Cara Mengubah Input TV Dengan Remote Firestick

Sesemangat orang-orang ketika Amazon merilis remote Firestick baru, ada orang yang berharap itu memiliki tombol yang didedikasikan untuk mengubah input TV. Meskipun mungkin tidak senyaman tombol yang disesuaikan, masih ada cara Anda dapat menggunakan remote untuk mengubah input. Teknik ini berfungsi baik Anda menggunakan Firestick, Fire TV, atau Fire TV Cube.

Lihat semuanya di artikel ini.

Cara Mengubah Input TV Dengan Firestick Remote

Remote Firestick mungkin tidak memiliki tombol khusus untuk mengalihkan input TV, tetapi Anda masih dapat menggunakannya untuk tujuan ini. Untuk melakukannya, remote Anda harus berupa Alexa Voice Remote generasi ke-2 atau ke-3. Jika remote Anda tidak memiliki tombol daya di bagian atas, Anda tidak akan dapat menggunakannya untuk tugas ini.

Mari kita lihat cara mengubah input.

Menyiapkan TV Anda

Anda perlu memastikan bahwa TV Anda dikonfigurasi dengan benar ke memulai. Berikut cara melakukannya:
Buka pengaturan TV Anda dan klik “Kontrol Peralatan.” Pilih “Kelola Peralatan,” “TV,” lalu “Pengalihan Input.” Pastikan pengaturan dikonfigurasi dengan benar. Seharusnya tertulis “Navigate Up + Down.”
Method One: Switch Input

Dengan pengaturan remote dan TV yang benar, Anda sekarang siap untuk mengganti input. Langkah-langkah yang diuraikan di sini akan menunjukkan cara melakukannya:
Tahan tombol mikrofon pada remote Firestick Anda. Ucapkan, “Beralih ke (input yang sesuai).”Lepaskan tombol mikrofon dan arahkan remote ke TV.
Input TV Anda akan ubah ke saluran HDMI Fire TV.

Metode Dua: Konfigurasi Fire Tv

Anda dapat mengonfigurasi Fire TV untuk mengenali berbagai perangkat yang terhubung ke perangkat televisi Anda. Misalnya, Anda dapat memberi nama HDMI satu sebagai Firestick, HDMI dua sebagai Xbox, dan seterusnya. Ini akan memudahkan untuk beralih di antara input.

Ini adalah cara Anda mengaturnya:
Buka “Pengaturan” di perangkat TV Anda dan buka “Kontrol Peralatan.” Klik “Kelola Peralatan” lalu “Api TV” dan pilih input yang terhubung to.
Untuk mengubah input TV ke Fire TV Anda, yang harus Anda lakukan sekarang adalah menahan tombol mikrofon dan berkata, “Pulang.”

Untuk mengatur perangkat input lainnya, ikuti langkah-langkah berikut:
Buka ke “Pengaturan ” dan tekan “Equipment Control.” Klik “Manage Equipment,” lalu “Add Equipment,” dan lanjutkan untuk mengonfigurasi input ke perangkat yang relevan.
Setelah perangkat ditambahkan, Anda sekarang dapat menggunakan tombol mikrofon pada remote untuk pergi dari satu masukan ke masukan lainnya. Ucapkan “Beralih ke Xbox”, dan perangkat TV Anda akan beralih ke saluran HDMI yang sesuai. Metode ini berarti Anda tidak perlu mengingat input khusus yang digunakan perangkat untuk dicolokkan.

Metode Tiga: Aktifkan HDMI-CEC

HDMI-CEC adalah bahasa yang digunakan oleh banyak perangkat untuk berkomunikasi satu sama lain. Saat Firestick Anda terhubung ke Fire TV Anda melalui kabel HDMI, Anda dapat menggunakan HDMI-CEC untuk mengubah input TV dengan remote Firestick Anda.
Aktifkan CEC di perangkat TV Anda dengan menuju ke “Pengaturan”, “Sistem”, lalu “CEC. ”Periksa apakah CEC juga diaktifkan di Fire TV dengan menavigasi ke “Pengaturan” lalu “Tampilan & Suara.”
Fire TV Anda sekarang dikonfigurasi. Saat Anda menekan tombol “Home” pada remote, TV secara otomatis beralih ke saluran HDMI Fire TV.

Pintasan Remote Firestick Lainnya

Kemampuan untuk mengubah input TV bukan satu-satunya fitur yang dapat dilakukan oleh remote Firestick. Perangkat kecil ini memiliki banyak kombinasi tombol tersembunyi yang dapat digunakan untuk membuka sejumlah fitur.

Menyesuaikan Resolusi

Firestick Anda dirancang untuk mendeteksi dan menyesuaikan resolusi tampilan secara otomatis. Namun, Anda juga dapat mengubahnya secara manual jika Anda tidak puas dengan tampilannya. Tahan tombol “naik” dan “putar balik” pada remote agar Firestick menampilkan resolusi saat ini. Biarkan Firestick menjalankan resolusi yang berbeda hingga mencapai resolusi yang Anda suka. Ketuk tombol “Pilih” pada remote untuk mengatur resolusi pilihan Anda.

Reset Remote

Salah satu fitur Firestick yang lebih mengganggu adalah Anda tidak dapat menggunakan remote yang sama dengan beberapa perangkat. Anda harus memutuskan pasangan dan mengatur ulang remote untuk menggunakannya dengan Firestick lain. Alih-alih melakukan pengaturan dari awal, Anda dapat menggunakan pintasan jarak jauh untuk melakukan hard reset. Untuk melakukannya, tahan tombol “Kembali”, “Menu”, dan “Kiri” selama lima belas detik. Anda kemudian dapat memasangkan remote dengan perangkat lain.

Reset Firestick

Anda juga dapat menggunakan remote Firestick untuk menyetel ulang Firestick. Yang perlu Anda lakukan adalah menekan tombol navigasi “Kembali” dan “Kanan” selama sekitar sepuluh detik, dan Anda sudah siap.

Tautkan Remote dan Firestick

Firestick Anda akan mengenali remote jika keduanya berdekatan. Namun, terkadang mereka tidak disinkronkan secara otomatis, yang berarti Anda harus menghubungkannya secara manual. Menahan tombol “Pilih” selama sepuluh detik akan berhasil.

Mulai Ulang Firestick

Untuk satu dan lain alasan, Firestick Anda mungkin berhenti responsif. Jika Anda tidak ingin berjalan jauh ke TV untuk memulai ulang Firestick, Anda dapat menggunakan remote untuk melakukannya. Itulah gunanya remote. Mereka memungkinkan Anda untuk mengontrol TV tanpa meninggalkan kenyamanan sofa Anda. Untuk memulai ulang Firestick, ketuk dan tahan “Pilih” dan “Mainkan” secara bersamaan selama sekitar sepuluh detik.

Luncurkan Pengaturan Cepat

Biasanya diperlukan serangkaian langkah untuk masuk ke menu sistem. Namun, menekan lama tombol “Home” dengan remote Firestick akan membawa Anda ke sana lebih cepat. Metode ini membuka Pengaturan Cepat, memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai fungsi, termasuk menidurkan Firestick.

FAQs
Dapatkah saya menggunakan aplikasi seluler untuk mengganti input?

Ya, Anda dapat menggunakan aplikasi Fire TV untuk mengontrol TV dan mengganti input. Aplikasi ini dapat diunduh di ponsel cerdas atau tablet Anda. Namun, itu harus berada di jaringan Wi-Fi yang sama dengan Firestick Anda agar dapat berfungsi.

Firestick Remote Hacks

Firestick adalah perangkat streaming yang hebat. Sayangnya, remote tidak memiliki tombol khusus untuk mengganti input TV. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat menggunakannya untuk berpindah dari satu saluran HDMI ke saluran lainnya. Dengan panduan ini, Anda akan menemukan berbagai cara untuk mengubah input TV menggunakan remote Firestick Anda. Anda juga akan mempelajari pintasan jarak jauh lain yang dapat meningkatkan pengalaman Firestick Anda.

Sudahkah Anda menggunakan remote Firestick untuk mengubah input TV? Bagaimana Anda melakukannya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.