Cara Menginstal Windows 11 Secara Paralel

Parallels adalah program yang memungkinkan pengguna Mac untuk menjalankan Windows di komputer mereka tanpa me-reboot. Berkat ini, pengguna dapat menikmati kedua sistem operasi dan menjalankan aplikasi khusus Windows dan Mac secara bersamaan. Program ini mudah digunakan dan memiliki banyak fitur berharga yang membantu Anda menjadi lebih produktif dan efisien.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari cara menginstal Parallels di Windows 11, Anda telah datang ke tempat yang tepat. Artikel ini akan memberikan petunjuk langkah demi langkah tentang cara melakukannya.

Windows 11 dirilis pada Oktober 2021, dan banyak orang ingin mencobanya, termasuk pengguna Mac. Jika Anda salah satunya, Anda akan senang mengetahui Parallels mendukung penginstalan Windows 11 di Mac dengan chip M1 atau prosesor Intel.

Cara Menginstal Windows 11 di Mac Dengan Chip M1

Jika Anda ingin menginstal Windows 11 di Mac dengan chip Apple M1, Anda harus mendapatkan gambar penginstalan berbasis ARM.

Sebelum melanjutkan ke langkah-langkahnya, pastikan Anda memiliki Parallels 17 diinstal di komputer Mac Anda. Setelah Anda mengunduh Parallels, ikuti petunjuk di bawah ini untuk menyiapkan Windows 11. Kami telah membagi langkah-langkahnya menjadi beberapa bagian untuk membuatnya lebih mudah diikuti. Bagian pertama adalah tentang cara mengatur Parallels dan mempersiapkan instalasi:
Jalankan file .dmg. Tekan “Install Parallels Desktop” dan pilih “Open.” Berikan izin perangkat lunak untuk mengakses folder unduhan. Pilih “Lanjutkan” dua kali.
Parallels akan meminta file VHDX. Sekarang saatnya untuk beralih ke bagian kedua dari instruksi. Buka browser Anda dan kunjungi insider.windows.com.
Masuk ke Akun Microsoft Anda, tekan “Tentang,” dan pilih “Program Windows Insider.” Pilih “Daftar” dan tandai kotak centang di sebelah “Saya menerima persyaratan perjanjian ini.” Tekan “Daftar sekarang,” dan pilih “Terbang sekarang.” Pilih tautan ini yang akan membawa Anda langsung ke file Windows 11 VHDX dan tekan ” Windows Client ARM64 Insider Preview – Build 22453.” Ini adalah file besar, sehingga proses pengunduhan bisa memakan waktu cukup lama. Minimalkan Safari, kembali ke Parallels, dan pilih “Temukan Secara Otomatis.” Program sekarang harus mencari file VHDX yang Anda unduh. Tekan “Lanjutkan.” Pilih untuk apa Anda akan menggunakan Windows dan tekan “Lanjutkan.” Beri nama mesin virtual Anda dan pilih “Buat.”
Setelah mesin dibuat, Parallels akan secara otomatis membuat akun Anda dan mengunduh pembaruan terbaru. Salah satu pengaturan penting yang harus Anda aktifkan adalah Virtual Trusted Platform Module (TPM). Lapisan keamanan opsi ini melindungi data Anda dan menggunakan fitur keamanan Windows. Untungnya, TPM Virtual telah ditambahkan ke Edisi Standar Paralel, jadi tidak perlu menghabiskan lebih banyak uang untuk itu. Berikut cara mengaktifkannya: 
Tutup mesin virtual dan tekan logo Parallels di kanan atas. Ini adalah ikon merah dengan dua garis. Pilih “Pusat Kontrol.” Tekan ikon roda gigi untuk mengakses pengaturan. Buka tab “Perangkat Keras”. Pilih tombol plus di sebelah kiri dan tekan chip “TPM”. Klik “Tambah.” Tutup pengaturan dan buka Windows 11.
Parallels Cara Menginstal Windows 11 di Mac Dengan Prosesor Intel

Jika Anda ingin mengatur Windows 11 di Mac dengan Prosesor Intel, inilah yang harus dilakukan:
Jika Anda belum melakukannya, instal Parallels atau mendaftar untuk uji coba 14 hari gratis.Buka browser Anda, buka situs web Microsoft dan unduh gambar instalasi resmi.Luncurkan Paralel dan buka “Pusat Kontrol.”Tekan tanda plus di sebelah kanan.Pilih “Instal Windows atau yang lain OS dari DVD atau gambar.” Pilih “Lanjutkan.” Paralel akan mengenali gambar instalasi Windows 11 secara otomatis. Jika ini tidak terjadi, temukan secara manual. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses instalasi. Perbaiki Kesalahan “This PC Can’t Run Windows 11” Jika Anda mencoba membuat mesin virtual Windows 11 baru dan melihat pesan ini , Anda harus memeriksa versi Parallels Anda. Parallels 17 dirilis pada Agustus 2021, jadi jika Anda menggunakan versi yang lebih lama, Anda mungkin akan mengalami kesulitan menginstal Windows 11.

Untungnya, memperbarui Parallels cepat dan mudah. Inilah yang perlu Anda lakukan:
Tekan ikon Paralel di bagian atas. Pilih “Periksa pembaruan.” Jika ada, perbarui softwarenya.
FAQs
Mengapa Parallels begitu populer?

Ada banyak alasan mengapa Parallels begitu populer. Pertama, program ini memungkinkan pengguna Mac untuk menjalankan sistem Windows penuh tanpa mengalami gangguan. Selain itu, Parallels menawarkan fitur praktis yang memungkinkan Anda memaksimalkan produktivitas. Misalnya, Anda dapat menjalankan aplikasi Windows secara berdampingan dengan aplikasi Mac. Atau Anda dapat menggunakan mode Koherensi untuk menyembunyikan mesin virtual dan hanya menggunakan aplikasi Windows. Berkat antarmuka yang sederhana, mudah untuk beralih antara Windows dan Mac.

Pengguna bahkan dapat menghubungkan perangkat USB ke Windows, mencetak file, dan menggunakan pintasan Mac.
Berapa biaya Parallels?

Parallels menawarkan Standar, Pro, dan Edisi Bisnis. Edisi Standar berharga $79,99 per tahun, dan dirancang untuk pengguna rumahan. Edisi Pro dan Bisnis berharga $99,99 per tahun, dan mereka menawarkan lebih banyak RAM, lebih banyak CPU virtual, dukungan 24/7, dll. Parallels juga tersedia dengan diskon pendidikan yang memungkinkan mahasiswa dan anggota fakultas mendapatkan diskon 50% dari harga reguler.

Meskipun beberapa orang mungkin berpendapat bahwa biaya berlangganan mahal, itu masih jauh lebih terjangkau daripada membeli perangkat baru untuk menjalankan sistem operasi yang berbeda. Karena program ini bekerja dengan sempurna dan memungkinkan Anda untuk merampingkan pekerjaan Anda, itu sepadan dengan investasinya.

Anda Tidak Harus Berkompromi

Beberapa orang menyukai Windows; yang lain lebih suka Mac. Alih-alih memilih hanya satu sistem operasi, Anda bisa mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia berkat Parallels. Program ini mudah digunakan, mudah diatur, dan menawarkan kinerja yang sangat baik.

Kami harap artikel ini menjelaskan cara menginstal Windows 11 di Mac Anda menggunakan Parallels dan bahwa Anda sekarang menikmati kedua sistem operasi tersebut.

Apakah Anda pernah menggunakan Parallels sebelumnya? Fitur apa yang paling Anda sukai? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.