Cara Mengubah Kata Sandi Akun Pengguna Windows Dari Command Prompt

  • Post author:
  • Post category:Tutorial

Berkat perintah net user Windows, Anda dapat mengubah kata sandi akun pengguna PC Anda langsung dari jendela Command Prompt. Ini memungkinkan Anda menetapkan kata sandi baru untuk akun pilihan Anda tanpa menavigasi menu pengaturan apa pun. Kami akan menunjukkan caranya.

Perintah net user memerlukan akses admin, yang berarti Anda harus menggunakan akun admin untuk menggunakan perintah. Anda kemudian dapat menggunakannya untuk mengubah kata sandi untuk akun Anda sendiri serta untuk akun orang lain.

Perhatikan juga bahwa perintah ini hanya memungkinkan Anda mengubah kata sandi akun lokal Anda. Jika Anda menggunakan akun Microsoft dengan PC Anda, Anda harus menggunakan metode lain untuk mengubah kata sandi Anda.

Gunakan perintah net user untuk Mengubah Kata Sandi Akun Windows

Jika Anda siap untuk mengubah kata sandi, lalu pertama buka menu “Start”. Di menu ini, cari “Command Prompt”. Kemudian, di sebelah kanan, pilih “Run as Administrator.”

Pada jendela Command Prompt, ketik perintah berikut dan tekan Enter. Dalam perintah ini, ganti USERNAME dengan nama pengguna yang kata sandinya ingin Anda ubah dan PASSWORD dengan kata sandi baru yang ingin Anda gunakan.

net user USERNAME PASSWORD

Tidak yakin siapa yang ada di sistem Anda? Anda bisa mendapatkan daftar semua akun pengguna dengan menggunakan perintah berikut di Command Prompt:

net user

Jika nama pengguna Anda memiliki spasi, pastikan untuk menyertakannya dengan tanda kutip ganda. Seperti ini: pengguna

net “Mahesh Makvana” MYPASSWORD

Apakah Anda membuat perubahan kata sandi ini di tempat umum? Orang-orang di sekitar Anda (atau melihat melalui kamera keamanan) dapat melihat kata sandi Anda saat Anda mengetiknya. Dalam hal ini, gunakan perintah berikut.

Pastikan untuk mengganti USERNAME di perintah dengan nama pengguna yang kata sandinya ingin Anda perbarui.

net pengguna USERNAME *

Anda akan diminta untuk mengetikkan kata sandi baru dua kali, tetapi Anda tidak akan melihat teks apa pun muncul di layar. Kemudian Command Prompt akan menampilkan pesan sukses yang menunjukkan bahwa kata sandi Anda berhasil diubah.

Dan itu saja.

Saat Anda masuk ke akun Anda di PC Windows, Anda akan menggunakan kata sandi yang baru dibuat. Selamat menikmati!

Ingin mempelajari beberapa perintah Windows berguna lainnya? Lihat panduan khusus kami.

Itulah berita seputar Cara Mengubah Kata Sandi Akun Pengguna Windows Dari Command Prompt, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.