Cara Mengonversi Baris ke Kolom di Google Spreadsheet

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Google Spreadsheets adalah alat daring yang sangat berguna yang memungkinkan Anda membuat tabel dan mengisinya dengan data dalam hitungan menit. Google juga telah mengemas alat online gratis ini dengan fitur dan fungsi berguna yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki data yang telah Anda masukkan dengan mudah. Tidak perlu membuang waktu untuk mengubah sesuatu secara manual.

Artikel ini akan fokus pada satu fungsi spesifik yang membuat segalanya menjadi lebih mudah. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengonversi baris ke kolom di Google Spreadsheets, atau sebaliknya, tutorial ini cocok untuk Anda.

Mengatur Segalanya

Sebelum kita mulai, Anda harus memiliki tabel yang berisi data di Google Spreadsheets. Jika Anda sudah melakukannya, lewati ke bagian selanjutnya di artikel ini.

Jadi, cukup buka Google Spreadsheets dengan mengklik di sini. Dari sana, Anda akan memiliki dua opsi. Anda dapat memilih untuk membuat Google Spreadsheets untuk penggunaan pribadi dengan mengeklik Pribadi, atau Anda dapat memilih Bisnis dan mendapatkan lebih banyak kontrol dan keamanan ekstra.

Pilih opsi dan masuk. Formulir spreadsheet kosong kemudian akan muncul di layar Anda.

Mari kita buat tabel sederhana yang bisa kita gunakan untuk demonstrasi nanti. Karena kita tidak membutuhkan tabel sebesar itu untuk demonstrasi ini, mari buat tabel kita menjadi 4×4 dan isi dengan data yang dapat kita baca dengan mudah.

Seperti yang Anda lihat, kami telah menamai bidang kosong kami dengan posisinya di tabel (baris tabel + kolom tabel).

Jika Anda sudah menyiapkan tabel, kita dapat melanjutkan ke tutorial itu sendiri.

Mengubah Baris menjadi Kolom

Mari kita lihat apa yang coba kita lakukan di sini. Jika kita ingin mengubah baris menjadi kolom, hasil akhir kita akan terlihat seperti tabel pada gambar di bawah ini.

Seperti yang Anda lihat, kami memiliki A1, B1, C1, D1 di tempat kami sebelumnya memiliki A1, A2, A3, dan A4, dan sebaliknya. Ini telah diterapkan ke seluruh tabel.

Proses ini disebut transposing, dan hanya membutuhkan beberapa klik. Inilah cara tercepat yang dapat Anda lakukan.
Pilih seluruh tabel – cukup klik kiri, tahan, dan seret kursor mouse Anda ke seluruh tabel. Anda juga dapat menggunakan tombol Shift dan panah untuk memilih sel dengan keyboard Anda. Warna tabel akan berubah, menandakan Anda telah memilih bagian-bagiannya. Klik kanan pada tabel. Pilih Salin. Posisikan mouse Anda ke bidang kosong tempat Anda ingin tabel baru (berubah) dimulai – Anda dapat memilih awal titik tabel ini (A1), atau klik di suatu tempat di bawah ini. Kami akan mengklik bidang A9 yang kosong dan mengonversi tabel di sana, hanya agar Anda dapat membandingkan hasilnya dengan yang asli dengan lebih mudah. ​​Setelah Anda memilih bidang tersebut, klik kanan padanya dan pilih Tempel Spesial. Dari menu tarik-turun , pilih Tempel Transposed.
Setelah Anda mengklik Tempel Transposed, tabel Anda akan muncul dengan baris yang diubah menjadi kolom. Jadi, jika Anda telah mengikuti tutorial dengan membuat tabel dari contoh kami, Anda akan mendapatkan hasil berikut.

Dan itu saja – Anda telah berhasil mengubah tabel awal Anda. Anda sekarang dapat menempelkannya ke lokasi aslinya atau menggunakannya di tempat lain.

Ada cara lain untuk mengubah baris tabel Anda menjadi kolom. Metode kedua ini memiliki sedikit lebih banyak pekerjaan untuk itu, tetapi setelah Anda menguasainya, itu akan terbukti lebih mudah dan lebih cepat daripada metode pertama.

Mengonversi Baris menjadi Kolom dengan Menggunakan Fungsi

Sama seperti Microsoft Excel, Google Spreadsheets memungkinkan Anda menggunakan built-in -dalam fungsi. Fungsi-fungsi ini mengeksekusi kode yang mengubah tabel Anda sesuka Anda. Jika Anda perlu mentranspos banyak data, menggunakan fungsi mungkin lebih mudah daripada menempelkannya.

Fungsi bawaan yang Anda butuhkan di sini disebut Transpose. Inilah cara Anda dapat menggunakannya untuk mengubah baris menjadi kolom di Google Spreadsheets.
Klik dua kali pada bidang tempat Anda ingin memulai tabel baru. Ketik “=” dan tambahkan “TRANSPOSE”. Setelah itu, Google Spreadsheets akan menunjukkan caranya fungsi harus digunakan dan bagaimana tampilannya. Ketik (atau gunakan mouse Anda untuk memilih) rentang bidang yang ingin Anda transpos dalam tanda kurung, dan pisahkan dengan “:”. Tekan Enter.
Dalam hal ini, Anda harus mengetikkan sintaks berikut ke dalam bidang kosong: = TRANSPOSE(A1:D1).

Setelah menekan Enter, Anda akan melihat bahwa hanya satu baris yang telah disalin dan diubah posisinya. Ini karena fungsi TRANSPOSE hanya menerima satu argumen (A1:D1), jadi Anda harus melakukan hal yang sama untuk setiap baris secara terpisah.

Rows To Columns, Columns to Rows

Tutorial ini membahas dua metode paling sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mengonversi baris ke dalam kolom di Google Spreadsheets, dan metode mana yang akan Anda gunakan sepenuhnya terserah Anda.

Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam mengonversi baris menjadi kolom? Apakah ada yang ingin Anda tambahkan ke tutorial? Jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah!