Cara Mengosongkan Ruang di Drive C di

Meskipun penyimpanan tidak pernah semurah ini, bagi banyak pengguna Windows 10, tidak akan pernah cukup. Penyimpanan sangat berharga jika Anda seorang videografer atau penggemar cryptocurrency, jadi ada baiknya mengetahui beberapa cara praktis untuk mengosongkan ruang di Drive C Anda.

Kabar baiknya adalah sistem operasi Windows memiliki beberapa strategi bawaan yang dapat membantu Anda memaksimalkan ruang penyimpanan Drive C Anda.

Mengingat untuk mengosongkan recycle bin itu penting, tetapi biasanya tidak membuat perbedaan yang signifikan. Jadi, kami akan memberi Anda panduan tentang cara menggunakan beberapa solusi lain.

Mengosongkan Ruang di Drive C dengan Pengaturan Penyimpanan Windows

Ada satu fitur yang sama-sama dimiliki oleh semua komputer Windows – sistem operasi disimpan di Drive C. Komputer Anda mungkin memiliki drive lain, tetapi ini adalah drive default.

Oleh karena itu, ketika menjelaskan cara mengosongkan ruang dengan pengaturan Penyimpanan Windows, tersirat bahwa kita sedang membahas Drive C.

Mengosongkan ruang di Windows 10 relatif sederhana proses, meskipun Anda perlu tahu cara mengakses semua pengaturan yang diperlukan. Di sinilah Anda memulai:
Dari menu Mulai, pilih Pengaturan. Pilih “Sistem.” Dari panel sisi kiri, klik “Penyimpanan.”
Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda berada di pengaturan Penyimpanan Windows 10. Di bawah “Windows (C :),” Anda akan melihat dengan tepat berapa banyak penyimpanan yang digunakan dan berapa jumlah yang tersedia.

Anda juga akan melihat bagaimana ruang penyimpanan yang digunakan dikategorikan. Kategori yang menggunakan paling banyak ruang akan berada di atas, diikuti oleh yang terbesar kedua, dan seterusnya.

Biasanya, bagian “Sistem & dipesan” adalah yang terbesar karena berisi semua file sistem vital yang digunakan Windows untuk berjalan dengan benar. Idealnya, pengguna harus meninggalkan bagian ini.

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan di Windows 10

Untuk sebagian besar pengguna Windows 10, kategori “Aplikasi & fitur” adalah tempat mereka dapat membuat dampak paling signifikan dalam hal mengosongkan ruang.

Sangat mungkin ada satu atau dua aplikasi yang Anda lupakan yang duduk di sana, menghabiskan banyak ruang. Berikut cara menghapusnya:
Dari Pengaturan penyimpanan, klik kategori “Aplikasi & fitur”. Anda dapat menelusuri daftar aplikasi atau mencarinya dengan bilah pencarian. Saat Anda menemukan aplikasi yang ingin Anda hapus, pilih. Klik “Copot” dan konfirmasi.
Aplikasi akan dihapus secara otomatis, sehingga mengosongkan ruang di Drive C. Anda dapat mengulangi proses ini sebanyak yang diperlukan.

Penting untuk diperhatikan bahwa jika komputer Anda memiliki drive lain, seperti Drive D, Anda juga akan memiliki opsi untuk “Memindahkan” aplikasi tertentu ke drive lain alih-alih mencopot pemasangannya .

Cara Menghapus Berkas Sementara di Windows 10

Cara lain yang efisien untuk mengosongkan ruang dengan menggunakan pengaturan Penyimpanan di Windows adalah dengan menghapus dokumen yang tidak Anda perlukan, tetapi itu bisa memakan waktu cukup lama, dan terkadang Anda perlu segera mengosongkan ruang. Itu sebabnya lebih baik untuk menghapus file sementara Windows. Ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti:
Dari daftar kategori Penyimpanan, pilih “File sementara.” Komputer Anda akan memindai Drive C dan menyiapkan grup file yang dapat Anda hapus. Anda akan memiliki opsi untuk memilih dari grup file, seperti sebagai “Thumbnail” atau “file log pemutakhiran Windows” dan sejenisnya. Di sebelah masing-masing, Anda akan melihat dengan tepat berapa banyak ruang kosong yang akan Anda dapatkan. Ketika Anda memilih grup file, klik tombol “Hapus file”.
Perhatikan bahwa Anda akan menemukan grup file “Unduhan” dalam kategori ini , jadi kecuali Anda yakin ingin menghapus file-file ini, batalkan pilihannya.

Cara Menggunakan Fitur Storage Sense untuk Mengosongkan Ruang di Drive C

Cara fantastis untuk memastikan Anda selalu memiliki cukup ruang penyimpanan di Drive C adalah dengan memanfaatkan Storage Nalar. Fitur ini tersedia di Windows 10 dan 11 dan dirancang untuk secara otomatis menghapus file yang tidak Anda perlukan untuk memaksimalkan ruang penyimpanan.

Secara default, Storage Sense dinonaktifkan di komputer Anda, tetapi Anda dapat memastikannya berfungsi untuk keuntungan Anda dengan beberapa klik dan pengaturan. Berikut cara mengaktifkan dan mengonfigurasi Storage Sense di Windows 10 dan 11.
Buka Mulai, lalu Pengaturan, diikuti oleh “Sistem.” Pilih “Penyimpanan” dari panel sisi kiri. Tepat di bawah “Penyimpanan”, Anda akan menemukan Penyimpanan Tombol sakelar rasa. Pindahkan dari “Off” ke “On.” Di bawah tombol sakelar, klik opsi “Configure Storage Sense or run it now”. Pilih kapan harus menjalankan Storage Sense (selama ruang disk kosong rendah atau interval waktu tertentu.) Pilih apakah untuk menghapus file recycle bin dan file sementara secara otomatis.Pilih apakah konten OneDrive akan terpengaruh atau tidak.
Jika Anda tidak ingin melalui pengaturan ini dan hanya ingin melakukan pembersihan ini satu kali, pilih “Bersihkan sekarang” , lalu segera putar tombol sakelar ke “Off.”

