Cara Mengonversi Teks ke Tabel di Microsoft Word

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Pernahkah Anda mulai menambahkan teks ke dokumen Anda hanya untuk mengetahui bahwa itu akan lebih cocok dalam sebuah tabel? Bagaimanapun, sebuah meja menyediakan struktur dan penampilan yang solid. Di Word, Anda cukup mengonversi teks menjadi tabel.

Apakah Anda memiliki teks yang dipisahkan oleh tab atau koma atau daftar dalam format bernomor atau berpoin, mengonversinya menjadi tabel cukup mudah. Selain itu, dibutuhkan lebih sedikit waktu daripada membuat tabel dan secara manual memindahkan semua teks itu ke dalam sel.

Mengonversi Teks ke Tabel di Word

Anda dapat memilih jenis pembatas yang Anda gunakan untuk mengonversi teks dengan benar. Misalnya, Anda dapat memisahkan kata dengan koma atau frasa dengan tab. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat menampilkan tanda paragraf dengan membuka tab Beranda dan memilih tombol Perlihatkan/Sembunyikan paragraf.

Ini bagus untuk mengetahui apakah Anda menggunakan tab karena Anda tidak melihatnya dalam teks biasa, hanya ketika Anda menunjukkan tanda paragraf.

Pilih teks yang ingin Anda konversi menjadi tabel. Lalu, buka tab Sisipkan dan klik panah tarik-turun Tabel. Pilih “Konversi Teks ke Tabel.”

Di jendela pop-up, pilih jumlah kolom yang Anda inginkan. Secara default, teks yang Anda pilih terpisah menjadi beberapa kolom. Jika Anda lebih suka menggunakan baris, kurangi jumlah kolom sehingga jumlah baris berkorelasi dengan jumlah item yang Anda pilih.

Opsional, pilih Perilaku Paskan Otomatis. Anda dapat memilih lebar tertentu untuk kolom atau Sesuaikan Otomatis tabel dengan konten atau jendela.

Terakhir, pilih pembatas yang Anda gunakan. Dalam contoh kami, kami memiliki daftar nama yang dipisahkan oleh tabs.

Pilih “OK” setelah Anda selesai. Anda akan melihat teks Anda muncul ke dalam tabel. Anda kemudian dapat menambahkan baris, mengubah ukuran tabel, atau memusatkan teks.

Mengonversi Daftar ke Tabel di Word

Mengonversi daftar ke tabel sedikit berbeda dari teks karena daftar sudah dipisahkan oleh angka atau poin. Ini menempatkan setiap item dalam baris terpisah, bukan kolom, tetapi Anda dapat mengubahnya jika Anda suka.

Pilih daftar yang ingin Anda konversi menjadi tabel. Jika Anda ingin menyertakan angka atau poin dalam tabel, lanjutkan ke langkah berikutnya. Tetapi jika Anda tidak menginginkannya dalam tabel, batalkan pilihan jenis daftar di bagian Paragraf pada tab Beranda.

Ini menghapus angka atau poin sehingga item daftar Anda ditampilkan pada baris terpisah tanpa pemimpin.

Dengan item daftar Anda dipilih, buka ke Sisipkan > Tabel dan pilih “Konversi Teks ke Tabel.” Anda akan melihat pop-up yang sama seperti di atas. Secara default, item Anda ditampilkan dalam baris. Jika Anda menginginkannya dalam kolom, masukkan jumlah kolom yang sama dengan jumlah item daftar Anda. Kemudian, secara opsional pilih setelan Pas Otomatis.

Secara default, pembatas harus disetel ke Paragraf karena item daftar berada di baris terpisah. Klik “OK” dan Anda akan melihat item Anda di tabel. Anda kemudian dapat menyisipkan kolom, mengubah ukuran tabel, atau memindahkannya.

Mengubah Tabel menjadi Teks

Jika Anda berubah pikiran setelah mengonversi ke tabel atau memiliki tabel yang ingin Anda hapus dan biarkan teksnya sendiri, Anda dapat melakukan sebaliknya di atas. Ya, Anda juga dapat mengonversi tabel menjadi teks.

Pilih tabel dan buka tab Tata Letak yang ditampilkan. Klik “Konversikan ke Teks” di bagian Data pada pita.

Pilih bagaimana Anda ingin memisahkan teks setelah dikonversi. Anda dapat memilih tanda paragraf, tab, koma, atau opsi khusus yang Anda masukkan. Klik “OK.”

Anda kemudian akan melihat data tabel sebagai teks biasa di dokumen Anda.

Mengonversi teks ke tabel di Word benar-benar menghemat waktu dibandingkan dengan membuat tabel dan memindahkan teks ke dalamnya. Untuk selengkapnya, lihat cara menyusun tabel atau cara menambahkan rumus ke tabel di Word.

Itulah berita seputar Cara Mengonversi Teks ke Tabel di Microsoft Word, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.