Cara Mengirim Video Dari Android ke PC

Dengan kemajuan teknologi, pengambilan video menggunakan perangkat seluler menjadi lebih populer. Mengedit file video di perangkat seluler agak rumit namun, jadi mentransfer file ini ke PC menjadi perlu.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan cara mengirim video dari Android ke PC, melalui metode online dan offline.

Transfer via Email

Tergantung pada ukuran file video Anda, dimungkinkan untuk mengirimnya secara online melalui email. Metode ini berguna jika Anda tidak ingin mengalami kesulitan mendaftar untuk penyimpanan file online. Sebagian besar penyedia email utama seperti Yahoo dan Gmail memiliki batas unggah file maksimum 25MB. Jika ukuran file Anda dalam batas ini, maka Anda dapat mentransfernya melalui email dengan melakukan hal berikut:
Buka browser aplikasi ponsel Anda. Ini dapat dilakukan dengan menggeser ke atas dari halaman beranda atau dengan mengetuk tombol menu di bagian bawah layar ponsel Anda. Buka folder tempat Anda menyimpan file video. Anda dapat menggunakan browser file ponsel Anda atau membuka ikon Galeri. Temukan file video yang ingin Anda transfer dan ketuk dan tahan file tersebut. Menu popup akan muncul dengan opsi bagikan. Ikon ini akan terlihat seperti tiga titik yang terhubung. Ketuk Bagikan. Menu “Bagikan melalui…” akan muncul dengan berbagai opsi. Pilih penyedia email pilihan Anda. Perhatikan bahwa Anda harus memiliki akun email yang terhubung ke telepon Anda jika tidak, tidak ada opsi email yang akan muncul. Jika telepon Anda meminta untuk diizinkan mengakses, ketuk “Ya.” Pada bagian “Kepada:” dari jenis pesan email di alamat email Anda. Bilah alamat “Kepada:” dan “Dari:” dapat berupa alamat yang sama. Isi kotak teks “Subjek:” dan ketik pesan singkat di badan email. Setelah selesai, ketuk “Kirim”. beberapa saat agar file dapat diunggah ke akun email Anda. Setelah diunggah, Anda dapat dengan mudah mengunduh file ke PC.
Transfer melalui Google Drive

Jika Anda ingin mentransfer file yang lebih besar dari 25MB secara online, Anda dapat menggunakan Google Drive untuk tugas tersebut. Google Drive gratis untuk siapa saja yang memiliki Akun Google dan memiliki total penyimpanan data gratis sebesar 15GB. Pengguna dapat membayar untuk memperluas penyimpanan ini hingga 5 TB jika mereka mau. Mengunggah file ke Google Drive Anda cukup sederhana, dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Buka aplikasi Google Drive di ponsel Anda. Jika Anda belum menginstalnya, Anda dapat mengunduhnya dari Google Play Store. Masuk ke akun Anda, atau buat akun baru jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakannya. Ketuk ikon “+” di sisi kanan bawah layar. Dari menu popup, pilih “Unggah.” Arahkan ke file yang ingin Anda transfer. Anda dapat mengakses menu direktori ponsel Anda dengan mengetuk tiga baris di sudut kiri atas layar. Ketuk file yang ingin Anda unggah. Ini akan secara otomatis memulai pengunggahan file. Setelah selesai, Anda akan melihat file yang diunggah di menu Google Drive Anda. Buka Google Drive di PC Anda. Temukan file yang Anda unggah dari perangkat seluler Anda lalu klik kanan padanya. Pilih “Unduh” dari menu pop-up.
Transfer via Dropbox

Aplikasi lain yang berguna untuk digunakan dalam mentransfer video dari Android ke PC adalah Dropbox. Aplikasi ini memiliki batas file 2GB untuk pengguna gratis, tetapi dapat ditingkatkan hingga 2TB dengan paket berlangganan individu atau keluarga. Pengguna bisnis dapat memilih antara penyimpanan 5 TB atau tak terbatas.