Cara Menggunakan Fitur Disk Cleanup untuk Mengosongkan Ruang pada Drive C di Windows 10

Cara super cepat lainnya untuk menghapus file yang tidak diperlukan dari Drive C Anda adalah dengan menggunakan fitur Pembersihan Disk Windows. Ini adalah utilitas langsung, tersedia di semua versi aktif sistem operasi Windows. Ikuti langkah-langkah ini untuk menggunakannya dengan benar:
Di bilah pencarian, masukkan “Disk Cleanup” dan buka aplikasi. Dari jendela pop-up, lanjutkan untuk memilih file yang ingin Anda hapus, seperti “Downloaded Program Files” atau “Temporary Internet Files.” Setelah Anda mencentang kotak di sebelah pilihan Anda, klik “OK.” Jendela pop-up lain akan muncul, meminta Anda untuk mengonfirmasi pilihan Anda. Pilih “Hapus File.”
Catatan: Anda juga dapat memilih “Bersihkan file sistem” dari jendela pop-up pertama. Namun, Anda harus memiliki hak administratif untuk mengakses opsi ini. Jika itu adalah komputer pribadi Anda, itu tidak akan menjadi masalah.

Cara Mengosongkan Ruang pada Drive C di Windows 11

Jika Anda telah meningkatkan dari Windows 10 ke 11, ada beberapa solusi lagi yang dapat Anda coba yang dapat membebaskan beberapa ruang di Drive C Anda.

Yaitu, Anda dapat mengarsipkan aplikasi yang tidak terlalu sering Anda gunakan alih-alih menghapusnya. Mungkin Anda ingin menyelamatkan diri dari kesulitan menginstal ulang mereka di beberapa titik. Ini adalah proses yang cukup sederhana, dan inilah cara kerjanya:
Klik Mulai, diikuti oleh “Sistem” dan kemudian “Aplikasi.” Pilih Aplikasi dan Fitur setelah mengklik “aplikasi.” Setelah Anda memilih “Aplikasi dan Fitur”, buka ke “Pengaturan Lainnya.” Klik pada Arsipkan Aplikasi dari pengaturan drop-down. Di bawah “Aplikasi arsip,” pindahkan tombol sakelar dari “Nonaktif” ke “Aktif.” Atau, masukkan “Otomatis arsipkan aplikasi yang jarang digunakan” di bilah pencarian dari pengaturan dan pilih untuk membuka.
Perlu diingat bahwa Anda membiarkan Windows memutuskan aplikasi mana yang akan diarsipkan dengan memilih opsi ini. Anda harus menonaktifkan fitur ini jika Anda melihat bahwa aplikasi yang Anda butuhkan diarsipkan.

Cara Menonaktifkan Hibernasi di Windows 10 dan 11

Kedua Windows 10 dan 11 dikonfigurasikan secara otomatis untuk menggunakan mode Hibernasi untuk keuntungan Anda. Saat Anda menutup laptop, komputer Anda tidak mati tetapi mempertahankan daya dan memungkinkan Anda kembali bekerja dengan cepat saat Anda membukanya.

Hal yang sama berlaku untuk PC Anda – yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan spasi atau menggerakkan mouse, dan Anda dapat kembali ke apa yang Anda lakukan. Tetapi manfaat ini datang dengan harga dan penyimpanan di Drive C. Jika Anda terikat untuk ruang penyimpanan, menonaktifkan mode Hibernasi dapat membantu. Beginilah cara melakukannya:
Buka bilah pencarian, masukkan “PowerShell,” dan klik “Run as Administrator.” Masukkan perintah ini ” powercfg / hibernate off ”.
Anda tidak akan mendapatkan konfirmasi apa pun bahwa perintah bekerja sesuai desain . Tetapi Anda dapat pergi ke pengaturan Penyimpanan dan melihat apakah Anda dapat melihat file Hibernasi di bawah kategori “Sistem & dilindungi undang-undang”.

Perhatikan bahwa tidak memiliki akses ke mode Hibernasi dapat merusak baterai laptop Anda. Ini juga berarti Anda harus mematikan PC Anda setiap kali Anda tidak menggunakannya untuk waktu yang lama. Tetapi jika itu memberi Anda penyimpanan yang Anda butuhkan dalam situasi tertentu, itu memang bisa membantu.

Mendapatkan Semua Kebutuhan Drive C Ruang Kosong

Memastikan Anda menggunakan pengaturan Penyimpanan, termasuk fitur Storage Sense, dapat meningkatkan pengalaman Windows 10 Anda secara keseluruhan.

Bahkan jika Anda memiliki ruang penyimpanan yang tersisa, menghapus aplikasi dan file yang tidak perlu akan membuat mesin berjalan lebih efisien. Melalui alat utilitas Pembersihan Disk dapat memberikan ruang yang cukup saat memasang video game baru atau membangun rig penambangan kripto.

Upaya ini dapat berjalan jauh, tetapi terkadang hanya drive eksternal atau langganan penyimpanan cloud yang dapat menghemat waktu.

Apa yang Anda masuk ke sistem untuk mengosongkan ruang pada drive Anda? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.