Cara Mengonversi Lagu iTunes ke Format MP3

Tautan Perangkat
iTeleponMacWindowsPerangkat Hilang?
iTunes adalah tempat tujuan Anda untuk semua hal hiburan. Dari musik, film, buku hingga acara TV favorit Anda dan banyak lagi. Berbicara tentang musik, semua lagu yang Anda beli dari iTunes dalam format AAC secara default. AAC adalah format audio canggih yang cocok untuk data audio terkompresi. Meskipun format ini memberikan kualitas suara yang lebih baik, format ini tidak kompatibel dengan sebagian besar pemutar audio di industri musik dan menempati terlalu banyak ruang.

Jika Anda juga ingin mendengarkan lagu yang Anda beli dari iTunes di perangkat audio lain, Anda mungkin harus mengubahnya menjadi format MP3. MP3 adalah format audio yang tersebar luas yang kompatibel dengan sebagian besar pemutar audio. Hasilnya, Anda dapat mendengarkan musik kapan saja, di mana saja, dan di perangkat apa pun.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari cara mengubah lagu iTunes menjadi MP3 di berbagai perangkat, khususnya Mac, Windows, iPad, dan iPhone.

Convert Lagu iTunes ke MP3 di Mac

Mac memiliki iTunes yang terpasang di dalam platform (atau tersedia untuk diunduh secara bebas), yang memungkinkan Anda melakukan proses konversi tanpa program pihak ketiga. Berikut adalah langkah-langkah langsung yang dapat Anda ikuti untuk mengonversi lagu iTunes ke MP3 di Mac:
Di Mac Anda, luncurkan iTunes. Perhatikan bahwa program dapat memakan waktu lama untuk dibuka karena cukup intensif. Pada bilah menu, navigasikan ke “Musik.” Pilih “Preferensi” di menu dan pilih “Umum lalu “File.” Klik “Impor pengaturan.” Pada opsi “Impor Menggunakan”, Anda akan melihat menu tarik-turun. Lanjutkan dan ubah opsi ke “MP3 Encoder.” Pilih kualitas audio yang Anda inginkan. Memilih kualitas tertinggi lebih disukai, tetapi membutuhkan waktu paling lama dan hasilnya lebih banyak menggunakan memori. Soroti lagu yang ingin Anda ubah menjadi MP3. Buka “File” > “Convert” > “Create MP3 Version.” Tunggu hingga konversi format menjadi selesai.
Anda sekarang akan melihat lagu yang baru dikonversi bersebelahan dengan file AAC asli.

Atau, Anda dapat menggunakan Aplikasi Apple Music untuk mengonversi lagu iTunes ke MP3. Langkah-langkah untuk konversi hampir sama dengan yang ditunjukkan di atas.

Perhatikan bahwa beberapa lagu memiliki hak cipta dan dilindungi di bawah enkripsi DRM. Akibatnya, Anda tidak dapat membuat modifikasi apa pun pada lagu-lagu ini. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan konverter audio pihak ketiga untuk mengonversi lagu ke format pilihan Anda. Salah satu program tersebut adalah MediaHuman Audio Converter. MediaHuman Audio Converter adalah alat gratis yang memungkinkan Anda mengonversi lagu ke format lain termasuk MP3. Plus, ini berfungsi di semua sistem operasi utama, jadi, Anda dapat yakin bahwa Anda akan mendapatkan unduhan untuk komputer Anda.

Berikut cara mengonversi lagu iTunes ke MP3 menggunakan MediaHuman Audio Converter:
Unduh pengonversi audio gratis.Instal program menggunakan langkah-langkah yang disediakan di wizard penginstalan. Luncurkan program. Seret dan jatuhkan lagu iTunes Anda ke jendela aplikasi. Secara default, format “WMA” dipilih. Klik dan pilih “MP3.” Pilih bitrate yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. (Lebih disukai bitrate yang lebih tinggi)Tekan dua panah untuk memulai proses konversi.Tunggu beberapa detik hingga konversi selesai.
Untuk melihat lagu yang baru saja Anda konversi, klik ikon pencarian di sebelah versi asli lagu Anda lagu. Sebuah jendela akan muncul dan Anda sekarang akan melihat file MP3 Anda yang baru dikonversi.