Dropbox dapat berguna karena aplikasi seluler dapat diatur untuk menyinkronkan gambar, video, dan audio yang diambil ke penyimpanan cloud Anda secara instan. Ini berarti bahwa semua video yang Anda ambil yang berada dalam batas ukuran file Anda akan secara otomatis diunggah secara online dan dapat diunduh ke PC Anda kapan saja. Untuk menyetel fitur sinkronisasi otomatis ini, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka aplikasi Dropbox di perangkat seluler Anda. Di layar beranda, ketuk ikon tiga garis di sudut kiri atas layar. Dari menu, ketuk “Pengaturan .”Ketuk “Unggahan Kamera.” Pilih “Sertakan video.” Aktifkan opsi. Jika Anda hanya ingin menyinkronkan video saat Wi-Fi tersedia, pastikan sakelar “Gunakan data saat offline” mati. Jika ini aktif, perangkat seluler Anda akan mengakses data seluler saat tidak dapat mendeteksi sinyal Wi-Fi. Setiap gambar dan video yang Anda ambil sekarang akan diunggah ke file Dropbox Anda secara otomatis. Anda dapat mengunduhnya ke PC dengan membuka Dropbox di komputer Anda.
Jika Anda tidak ingin mengaktifkan pembaruan otomatis untuk menghemat masa pakai baterai, Anda dapat mengunggah file secara manual dengan melakukan hal berikut:
Buka aplikasi Dropbox.Di Beranda layar, tekan “File” di menu bawah untuk menavigasi ke folder Anda saat ini dan pilih tempat untuk mengunggah. Atau, Anda dapat mengetuk “+” dan kemudian memilih “Buat folder baru” untuk menyediakan direktori baru. Ketuk “+”. Dari menu popup pilih “Unggah foto atau video.” Navigasi melalui file yang tersedia lalu ketuk pada video yang ingin Anda unggah.Klik “Unggah” di sudut kanan bawah layar.Buka aplikasi Dropbox di PC Anda.Klik kanan pada file yang ingin Anda unduh.Klik “Unduh” dari menu tarik-turun .
Transfer via Bluetooth

Jika Anda tidak memiliki koneksi online, Anda masih dapat mentransfer file dari ponsel Anda menggunakan koneksi Bluetooth. Sebagian besar laptop saat ini berkemampuan Bluetooth, dan PC dapat menggunakan adaptor Bluetooth jika tidak memiliki adaptor bawaan. Untuk mengaktifkan Bluetooth pada PC Anda, lakukan hal berikut:
Pada PC Anda, klik tombol “Start”. Pilih ikon “Pengaturan”. Dari menu pengaturan, pilih “Perangkat.” Di menu sebelah kiri, klik “Bluetooth dan perangkat lain.” Pastikan sakelar Bluetooth aktif. Di ponsel Android Anda, buka Menu Aplikasi dan ketuk “Pengaturan.” Ketuk Bluetooth, lalu pilih nama PC Anda di bawah “Perangkat yang Tersedia.” Permintaan pemasangan Bluetooth pop-up akan muncul, dan ketuk “OK.” Tunggu hingga notifikasi muncul di PC bahwa perangkat seluler Anda ingin terhubung, lalu tekan “Pasangkan perangkat.”
Setelah dipasangkan, Anda sekarang dapat mentransfer video langsung ke PC dengan melakukan berikut:
Di PC Anda, klik kanan pada ikon Bluetooth di bilah tugas dan pilih “Terima File.” Di perangkat seluler Anda, navigasikan ke file yang ingin Anda transfer. Pilih file dan ketuk “Bagikan” di bagian atas .Tap pada Ikon Bluetooth.Pilih nama PC Anda dari “Available Devices.”Tunggu transfer selesai. Anda dapat mengubah lokasi penyimpanan file di jendela “Transfer File”. Klik “Selesai.”
Transfer via Kabel USB

Jika Anda memiliki kabel USB yang kompatibel dengan perangkat seluler dan komputer, Anda dapat mentransfer berkas melalui kawat. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
Colokkan kabel USB ke perangkat Android Anda dan ke PC Anda. Sebuah pesan akan muncul di ponsel Anda yang sedang diisi dayanya. Ketuk pesan itu. Dari opsi, ketuk “Perangkat media” ini akan memungkinkan Anda untuk mentransfer file dari ponsel Anda ke PC Anda. Di PC Anda, navigasikan folder direktori di ponsel Anda yang memiliki file video yang ingin Anda transfer. Seret dan jatuhkan file ke PC Anda.
Opsi Lainnya

Mengetahui cara mengirim video dari perangkat Android Anda ke PC memberi Anda lebih banyak opsi untuk mengedit file. Mentransfer file juga merupakan cara mudah untuk mengatasi masalah penyimpanan di perangkat seluler Anda yang memiliki memori jauh lebih sedikit daripada PC.

Apakah Anda tahu cara lain untuk mentransfer file video dari Android ke komputer? Jangan ragu untuk membagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah.