Cara Mengonversi Waktu ke Desimal di Microsoft Excel

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Meskipun Excel menawarkan banyak fitur dan fungsi untuk bekerja dengan waktu, Anda mungkin ingin waktu Anda diformat sebagai desimal. Anda mungkin memerlukannya untuk digunakan dalam rumus lain, untuk lembar waktu, atau untuk preferensi Anda sendiri.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengonversi waktu ke desimal di Excel. Anda dapat menggunakan metode mana pun yang paling Anda sukai atau paling sesuai untuk Anda

Gunakan Waktu dan Format Desimal

Sebelum Anda mengonversi waktu dan desimal di lembar Anda, pastikan bahwa sel diformat seperti itu.

Untuk waktu, Anda dapat melakukannya dengan memilih sel dan memilih “Waktu” di kotak drop-down Angka pada tab Beranda. Jika Anda berencana untuk mengonversi jam, menit, dan detik, sebaiknya gunakan fitur Format Sel. Pilih sel atau rentang, klik kanan, dan pilih “Format Sel.”

Pilih tab Angka dan pilih “Waktu” di sebelah kiri. Kemudian, pilih opsi jam:menit:detik di sebelah kanan seperti yang ditunjukkan di bawah ini dan klik “OK.”

Untuk desimal, format sel hasil Anda sebagai angka juga menggunakan fitur Format Sel. Klik kanan sel dan pilih “Format Cells.”

Pilih tab Number dan pilih “Number” di sebelah kiri. Atur jumlah tempat desimal menjadi 2 di sebelah kanan dan klik “OK.”

Jika Anda mendapatkan bilangan bulat sebagai hasilnya, Anda dapat menggunakan tombol Tambah dan Kurangi Desimal di bagian Angka pada tab Beranda untuk menyesuaikan tampilan . Ini memungkinkan Anda menampilkan 624.00 sebagai 624.

Anda kemudian siap untuk mulai mengonversi.

Mengonversi Menggunakan Perkalian

Jika Anda tidak suka menggunakan fungsi dan membuat rumus yang menyertainya di Excel, Anda dapat mengonversi waktu ke desimal dengan perkalian sederhana.

Anda akan mengalikan sel yang berisi waktu dengan jumlah jam, menit, atau detik dalam sehari. Di sini, kita punya waktu di sel A2. Untuk mendapatkan jam sebagai desimal, kami mengalikan nilai tersebut dengan 24, selama 24 jam dalam sehari.

=A2*24

Untuk mendapatkan desimal untuk menit dan detik menggunakan nilai sel yang sama, Anda akan mengalikan dengan jumlah menit (1.440 ) dan kemudian jumlah detik (86.400) dalam sehari sebagai berikut:

=A2*1440=A2*86400

Seperti yang Anda lihat, kami menerima hasil angka untuk konversi waktu kami.

Konversi Menggunakan Fungsi CONVERT

Opsi lain untuk mendapatkan desimal untuk kali di Excel adalah dengan fungsi CONVERT. Fungsi serbaguna ini memungkinkan Anda mengonversi waktu, pengukuran, bobot, dan banyak lagi.

TERKAIT:Cara Menambah atau Mengurangi Waktu di Microsoft Excel

Sintaks untuk fungsi tersebut adalah CONVERT(reference, from, to) di mana Anda akan menggunakan ketiga argumen tersebut. Untuk argumen from, Anda akan menggunakan “hari.”

Untuk mengonversi waktu di sel A2 ke jam, Anda akan menggunakan rumus ini:

=CONVERT(A2,”day”,”hr”)

Anda juga dapat menggunakan “d” alih-alih “hari” untuk argumen from.

Untuk mengonversi waktu yang sama menjadi menit dan detik, Anda akan menggunakan rumus ini:

=CONVERT(A2,”day”,”mn”)=CONVERT(A2,”day”,” sec”)

Anda juga dapat menggunakan “min” sebagai ganti “mn” untuk menit dan “s” sebagai ganti “sec” untuk detik.

Mengonversi Menggunakan Rumus Fungsi Waktu

Metode terakhir ini menggunakan fungsi waktu Excel. Meskipun rumusnya jauh lebih panjang daripada yang di atas, itu masih merupakan opsi lain yang mungkin Anda sukai. Di sini, Anda akan menggunakan fungsi HOUR, MINUTE, dan SECOND dengan kombinasi perhitungan.

RELATED:13 Fungsi Tanggal dan Waktu Microsoft Excel Yang Harus Anda Ketahuibsp

Untuk mengonversi waktu di sel A2 ke jam, Anda akan menggunakan rumus ini:

=HOUR (A2)+MINUTE(A2)/60+SECOND(A2)/3600

Setiap fungsi mereferensikan sel A2 dan hasilnya ditambahkan bersama-sama. Bagian MENIT dibagi 60 selama 60 menit dalam satu jam dan bagian KEDUA dibagi dengan 3.600 selama 3.600 detik dalam satu jam.

Untuk mengonversi waktu yang sama menjadi menit, gunakan rumus ini:

=HOUR(A2)*60 +MINUTE(A2)+SECOND(A2)/60

Serupa dengan rumus jam, Anda menambahkan hasil fungsi bersama-sama. Bagian JAM dikalikan dengan 60 selama 60 menit dalam satu jam dan bagian KEDUA dibagi dengan 60 selama 60 detik dalam satu menit.

Untuk mengubah waktu tersebut menjadi detik, Anda akan menggunakan rumus ini:

=HOUR(A1)*3600+ MENIT(A2)*60+DETIK(A2)

Dengan rumus ini, bagian JAM dikalikan dengan 3.600 selama 3.600 detik dalam satu jam dan bagian MENIT dikalikan dengan 60 selama 60 detik dalam satu menit.

Seperti yang Anda lihat, yang terakhir ini metode ini membutuhkan lebih banyak usaha, tetapi jika Anda terbiasa menggunakan fungsi waktu di Excel, ini mungkin yang Anda sukai.

Mengonversi waktu ke desimal di Excel terdengar lebih sulit daripada sebelumnya. Dan, ketika Anda memilih metode di atas yang paling Anda sukai, Anda akan mengonversi dalam waktu singkat

Itulah berita seputar Cara Mengonversi Waktu ke Desimal di Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.