5.6 56 mode manual 2 /usr/bin/php7.4 74 manual mode 3 /usr/bin/php8.0 80 mode manual 4 /usr/bin/php8.1 81 mode manual Tekan untuk mempertahankan pilihan saat ini[*], atau ketik nomor pilihan: 2

Output di atas menunjukkan semua PHP yang diinstal versi di sistem Anda. Pilihan nomor 2 menetapkan PHP 7.4 sebagai versi PHP default untuk baris perintah.
Conclusion

Tutorial ini memberi Anda petunjuk untuk menginstal PHP di Ubuntu 22.04. PPA Ondrej memungkinkan kita untuk menginstal PHP dengan cepat pada sistem Ubuntu. Ini juga memungkinkan kita untuk menginstal beberapa versi PHP pada satu sistem. Anda dapat beralih ke versi PHP apa pun sebagai default kapan saja dengan utilitas pembaruan-alternatif.

Referensi tecadmin.com