Cara Menginstal VirtualBox 7.0 di Ubuntu 22.04

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Tahukah Anda bahwa Anda dapat menjalankan mesin virtual di komputer Linux Anda? Itu benar. Berkat perangkat lunak virtualisasi seperti VirtualBox, Anda dapat mengatur lingkungan terpisah untuk sistem operasi apa pun — bahkan sesuatu yang tidak biasa seperti Windows atau OS X — tanpa risiko terhadap sistem operasi utama Anda. Anda akan menemukan banyak kegunaan mesin virtual, mulai dari menguji perangkat lunak sebelum Anda merilisnya ke pengguna lain hingga mencoba versi baru Linux dengan aman.

Dalam artikel ini, kami menunjukkan cara menginstal VirtualBox di Ubuntu 22.04 dan versi umum Linux lainnya. .
Prasyarat

Pertama-tama, tingkatkan paket saat ini di sistem Anda. Masuk ke sistem desktop Ubuntu Anda menggunakan pengguna istimewa sudo. Kemudian jalankan perintah berikut untuk memperbarui informasi paket unduhan dari semua sumber yang dikonfigurasi.

sudo apt update && sudo apt upgrade 

Perintah di atas juga akan tersedia untuk memutakhirkan semua paket yang diinstal pada sistem Anda.
Step 1: Konfigurasi Apt Repository

Oracle Tim VirtualBox menyediakan repositori paket resmi untuk sistem berbasis Ubuntu & Debian. Impor kunci publik ke sistem Anda menandatangani paket.
Buka terminal dengan menekan CTRL + ALT + T pada sistem Anda. Kemudian tugas pertama adalah mengunduh kunci GPG penandatanganan paket dengan perintah berikut.

wget https://www.virtualbox.org/download/Oracle_vbox_2016.asc 

Now mengkonversi kunci PGP unduhan ke format file GPG dan simpan di bawah direktori keyrings.

cat oracle_vbox_2016.asc | gpg --dearmor | sudo tee /usr/share/keyrings/virtualbox.gpg > /dev/null 2>&1

Kemudian, Anda perlu menambahkan Oracle VirtualBox PPA ke sistem Ubuntu. Anda dapat melakukannya dengan menjalankan perintah di bawah ini pada sistem Anda.

sudo nano /etc/apt/sources.list.d/virtualbox.list 

Tambahkan konfigurasi repositori berikut ke file
deb [arch=amd64 signed -by=/usr/share/keyrings/virtualbox.gpg] https://download.virtualbox.org/virtualbox/debian jammy contrib1deb [arch=amd64 signed-by=/usr/share/keyrings/virtualbox.gpg] https: //download.virtualbox.org/virtualbox/debian jammy contrib

Simpan file dan tutup. Langkah 2: Instal VirtualBox di Ubuntu 22.04

Sekarang, sistem Anda siap untuk instalasi Virtualbox. Jalankan perintah berikut untuk menginstal VirtualBox. Jika Anda telah menginstal VirtualBox versi lama, perintah di bawah ini akan memperbaruinya secara otomatis.

sudo apt update Sudo apt install virtualbox-7.0

Tekan `Y` untuk konfirmasi apa pun yang diminta untuk melanjutkan instalasi. Ini mungkin memerlukan beberapa menit untuk menyelesaikan instalasi sesuai dengan ruang jaringan dan kinerja sistem.
Menginstal VirtualBox 7.0 di Ubuntu 22.04Menginstal VirtualBox 7.0 di Ubuntu 22.04Langkah 3: Lau nch VirtualBox

Anda telah berhasil menginstal perangkat lunak VirtualBox di sistem Ubuntu Anda. Sekarang login ke desktop Ubuntu untuk mulai menggunakan VirtualBox. Di mana Anda dapat membuat mesin virtual untuk sistem operasi yang berbeda.

Cari istilah “VirtualBox” di bawah aplikasi dan Anda akan melihat ikon peluncur seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
Cara Memasang VirtualBox 7.0 di Ubuntu 22.04Luncurkan Aplikasi VirtualBox
Klik ikon peluncur untuk memulai VirtualBox di sistem Ubuntu Anda.
Cara Menginstal VirtualBox 7.0 di Ubuntu 22.04Menjalankan Aplikasi VirtualBox di Ubuntu
Anda dapat gunakan tombol Baru untuk mulai membuat mesin virtual baru. Di bawah preferensi, Anda dapat menyesuaikan opsi default. Tombol Impor dan Ekspor digunakan untuk memindahkan mesin virtual yang ada dari satu sistem ke sistem lain.

Jika Anda memiliki file disk mesin virtual. Gunakan tombol Tambah untuk membuat mesin virtual baru. Pengguna
Conclusion

Ubuntu bisa mendapatkan beberapa perangkat lunak luar biasa secara gratis. Software virtualisasi adalah salah satunya. Anda dapat menginstal perangkat lunak virtualisasi di komputer Anda dan menggunakannya untuk menjalankan sistem operasi lain di lingkungan virtual. VirtualBox adalah pilihan populer di kalangan pengguna Ubuntu karena merupakan program sumber terbuka yang juga gratis dan mudah digunakan. Ini sempurna untuk menguji sistem operasi baru, seperti turunan Ubuntu seperti Linux Mint atau Debian, tanpa mempengaruhi instalasi OS utama Anda.

Tutorial ini membantu Anda menginstal Virtualbox di Ubuntu 20.04 LTS sistem Linux.

Referensi tecadmin.com