Cara Mengosongkan Ruang di Perangkat Streaming Roku Anda

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Roku adalah salah satu platform streaming paling populer yang tersedia. Perangkat ini menampilkan banyak konten gratis, tetapi mereka juga menawarkan akses ke layanan streaming berbayar favorit Anda seperti Netflix, Hulu, HBO, dan lainnya. Selain itu, Roku memiliki antarmuka yang sangat baik dengan remote TV unik yang mudah digunakan.

Mudah digunakan, dan Anda bahkan dapat menyesuaikannya dengan preferensi Anda. Namun, sesekali, Roku Anda mungkin melaporkan kesalahan “Tidak Cukup Ruang”. Mengapa hal ini terjadi, dan bagaimana cara memperbaikinya?

Roku Express Space Issue

Mereka yang telah menggunakan Roku Express, dibandingkan dengan model lain, mungkin pernah mengalami masalah dengan tidak memiliki cukup ruang. Saat pengguna mencoba menambahkan saluran atau meluncurkannya, mereka melihat kesalahan “Ruang Tidak Cukup”. Skenario ini berlaku untuk beberapa model Roku Express, dan ada keluhan langsung ke Roku. Roku memecahkan masalah dengan cepat dengan memberikan pembaruan untuk memperbaiki bug. Jika Anda masih mengalami masalah, Anda mungkin perlu memeriksa pembaruan. Begini caranya.
Bangunkan Roku Express Anda dan pastikan itu terhubung ke internet. Arahkan ke “Beranda>Pengaturan>Sistem>Pembaruan Sistem>Periksa Sekarang.” Roku Express akan memeriksa pembaruan. Jika menemukannya, itu akan mengunduhnya dan menyelesaikan proses pembaruan. Ini mungkin reboot selama instalasi, jadi jangan khawatir jika itu terjadi. Setelah Anda melihat layar Beranda, Roku Anda siap digunakan. Uji lagi untuk mengonfirmasi apakah itu memecahkan masalah “Kehabisan Ruang” Anda.
Bahkan jika langkah-langkah di atas tidak menyelesaikan masalah Anda, menjaga agar Roku Express selalu diperbarui adalah hal yang baik. Namun, jika Anda masih mengalami masalah “Kehabisan Ruang, coba opsi lain di bawah ini, yang berfungsi untuk model Roku apa pun yang membutuhkan lebih banyak penyimpanan.

Hapus Saluran untuk Memecahkan Masalah Ruang Roku

Salah satu cara Anda dapat mengosongkan ruang di perangkat Roku apa pun adalah untuk menghapus saluran yang kurang digunakan atau tidak digunakan. Seringkali, Anda telah mengunduh beberapa saluran tanpa menyadarinya, dan beberapa cenderung bersembunyi jauh di dalam daftar. Mungkin pemberitahuan di luar ruang ini akan mendorong Anda untuk melakukan “pembersihan musim semi” di Roku Anda! Membersihkan saluran adalah salah satu cara penting untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan. Berikut cara menghapus saluran di Roku.
AndaBuka layar Beranda Roku Anda dan klik “Saluran Saya.” Dengan remote Anda, pilih saluran yang ingin Anda hapus, lalu tekan ” * ” (tombol bintang) pada remote. Pilih ” Hapus saluran” lalu tekan “OK” pada remote. Untuk mengonfirmasi penghapusan saluran, pilih “Hapus” dan tekan “OK” untuk mengonfirmasi.
Tambahkan Kartu SD untuk Mengatasi Masalah Di Luar Ruang

Jika Anda tidak ingin menghapus apa pun yang sudah ada di pemutar Roku Anda, opsi Anda yang lain adalah menambahkan kartu SD jika model Anda mendukungnya. Beberapa pemain Roku menyediakan akses ke slot kartu micro SD di samping atau belakang, sementara yang lain tidak. Jika model Anda memiliki slot kartu SD, menggunakannya sangat bermanfaat ketika Anda perlu memperluas jumlah memori internal Roku Anda. Ini juga membuka pintu ke lebih banyak aplikasi dan game.

Juga, untuk hasil terbaik, Anda memerlukan kartu SD dengan penyimpanan minimal 2GB, yang seharusnya tidak menjadi masalah, tetapi semakin banyak, semakin meriah! Anda mungkin ingin setidaknya 20GB. Berikut cara menambahkan kartu SD ke Roku Anda dan memastikannya berfungsi dengan baik.
Masukkan kartu SD ke perangkat Roku. Anda mungkin akan mendengar bunyi klik yang memastikan sudah terpasang di tempatnya. Di layar Anda, pilih “Format” ketika “kartu micro SD terdeteksi” muncul. Apa pun yang ada di kartu SD akan terhapus. Tekan “Lanjutkan” untuk memulai proses pemformatan. Pilih “OK” saat pemformatan selesai dengan sukses.
Cara Mengeluarkan Kartu SD dengan Aman dari Perangkat Roku

Jika Anda memutuskan untuk melepas kartu SD untuk alasan apa pun, Anda harus tahu bahwa semua yang tersimpan di dalamnya tidak akan dihapus. Namun, tanpa kartu SD terpasang, semua saluran dan game yang Anda miliki di sana harus diunduh ulang di penyimpanan internal Roku.

Catatan: Anda tidak dapat memindahkan saluran dan game yang disimpan di kartu SD ke perangkat Roku yang berbeda.

Factory Reset Roku Anda untuk Memperbaiki Masalah Ruang

Mengosongkan ruang di Roku Anda dapat diperbaiki dengan pembaruan, menghapus saluran yang tidak digunakan, atau menambahkan kartu SD (bila berlaku). Namun, reset pabrik menghapus semuanya dan memulai perangkat dari awal, menghapus semua file cache, aplikasi, saluran, data sisa, dan penyesuaian yang menghabiskan cukup banyak ruang berharga Anda. Jika Anda tidak dapat menggunakan kartu SD, mencoba menghapus beberapa saluran, dan mencoba memperbarui perangkat Anda tetapi tidak berhasil, reset pabrik adalah pilihan terbaik.

Untuk melakukan reset pabrik pada perangkat Roku Anda, ikuti langkah-langkah di bawah ini.
Tekan tombol “Home” pada remote Roku. Gulir ke bawah dan pilih “Pengaturan” lalu “Sistem.” Temukan dan pilih “Pengaturan sistem lanjutan.” Pilih “Reset pabrik.” Terakhir, pilih “Reset pabrik semuanya” lalu lanjutkan untuk mengikuti petunjuk di layar.
Lebih Banyak Ruang Roku Berarti Lebih Menyenangkan

Jika Anda tidak tertarik untuk menyingkirkan saluran dan game apa pun yang telah Anda unduh di Roku, kartu micro SD dapat menjadi gerbang Anda ke lebih banyak konten hiburan. Namun, jika Anda lebih ingin tahu tentang mengkurasi umpan Roku Anda dengan sempurna, pastikan Anda selalu memiliki pembaruan terbaru dan tidak ada satu saluran pun yang tidak digunakan.