Mengonversi Lagu iTunes ke MP3 di PC Windows

Berikut cara mengonversi lagu iTunes ke MP3 di Windows:
Pada PC Windows Anda, luncurkan aplikasi iTunes. Arahkan ke “Edit” > “Preferensi” > “Umum “> “Pengaturan impor”. Dari menu tarik-turun “Opsi Impor”, pilih “MP3 Encoder”. Dari menu tarik-turun “Setelan”, pilih kualitas tertinggi. Klik “OK” untuk kembali ke perpustakaan musik Anda.Pilih lagu yang ingin Anda ubah ke format MP3. Dengan lagu Anda disorot, navigasikan ke “File”, lalu ke “Convert”, dan pilih “Create MP3 Version.”
Mudah sekali, bukan? Sekarang Anda memiliki lagu dalam format MP3, dan Anda dapat memutarnya di beberapa pemutar audio.

Mengonversi Lagu iTunes ke MP3 di iPhone

Mengonversi lagu iTunes ke MP3 di iPhone bisa jadi agak sulit. Proses ini biasanya dilakukan dengan porting lagu ke PC. Pertama, pastikan lagu-lagu di perpustakaan iTunes iPhone Anda dicadangkan di komputer Anda. Jika tidak dicadangkan, Anda dapat mentransfernya secara manual ke komputer Anda. Perhatikan bahwa untuk mentransfer lagu iTunes di iPhone ke komputer, Anda harus memilikinya sebagai unduhan di perpustakaan iTunes.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memindahkan lagu ke hard drive komputer:
Hubungkan iPhone ke PC melalui kabel USB. Luncurkan aplikasi iTunes di komputer Anda. Jika komputer Anda tidak diotorisasi, pilih “Akun” dan otorisasi. Arahkan ke File>Perangkat>Transfer pembelian dari “iPhone.” Transfer musik akan segera dimulai.
Durasi proses konversi akan tergantung pada ukuran dan jumlah lagu yang Anda coba konversi. Setelah transfer selesai, unduh lagu yang ingin Anda ubah ke format MP3 menggunakan ikon seperti awan di sebelah setiap lagu. Anda harus menemukan lagu-lagu ini dengan memilih tombol “Baru Ditambahkan” di sidebar aplikasi iTunes Anda. Mac atau Windows.

Mengonversi Lagu iTunes ke MP3 di iPad

Untuk mengonversi lagu iTunes ke Mp3 di iPad, Anda harus terlebih dahulu mentransfer musik ke komputer menggunakan langkah-langkah berikut:
Hubungkan iPad ke komputer melalui kabel USB.Buka aplikasi iTunes di komputer Anda. Selesaikan otorisasi komputer jika komputer Anda tidak diotorisasi. Arahkan ke File>Perangkat>Transfer pembelian dari “iPhone.” Izinkan transfer musik selesai.
Lanjutkan dan ubah musik yang baru ditambahkan ke MP3 menggunakan langkah-langkah yang disebutkan di bawah cara mengonversi lagu iTunes ke MP3 menggunakan PC atau Mac Anda. Ingatlah untuk mengikuti langkah-langkah untuk komputer yang sedang Anda gunakan.

Mendengarkan Musik di Perangkat Apa Pun

Meskipun format AAC menyediakan musik berkualitas tinggi, format AAC tidak memberikan fleksibilitas bagi Anda untuk mendengarkan lagu iTunes di perangkat non-Apple. Format MP3, di sisi lain, melakukan sebaliknya. Terlepas dari itu, Anda sekarang dapat mengonversi lagu iTunes ke MP3 dan mendengarkan musik Anda di pemutar musik apa pun. Selain itu, Anda akan dapat menghemat beberapa ruang di perangkat Anda tanpa mengorbankan kualitas musik Anda.

Tahukah Anda metode yang lebih mudah untuk mentransfer dari iTunes ke MP3? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.